Search This Blog

Loading...

Thursday, October 8, 2009

Jamie's Bloomin' Brilliant Brownies

Aku pernah bete banget gara-gara beli buku resepnya si Jamie Oliver yang judulnya "Jamie's Little Book of Big Treats". Sesuai namanya, bukunya kecil n' tipis. Nyampe rumah, aku buka, resepnya cuma dikit. Ternyata buku itu buat comic relief, ya...wajarlah kalo dibikin sederhana. Nah, yang bikin aku keki, ternyata di cover depannya tercetak gede harganya cuma 3 pounds...murah kan? tapi daku bayar lebih dari Rp. 150.ooo....hiiiks!!! Okelah ada biaya importnya, tapi lebih dari 2x lipat....gak rela! abisnya, harganya gak keliatan sih, tertutup sama label harga toko bukunya... kecewa berat deh sama toko buku yang bukunya diplastikin, jadi gak keliatan isi dalamnya (untuk hal ini, ini luarnya pun gak keliatan...huuuh!!!). Anyway, review bukunya next time aja deh, di posting terpisah di bagian book aja. Hum...kecewa bayar lebih koq tetap nge-review?

Well, waktu ngeliat websitenya Jamie Oliver, aku ngeliat salah satu resep yang ada dibuku itu, ya resep brownies ini dan aku PUAS BANGET sama hasilnya!! TOP!! ini bakalan sering aku bikin deh, rasanya beda banget dari brownies biasa pada umumnya. Bagian atasnya tetap retak-retak, tapi lapisan kulitnya lebih tebal (kalo biasanya kan tipis tuh), rasa coklatnya mewah dan berkelas*cieeee...* bagian tengahnya gooey dan lembut, sampe pagi juga tetap lembut. Ini bisa jadi andalanku deh disamping Chocolate Melt Brownies. Apalagi bagi yang gak begitu suka sama brownies yang tengahnya pake melted chocolates, ini bisa jadi alternatif. Pinggirnya kering, tengahnya softy...pokoknya enyak-enyak dan enyaaak... wajar namanya Bloomin' Brilliant Brownies, emang brilliant koq! katanya brownies ini juga yang dijual di restonya si Jamie sendiri. Humm...kebayang enaknya kalo disajikan sama es krim vanilla...jadi gak sabar pengen balik ke Jakarta, supaya bisa buka bukunya dan nyobain resep lainnya. Siapa tau enak juga...hehehe..

So, aku bikin browniesnya tadi malam habis Isya. Padahal rencananya dari pagi, udah nimbang bahan, malah mesti ke tukang jahit sama kak Ika buat minta ukuran doang, mau dikirim ke si Mas di Jakarta. Ceritanya mau jadi among tamu pernikahan anaknya si Bos nih. mesti bikin seragaman, daku malah masih di Jambi..hihihihi... abis ngukur, diajak main ke rumah Riri n' Kak Ika sampe sore (baru pindah nih..) trus lanjut belanja batik Jambi (udah punya batik Jambi belom?? bagus lho...unik! Kalo ke Jambi, jangan lupa beli ya...*promo*). Nyampe rumah udah capek banget, abis tiduran dikamar mau ambil minum, ketemu Nia yang teman-temannya lagi pada main di rumah. Akhirnya, aku paksakan juga deh bikin browniesnya, supaya mereka ada camilan (sekalian biar mereka rada "berisi" makan brownies sebelum tidur *hihihi*...heran, anak ABG sekarang koq bisa ya kurus ramping terus, beda banget deh sama aku...whoa ha ha ha).

Bikinnya ya seperti bikin brownies biasa, cepat dan gak butuh mixer. Yang bikin beda, mungkin karena resep ini lebih banyak pake coklat bubuk dibandingkan tepung dan pake baking soda juga. O ya, aku sempat bikin brownies ini patah, gara-gara dikeluarkan dari loyang sebelum dingin. Padahal, setelah dingin, motongnya gampang banget deh. Di resep boleh ditambahkan cherry dan kacang-kacangan, tapi aku gak pake, cukup irisan almond aja yang ditaburi dibagian atasnya. Setelah dipotong-potong dan dianterin ke kamarnya Nia, aku balik ke kamar lanjut main online game...hihihihi... heran deh, beberapa hari terakhir, aku sepertinya addicted banget sama Yoville dan Cafe World. Keduanya aku mainkan bergiliran, alhasil, beberapa hari ini aku gak produktif banget selain mangkal didepan laptop dan gak keluar-keluar kamar...gawaaaattt....

