Search This Blog

Loading...

Sunday, October 18, 2009

Bolu Kukus Mekar

Ini buatan perdanaku setelah lumayan lama semedi di Jambi, senang banget ketemu lagi sama peralatan bakingku. Kali ini, aku milih bolu kukus, selain mau nyoba kukusan baru yang aku beli sebelum puasa lalu untuk rumah Jakarta, aku juga penasaran pengen nyoba cup yang aku beli beberapa waktu lalu di mal pondok indah. Kata mba' yang jual bisa dikukus, bahannya rada-rada mirip plastik tapi tebal gitu... karena bentuknya unik , aku langsung main beli aja (dan kalo dilihat sekilas, mirip kertas minyak yang dibentuk sedemikian rupa buat bolu kukus jaman dulu). Sayang kalo gak ke pake, mana mesti beli 100 biji sekalian....bakalan lama deh abisnya...hehehehe... semula sempat khawatir, karena gak pake loyang bolu kukus yang berlobang. Legaaaa banget ternyata gak pake loyang bolu kukus pun tetap bisa...


Agak gak percaya kalo aku akhirnya aku berhasil juga bikin bolu kukus. Selama ini sudah beberapa kali bikin, tapi baru kali ini bolunya bener-bener ketawa ngakak, ada yang pecah 3, ada yang 4. Biasanya kalo bikin, bolu kukus-nya cuma senyum atau ketawa seadanya aja...*sombong banget deh si bolkus!*... kali ini aku memang lebih hati-hati, resepnya aku baca betul-betul. Aku ngocok adonannya bener-bener sampe kental banget, trus kukusannnya sudah aku panaskan sebelum ngocok bahan, jadi saat mau dikukus, uapnya udah banyak banget. Ada bagusnya juga kukusanku ada kacanya, jadi agak keliatan (walaupun tertutup uap) kalo bolkus-ku udah bermekaran.


Aku bikin bolu kukus ini kemarin siang...wuihhh...aku happy banget ngeliat hasilnya. Selain merekah, berhasil juga aku bikin belang-belang cantik. Ngiler ngeliat bolkus belang yang bertebaran di blog-blog kuliner. Padahal, aku cuma coba-coba aja. Syukurlah, it works! Kerenkan? sayang, hepi nya aku kemarin cuma sebentar, siangnya ada keluarga yang gak diinginkan datang..Iih, aku jijay banget deh, pengen tak ceburin kelaut aja tu orang. Setelah itu, malah ada berita lain yang menyebalkan yang akhirnya bikin aku malam ini memilih nongkrong di mall daripada menghadiri pesta di gedung, pokoknya, kemarin itu bener-bener apes banget, hari terburuk tahun ini, dan mudah-mudahan gak akan ada lagi yaaa....amiiiinnnn!!!!!!!!!!!

Well, back to my bolkus...
Ternyata, setelah berhasil, aku baru tau rasanya emang beda sama yang "senyum" doang. Lebih lembut, ringan dan gak bantet *ya iyalaaah...* Aku emang suka sama bolu kukus, rasanya yang familiar banget dan rada egg-gy selalu bikin kangen. Kayaknya bolu kukus ini juga perlu di patenkan sebagai milik Indonesia deh... bisa dikatakan, bolu kukus ini udah jadi bagian keseharian rakyat Indonesia...ehem... Bang Baraq yang kebetulan di Jakarta, kata yu Yati ngabisin 3 biji sebelum kopi-nya habis, padahal bolkus ku ini ukurannya jumbo lho...hehehe... by the way, bolu kukus yang aku bikin ini pake resepnya bu Fat, bikinnya mudah dan enaaaakkk.... tinggal ganti pastanya dengan rasa yang di sukai, jadi deh bolu kukus made to order....kali ini aku pake pasta mocca... uuuh..wanginyaaa!


