Search This Blog

Thursday, October 29, 2009

Pastel Rendang


UPDATE :
Step-by-step membuat kulit tarcis yang terbaru ada di bagian bawah yaaa...
Trus masukin bumbu rendangnya per sendok aja. Barusan daku bikin pake bumbu rendang merk lain, jadinya asiiiiiiiiinnn.... so, mending dikit-dikit trus cicip deh...


Beberapa hari lalu, di milis lagi heboh nyari tabloid Lezat edisi khusus. Biasaaaa...kalo ada member yang diliput, gak puas kalo gak baca langsung. Aku pun juga gitu, langsung deh mengerahkan pak Di buat nyari tabloid Lezat untukku. Gak lupa, siapapun yang bilang mau keluar, aku juga nitip "eh, kalo ngeliat tukang majalah, cariin tabloid Lezat donk... *memelas* tapi kalo gak lewat, ya dilewatin donk!!!...*maksa*.." hihihihi... setelah 3 hari berlalu, senangnya hatiku waktu pak Di ngasih tabloid yang kutunggu-tunggu. Langsung tancap ke kamar baca tabloid sambil tiduran...asoooyyy...

Wuiiihhh...ternyata, senang banget deh ngeliat wajah-wajah familiar didalamnya dengan andalan jualannya masing-masing, beberapa udah aku cicip gretong waktu acara HMFF dan pembubarannya (asikkan ikutan milis? dapat gratisan terus..hihihi) ada mba' Mika dengan asinan Gelora-nya yang suegeeerr!, mba' Dewi Oni dengan pempek pelanginya yang uenak tenan, trus ada uni Dewi dengan cake 3D-nya yang bikin mupeng, mom Elly sama fried tart dan martabak shanghainya yang bikin ketagihan trus ada mba' Indah yang roti jala srikaya duriannya yang waktu pembubaran panitia aku makan 3 biji (sssstttt!!!! *malu-maluin!*), mba' Vita dengan lapis legitnya dan mba' Niken dengan sego bakarnya...duuuhh... pada hebat-hebat banget deh jadi pengusaha rumahan... kapan ya aku bisa begitu, lha...bikin tarcis 20 biji aja udah mau nangis....hihihihi

Well, abis baca tabloid, aku jadi kepengen bikin tarcis mom Elly lagi. Bubar deh rencana mau bikin macaroon lagi (lagian daku juga males udah 3x gatot...yakin bakal gagal lagi..hehehe). So, today, is tarcis day. Puasa lalu aku udah pernah bikin dan dapat sambutan meriah dikeluarga ku. Tapi waktu itu ada step yang lupa, adonan cuma digilas 1x padahal mestinya 2x, jadinya kurang rapi. Kali ini aku pengen bikin menurut cara yang benar *ehem*... trus aku juga ngebayangin kalo isinya pake kari daging... pasti jadinya lebih enak dari pada negara asalnya di Singapore sono. Abisnya, resep kulit fried tart mom Elly ini renyaaaah banget... so, kemarin habis maghrib, berangkatlah daku ke supremarket diantar pak Di, seperti biasa, semula nyari daging cincang doang malah jadi belanja beneran... whoaaaa...

Waktu berdiri di rak bumbu instant, aku berubah fikiran. Gak jadi bikin pastel kari, aku pilih rendang aja. Supaya pastelnya jadi Indonesia-sekali...I LOVE INDONESIA!!!...*cheers*... hihihihi... walaupun rendang di klaim sama negeri Jiran, semua orang juga tau kalo rendang itu asli Indonesia dan rendang yang enak itu cuma ada di Indonesia, sooo....rendanglah yang jadi pilihanku kali ini. Pagi tadi, pas mau bikin, eeehh...baru ingat lupa beli kentang, terpaksa deh yu' Yati ke warung beli kentang. Mulailah daku bikin-bikin...

