Search This Blog

Loading...

Sunday, June 7, 2009

Kursus Cake International NCC

Sambil nungguin ketan yang lagi direndam buat bikin semar mendem, aku mau nulis soal kursus kemarin aaaah... udah lama banget mau nulis kursus-kursus yang aku ikutin di NCC. Pertama kali ikutan, kira-kira hanya beberapa hari setelah aku join milis NCC. Langsung aja transfer dan nongol di markas Matraman. Kalo gak salah waktu itu aku ikutan kursus dekorasi fondant. Setelah itu mulai deh aku ikutan kursus-kursus lainnya. Cupcakes, kukis hias, bakso dan bakwan malang, aneka snack (lemper, arem-arem, bika ambon, pastel), dan kemarin kursus cake internasional (black forest, sacher torte, devil's food, opera). Yup, aku milih kursusnya berdasarkan makanan yang aku suka aja...hehehe..

Sepupuku, Tona aja suka bingung ngeliat aku yang niat banget ikutan kursus. Sampe banyak juga keluarga ku yang ngira aku mau bikin cafe segala...hihihihi.. sebenarnya gak ada maksud tertentu sih. Cuma suka aja, sambil ngisi waktu kalau lagi gak ngapa-ngapain. Trus, ya senang aja kalo bisa bikin sendiri (walaupun nyampe rumah kadang-kadang malah praktek yang lain). Sekalian pelampiasan waktu kuliah di luar dulu, terpaksa makan ala kadarnya karena gak bisa bikin sendiri . Just in case kalo aku mau nyambung kuliah lagi...ehem...doain ya!

Ini niiih...hasil kursus kita! yummy!

Anyway... kemaren aku kursus cake international. Penasaran banget pengen bikin opera cake kesukaan ku. Masih trauma bikin sendiri gara-gara opera cake gagal dulu, mending kursus deh. Biar sekalian tau tips n' tricks-nya. Rencana kursusnya udah dari dulu-dulu, lha, Jum'at malam, iseng-iseng buka website NCC liat jadwal kursus...waaaaa...ada kursus besoknya! langsung deh sms bu Fat, mau ikutan kursus. Pagi-pagi baca sms bu Fat nyuruh dateng, siiiiip...cepat-cepat mandi, trus cabut. Karena mendadak, daku gak sempat transfer, nongol, bayar, duduk..hihihihi...

Kursusnya asyik banget..eeeehh, ketemu mba' Desi (hello mba'..!!) yang punya hobby sama kayak aku, suka ngumpulin peralatan dapur yang lucu-lucu...Pas bikin opera cake, aku perhatiin bener-bener deh, sambil gak sabar nunggu cakenya jadi *heehee*. Kita juga belajar bikin aneka jenis ganache untuk macam-macam kebutuhan. Aku juga suka banget ngeliat bu Fat nyiram ganache ke atas cake. Cake nya kayak lagi mandi coklat..(deee...bahasane!)

video
Video menyiram cake dengan ganache

Sambil nungguin kue, aku nanya-nanya tukang jait kebaya ekspress. Aku lupa (gak lupa siiih, nunda-nunda aja) mau bikin kebaya buat pengantennya dwi, teman se-gank waktu kuliah dulu. Syukurlah, ada salah satu peserta (aduuuh lupa namanya, hello mba'...) yang ngasih saran ke mayestik aja. Beli bahan, langsung bawa ke tukang jahit yang rame di lantai dua. Horeeeee.... langsung deh siap-siap bikin rencana ke mayestik abis kursus.

Trus bu Fat juga ngajarin bikin hiasan coklat dan pagar-pagaran coklat buat pinggiran cake mulai dari pake pipping bag, arabest sampe coklat transfer. Aku naksir berat sama cetakan untuk bikin kepingan coklat berbentuk hati punya bu Fat. Hasilnya, baguuuuusss bangeeet.. kayak di hotel-hotel gitu. Kalo gak salah bahannya dari silikon. Pengen deh, tapi harganya bikin gak akan dibeli dalam waktu dekat...hehehe

Waktu cakenya udah jadi dan cantik-cantik, duuuuh... puas banget deng ngeliat-nya sambil gak sabaran juga nunggu pembagian jatah..*giggles*... pulangnya dijemput pak Di, trus maksa si Mas supaya nemenin juga ke mayestik sambil di samperin sekalian, maka pergilah kita ke mayestik. Sepanjang jalan, aku langsung nyicip hasil kursus, Black Forest dan Devil's Food yang lembut, Sacher Torte yang seger karena ada selai apricotnya dan Opera Cake yang bikin ketagihan. Enyaaaakkk....


video
Video bikin hiasan coklat seperti pada Sacher Torte
(Sorry, videonya kebalik...hihihi)

Di mayestik, si Mas duduk pasrah aja di kursi toko karena gak ngerti urusanku. Anehnya, selesai belanja kain, aku langsung nyelonong keluar dan lupa kalo datang bawa si Mas...setelah di luar baru nyadar, rasanya ada yang ketinggalan. Dari kejauhan aku ngeliat si Mas berjalan lunglai keluar toko sambil bilang "Kalo udah dapat maunya, lupa deh sama aku..."....sampe satpam toko ketawa ngakak... whoa ha ha ha ha ha... kasian banget ya. Syukurlah, si Mas udah tau kalo dia emang harus ekstra sabar deh kalo sama aku yang kadang-kadang emang terlalu semangat dalam semua hal.

Untung deh dapat tukang jahit yang sanggup bikin kebaya dalam waktu 4 hari. Sepanjang jalan, aku rasanya udah gak sabar pengen bikin cake sendiri dirumah, mungkin pas temen se-gank ku yang lain, si Ika dan Muna nginap dirumah buat berangkat bareng ke acaranya si Uwi nanti....gak sabar pengen pamer dan bilang "Ini buatan Gue lhooo...."


No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...