Hum...tadi sempat jepret beberapa foto pake kamera baru yang aku beli bareng si Mas abis aku bete kemarin. Masih penyesuaian, hasilnya rada kekuningan, belom ngerti cara settingnya. Kamera pinky lama ku itu emang bertingkah banget, kayaknya produk gagal dari Sony, awalnya selalu bergetar, trus di service (untung aku baca pengumuman kalo tipe itu disuruh bawa ke service center), getarnya ilang, tapi jadi lemot. Lamban banget dan susah dipake jepret. Banyak deh moment penting jadi ilang gara-gara kameraku, giliran ada orang penting yang lewat, mau di foto tu kamera masih aja berusaha fokus...keburu pergi deh orangnya...whoaaaa.... so, kali ini aku beli kamera Canon yang merah aja deh (biar matching sama laptop merah ku juga...*sok matching ih!*), kayaknya lebih tahan banting. Kamera digital pertamaku dulu juga Canon, masih 3.2 mega pixels tapi sampe sekarang masih oke tuh, cuma batrenya aja yang perlu diganti....hidup Canon!! duileee...koq malah kampanye kamera ya...hahahaha...

Enough deh, ini resep bolu kukus-nya buat yang mau nyobain...


BOLU KUKUS MEKAR
By. Fatmah Bahalwan

Bahan :

225 gr gula pasir
2 btr telur
1 sdt cake emulsifier (aku pake TBM)
250 gr tepung terigu
1 sdt baking powder
150 ml air soda (sprite)

Cara membuat :

  • Siapkan cetakan bolu kukus, alasi dengan cup casesnya. Panaskan kukusan, biarkan uapnya banyak.
  • Campur semua bahan menjadi satu, kocok selama 10 menit hingga kental (tergantung miksernya juga ya, pokoknya sampe benar-benar kental deh).
  • Ambil 4 sdm beri pasta pandan, aduk rata (aku pake pasta mocca, dan kalo mau belang-belang kayak punyaku, ambil adonan lk. 1 mangkok, beri pasta).
  • Tuangi cetakan dengan adonan 3/4 penuh, beri atasnya dengan adonan berwarna (kalo aku, setelah diisi dengan adonan putih, beri adonan berwana ditengahnya, lalu beri adonan putih lagi ditengah adonan berwarna, lalu adonan putih lagi ditengah adonan berwarna tsb).
  • Kukus selama 20 menit.

5 comments:

Tuty said...

Yummy, Camelia... Nah pantang mundur akhirnya berhasil kan?

Salam NCC

Keluarga Cinta said...

Iiiihhh...cantik banget, Lia !

Langsung pengen ikutan bikin nih...you're a great inspirator..

Cara melipat kertasnya gimana, Li? Ada tehnik khusus nggak? Waktu aku kecil dulu sering bantuin Mamieku ngelipet cuma sudah lupa caranya...:)

thank you..

Camelia said...

@ mba' Tuty : Makasih mba' Tuty, bener banget, setelah selesai dan berhasil, rasanya legaaaaaaaa banget, hilang deh penasaran selama ini :-)


@ mba' Hanna : Hihihihi...daku beli cup-nya sudah seperti itu mba', makanya aku penasaran mau pake nya karena keingat bolu kukus waktu kecil dulu. Kalo cup yang ini bahannya mirip plastik tebal gitu, seperti kertas yang dilipat-lipat, padahal udah jadi cup, bisa langsung dipake tanpa perlu loyang lagi (kayak pake momma)...duhh, jadi pengen belajar yang pake kertas juga...

Jeanny said...

Mba' Camelia,

Thx untuk postingannya ya, sudah saya coba dan hasilnya juga pecah 4 hehehe..

Thx a lot ya...

Anonymous said...

Enakkkkk bangetttt

aku dah coba hasilnya sempurna.. bisa belah 4, rasanya enak dan lembut banget..

percobaan ke 2 aku tambah susu bubuk hasilnya mmmm yummy...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...