Sebenarnya bikinnya gak sulit, lamanya itu lho...hiks..hiks... mesti ngegiles satu-satu (prasaan dari kemaren gua ngegilas adonan melulu deeh...). Kali ini berasa banget soale bikin sendiri... alhasil, dengan resep yang sama dengan yang lalu, tapi cuma dapat 20 biji. Emang aku bikin gede-gede, biar cepat selesai...hahahaha... setelah jadi, aku mau nyoba apa jadinya kalo tarcis dibikin frozen. Kayak sambosa dari toko kue enyak yang ada di jalan yang sama dengan rumahku. Nyontek dari toko kue, pastelnya aku bungkus dengan plastik cling satu per satu, lalu dimasukin ke airtight container, baru deh dimasukin ke freezer. Mudah-mudahan berhasil deh. Soale, lebih enak gitu, kapan pun aku mau, tinggal goreng aja.

Pastel hangat yang baru selesai digoreng aku cicipi...humm...enyaaakkk... kulitnya yang renyah dan isinya yang spicy, emang meant to be deh. Rasanya malah mirip Cornish Pasty, yang sering aku beli waktu kuliah di Inggris dulu. TOP deh! Sayangnya, aku masih belum bisa ngegoreng dengan baik nih. Warnanya gak rata, trus ada yang kecoklatan, ada yang kekuningan...mana tangan kiriku kecipratan minyak panas...hiiiks... mudah-mudahan next time bisa lebih baik lagi ya mainan sama minyak goreng...

Ini resepnya ya... kalo resep kulitnya, aku copy-paste dari postinganku dulu aja...



PASTEL RENDANG
modified by Camelia from Mom Elly's Fried Tart recipe


Bahan Isi Rendang :

300 gr daging sapi cincang
500 gr kentang, potong kotak, kukus hingga matang
1 bh bawang bombay besar, potong kotak
1 bungkus bumbu rendang instant (yang berbentuk pasta ya, bukan yang kering)
Air sesuai petunjuk bumbu
2 sdm margarine

Caranya :

Panaskan mentega, tumis bawang bombay hingga wangi lalu masukkan bumbu dan daging cincang. Aduk hingga daging setengah matang, tambahkan air. Masak hingga air berkurang, masukkan kentang, aduk rata. Beri garam (hati-hati karena ada bumbu rendang yang sudah asin dari "sono"-nya). Aduk berlahan agar kentang tidak hancur hingga mengering. Angkat, sisihkan dan biarkan dingin. Siap digunakan untuk isi pastel.


Bahan Kulit :

Adonan A :
125 gr tepung terigu
100 gr margarine (aku --> 80 gr margarine + 20 gr mentega)

Adonan B :
375 gr tepung terigu
100 ml minyak sayur
200 - 300 ml air dingin (sesuaikan dengan kebutuhan)
1/2 sdm garam
1 sdm gula

Caranya :

  • Adonan A : Campur semua bahan adonan A hingga menjadi adonan yang menyatu dan dapat di pulung. Sisihkan.
  • Adonan B : Dalam wadah, masukkan tepung, minyak sayur dan gula dan garam dengan sedikit air. Sambil diuleni, tambahkan air sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan yang kalis.
  • Bagi adonan A dan adonan B menjadi bulatan dengan jumlah yang sama (misalnya, adonan A ada 20, maka adonan B juga 20, sepasang gitu lhooo...).
  • Untuk 1 buah tarcis, ambil 1 bulatan adonan B, letakkan bulatan adonan A diatasnya, tutup. Lalu giling memanjang. Gulung. Putar kearah atas (90 derajat) lalu giling lagi, gulung (2 kali gulung yaaa). Belah menjadi dua. Ambil satu, lalu di giling tipis membulat. Giling yang sebelah lagi.
  • Ambil satu bagian kulit (ingat ya, yang kelihatan "swirl" nya disebelah luar), beri isi, lalu tutup dengan bagian kulit yang satu lagi. Bentuk pinggirannya (good luck deeh...*hihihi*).
  • Goreng dengan minyak panas, api sedang hingga kuning kecoklatan.
Ini UPDATE step-by-stepnya yaaaa.....

