Search This Blog

Loading...

Thursday, November 12, 2009

Soes Popeye (Popeye's Choux)

Udah beberapa hari ini dipenuhi sama bayangan kue soes. Soes atau bahasa kerennya Choux jadi pembahasan di milis NCC kali ini. Gak heran, soale lagi ada Soes Week. Aku suka deh acara week-weekan di milis ini. Bayangin aja, para member dari seluruh penjuru dunia, bikin soes, trus posting di milis lengkap dengan laporan dan fotonya. Tiap ada acara ini, ada aja member yang laporan dengan cerita lucu, ada yang berjuang mati-matian karena baru pertama kali bikin, ada juga yang sampe ninggalin kerjaan kantor supaya bisa ber-week-ria. Nah, aku sendiri sempat ketinggalan ikutan pudding week, gara-gara kebanyakan ide di kepala. Giliran mau bikin, banyak hal lain yang mesti dikerjakan. Emang kalo ada ide itu, yang susah ya mewujudkannya!

So, kali ini aku gak mau ketinggalan lagi. Apalagi hostnyo dua Nyonya Soes dari Jawa Timur, Mba' Shirley dan Mba' Hanna. Rugi berat kan kalo gak ikutan, acaranya seru!. Pokoknya, apapun ide di kepala, harus segera direalisasikan. Jadinya apa, ya urusan nanti, yang penting di kerjakan dulu. Setelah seminggu tertunda (adaaaa aja deh alasannya, yang pasti malez-nya itu lho mesti dihapus dulu!). Kemarin aku udah minta di beliin bayam dan wortel sama yu' Yati. Yep, dua jenis sayuran yang gak aku sukai dari kecil sampe segede sekarang. Padahal makan sayur itu penting banget ya, tapi ntah kenapa aku emang gak doyan. Kalo makan apapun yang ada sayurnya, pasti aku sisihkan. Sayuran yang ada di nasi goreng atau di dalam burger-pun selalu aku singkirkan. Gak heran deh kalo daku susah kurus, kalo diet disuruh makan sayur sama buah doang....gak sangguuuuupp!...hiks!


Semula, aku mau bikin isi soes yang fillingnya pake bayam, wortel dan ayam. Setelah jalan, daku berubah fikiran, bayamnya aku campurkan aja ke adonan soesnya... Saking gak yakinnya bakalan jadi apa gak kulit soes bercampur bayam ini, yu Yati yang mau ngerebus wortelpun aku suruh tunda dulu. Iiih..ternyata hasilnya cantik lho!!! mirip sama Donat Kelinci yang aku bikin buat donat week dulu. Rasanya juga enak deh, aroma bayamnya hilang sama sekali. Yang ada hanya rasa soes yang empuk dan renyah... so pasti nyam-nyam... trus bikinnya kayaknya mudah banget deh. Gak beda sama bikin soes biasa. Gak usah khawatir kalo manggangnya kelamaan sampe rada kecoklatan, hasilnya tambah renyah. Cuma kurang cantik aja. Itu terjadi sama aku yang keasikan ngerumpi sama mom Elly di YM..hehehe...

Ini yang manggangnya kelamaan, tetap enak koq....

Resep soes dasarnya aku pake resep soesnya bu Fat di website NCC dan dimodifikasi supaya ada bayamnya. Aku kesulitan buat ngukur daun bayam-nya, jadi tadi aku genggam aja. Aku pake 2 genggam daun bayam buat rsep ini. Kayaknya gak masalah deh kalo mau di tambah, soale jumlah airnya kan tetap sama. Humm...gak rugi deh ngotot mesti bikin hari ini. Hasilnya memuaskan (buat aku lhoo...hehehehe *narsis*). Buat isianya, wortel yang semula mau aku potong kotak, akhirnya aku lumatkan aja supaya gak kentara ada wortelnya (gak doyan! gak doyan!). Ternyata setelah dicampur dengan saus dan lainnya, jadinya enak. Mirip chicken salad. O ya, bentuk soesnya aku pake cetakan buat bikin brioche trus di spuit pake spuit kerang murah meriah yang aku beli dipasar senen.

Soes ini udah komplet banget, ada bayam, telur, wortel, ayam, paprika dan keju. Untuk namanya?? well..well..well... Popeye's Choux alias Soes-nya Popeye. Namanya itu pemberian mom Elly. Katanya karena gizinya lengkap, mudah-mudahan anak-anak yang makan soesku ini tenaganya bisa kuat kayak Popeye yang selalu siap buat gebukkin Brutus... hehehehehe... makasih ya mom, namanya kayaknya pas banget n' lucu deh... mudah-mudahan Soes Popeye ini bisa jadi ide buat ibu-ibu yang anaknya gak doyan sayur kayak aku ya!

Ini resepnya...


SOES POPEYE (POPEYE'S CHOUX)
by Camelia

Bahan :

2 genggam daun bayam
200 ml air
50 ml air
100 gr margarine
1 sdm gula pasir
130 gr tepung terigu
2 butir telur

Cara membuat :

Blender daun bayam dengan 50 ml air hingga halus, sisihkan. Panaskan 200ml air, margarine dan gula. Tunggu hingga margarine dan gula benar-benar larut (mulai mendidih), masukkan bayam yang sudah diblender, biarkan mendidih. Masukkan tepung terigu, aduk hingga kalis, dinginkan. Setelah dingin, masukan telur satu persatu sambil dikocok dengan mixer hingga kental dan rata, adonan siap untuk di semprotkan.


Filling :

1 bh dada ayam, rebus, dinginkan, potong kotak
100 gr wortel, kukus, lumatkan, dinginkan
1/2 paprika merah, potong kotak
2 putih telur rebus, potong kotak

Bahan saus :
100 gr mayonaise
2 kuning telur rebus
1 sdm saus sambal (aku pake sambal belibis, hilangkan kalau gak mau ada pedasnya)
1 sdt merica hitam yang digerus kasar
keju cheddar parut untuk taburan

Caranya :

  • Lumatkan kuning telur bersama mayonaise, tambahkan saus sambal dan merica hitam. Aduk rata, sisihkan.
  • Dalam wadah, campur ayam dan wortel yang sudah dilumatkan hingga rata. tambahkan saus mayonaise tadi. Aduk rata, lalu masukkan paprika, campur hingga rata.
  • Ambil kulit soes, beri filling, taburi dengan keju. Sajikan.
PS : Masukkan bayam setelah mentega dan gula benar-benar larut dan air mulai mendidih, agar bayam tidak dimasak terlalu lama...

1 comment:

Tuty said...

Camelia,

Choux-nya unique ... moga2 menang ya :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...