Ehhh...gak lama setelah itu si Nia malah ngetuk pintu lengkap sama selimut dan bantal. Dengan memelas bilang mau tidur dikamarku aja. Selain takut tidur sendiri (biasanya dia ditemani salah satu asisten di rumah, atau si Dea), dia juga ketakutan gara-gara diceritain temannya bakalan ada gempa yang gede banget di Lampung dan nyampe Jambi. Aduuuh...Nia Nia...ada-ada aja ya. Udah SMA kelas 3 koq masih takut juga.... yo wis lah, akhirnya bibi Lia terpaksa main gamenya pake headphone dan ditengah gelap *teteeep* soale Nia gak bisa tidur kalo lampu hidup... yeah, namanya juga sayang keponakan niih....(sayang gamenya juga)..hihihi




Bloomin'Brilliant Brownies
by. Jamie Oliver

250g unsalted butter
200g dark Fairtrade chocolate (70% cocoa solids), broken up (aku pake couverture)
optional: 75g dried sour cherries (gak pake)
optional: 50g chopped nuts (gak pake)
80g cocoa powder, sifted
65g plain flour, sifted
1 teaspoon baking powder
360g caster sugar (aku pake gula halus aja)
4 large free-range or organic eggs
optional: zest of 1 orange (gak pake)
optional: 250ml crème fraîche (gak pake)

aku tambah almond iris untuk taburan atas aja

Method :

Preheat your oven to 180°C/350°F/gas 4. Line a 25cm square baking tin with greaseproof paper. In a large bowl over some simmering water, melt the butter and the chocolate and mix until smooth. Add the cherries and nuts, if you’re using them, and stir together. In a separate bowl, mix together the cocoa powder, flour, baking powder and sugar, then add this to the chocolate, cherry and nut mixture. Stir together well. Beat the eggs and mix in until you have a silky consistency.

Pour your brownie mix into the baking tray, and place in the oven for around 25 minutes. You don’t want to overcook them so, unlike cakes, you don’t want a skewer to come out all clean. The brownies should be slightly springy on the outside but still gooey in the middle. Allow to cool in the tray, then carefully transfer to a large chopping board and cut into chunky squares. These make a fantastic dessert served with a dollop of crème fraîche mixed with some orange zest.

12 comments:

baby_mei said...

mbaaaak maaf ak terpaksa harus nyontek resep lagiiii ^^ mau dicoba coba ... kayaknya enak ^^
tx ya 4 sharin' ^^

Camelia said...

Silahkan mba', kalo aku suka banget nih. Super nyoklat soalnya. Kalo kemanisan, kurangi aja gulanya. Mudah-mudahan cocok ya...

Windy Kurniawan said...

mbaaak, GLEK tenan liat fotonya.
Liat resepnya, puyeng... apa lagi cara bikinnya.. hehehe.. terpaksa buka kamus nih..
boleh tak coba ya mbaaaakk..?
thanks for share..

Camelia said...

Hello mba' Windy, emang enak koq mba', memang sengaja gak aku terjemahkan, takut salah tafsir...hehehe... met nyobain ya..

bell's mom said...

hai mba...salam kenal,
jadi ngiler lihat fotonya n pengen nyobain resepnya. Oh ya, telurnya dimasukin terakhir y? perlu dimikser dulu ato langsung dicampur aja?
Thanks y mba...

Camelia said...

@ Bell's Mom : Bener, masuknya terakhir, sebelum di masukkan ke adonan, sebaiknya telur di kocok lepas aja dulu (supaya gampang nantinya) setelah itu, di aduk aja dengan sendok kayu hingga rata dan smooth. Kalo mau pake mikser, boleh, tapi speed rendah aja. Kita kan gak pengen adonannya mengembang :-)

meinekueche said...

halo mba....ak udah praktekin resepnya...cuman yg mau ak tanyain, kok bagian tengahnya soft banget yah??malah lebih ke lumer gitu, rada kental gitu, tapi pinggirannya kering moist gitu...apa masih mentah ato gmana? padahal waktu pembakarannya pas loh, 25 menit...katanya kan kl masak brownis jangan kelamaan..jadi mirip kaya molten choco cake,hehe..tapi emang enak banget, nyoklat banget...

inka said...

mbakyu....yg nyoklat bgt si bloomie apa yg si fudge ya mba??? ijin copas resep ya mba camelia yang baiikkk hatii ^_^

Camelia said...

Brownies ini emang tengahnya lembut banget dan pinggirnya kering. Supaya mudah di potong, tunggu hingga suhu ruang dulu. Pemanggangan disini memang 25 menit, tapi tiap oven berbeda-beda, tapi tetap jangan terlalu lama supaya brownies gak kering ;-)

Camelia said...

Kalo untuk nyoklat, bloomin' brownies ini lebih nyoklat, tapi untuk teksture, lebih lembut fudge brownies karena bloomin' ini pinggirannya lebih tebal.

Sukreniwati said...

Salam kenal, mbak. Wah..thank you banget for sharing. Bikin nggak sabar pengen segera baking nih.

novi rima said...

hai mbak...salam kenal ya...seneng banget deh nemu blog nya mbak lia.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...