10 comments:

Jeanny said...

Hallo Mba' Camelia,
Di atas disebutkan 2x digilas, itu maksudnya bagaimana ya mbak? Bukannya di posting yg lama juga sdh 2x, setelah adonan A digabung dengan adonan B, kmdn digilas (1), digulung, dipotong jadi 2, digilas lagi(2)?
Mohon penjelasannya ya mbak..

Thx a lot..

Camelia said...

Hihihi...membingungkan ya mba'... aku coba jelasin lagi ya...

(1) setelah adonan digabung dan dibulatkan, gilas, gulung.
(2) tegakkan gulungannya. gilas lagi. gulung.
(3) belah dua
(4) gilas membulat satu persatu.

Ini aku lagi nyusun step by stepnya yang baru, lagi aku edit, nanti aku posting lagi ya mba...

Jeanny said...

asyik dikasih foto step by stepnya...

Thanks a lot ya mba'

Hanna said...

Lia, lapor...aku dah nyoba bikin tapi belum berhasil sempurna. Adonannya yang ada margarinenya terlalu lembek. Digiling mecotot semua. Digoreng sih enak banget, cuma bentuknya kurang sip. Setelah konsultasi sama Mom Elly, baru nyadar, nggak perlu pake mixer...hehe..hanya pake mixer dari Tuhan, alias tangan. Tapi aku belum putus asa, masih mau coba lagi. Kesengsem postingan Lia nih.. :)

TFS ya, Honey..

Camelia said...

hihihihi...emang gak pake mikser mba', uleni aja pake tangan, dan gak lama koq. Apalagi kalo campuran menteganya, aku malah pake ujung jari aja (kayak bikin kulit pie)...kalau terlalu tipis, tambah aja mba' tepungnya sedikit lagi. Soalnya aku bikin pake tepung segitiga sama kunci, terasa agak lain juga adonannya. Good luck mba... :-)

cake~Q said...

Hai Mbak Lia,
mau nanya nih..bisa di stok gak? misalkan saya bikin hari ini trus digoreng besok bisa gak? gmn cara nyimpannya?

makasih banyak

Camelia said...

Hello mba,
Kebetulan aku pernah nyoba nyetok di kulkas. Bisa koq. Waktu itu aku bungkus pake plastik cling satu per satu (supaya gak nempel) trus dimasukkan ke wadah kedap udara, simpan di kulkas.

Yang penting di jaga agar gak saling nempel aja mba...

met nyobain yah.

chuany said...

Hai Mba Camelia, trims ya buat resep nya, hari ini saya membuatnya, berikut penamapkannya, masih kalah jauh ama punya mba, bikin ukiran nya susah banget :(( --> http://photos-g.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash1/hs478.ash1/26175_1362304094479_1137880303_1601665_4470284_n.jpg

Permai Sari Molyana Yusuf (Melly) said...

mba camelia, thanks mbanget buat postingannya ini, duhhh bermanfaaaat sekaliiii.... *yang baru pengen bergaul dengan pastel*

sanli said...

Mbak Lia, makasih banget resep pastelnya mom Elly. Aku dah cobain kemarin..
bener mbak ngegilasnya yg paling makan waktu, trus 1 resep aku dapet 21 biji mbak.. pinggirannya masih amburadul, belum seperti mbak lia punya..
trus aku juga pakai plastik cling dibungkus 1 per 1 biar ga lengket. trims tipsnya.. dulu2 bikin pastel disimpen di freezer ga pakai dibungkus dulu hasilnya malah nempel2 dan pas diangkat kulitnya jadi sobek..

trus untuk pinggirannya biarpun tebal tapi tetap renyah, ga kayak pastel biasa yang keras..

semua pada suka mbak pastelnya.. hehe

thx a lot ya mbak...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Anniversary

Daisypath Anniversary tickers

Ava

Lilypie Kids Birthday tickers

Eijaz

Lilypie Fourth Birthday tickers