Search This Blog

Loading...

Tuesday, November 17, 2009

Pudding Sutera Mangga


Gara-gara bikin pudding almond gelas beberapa waktu lalu. Aku jadi kepengen makan puding lagi. Rasanya yang seger, udah bikin aku bener-bener ketagihan. Aku emang suka gitu, kalo lagi suka sama sesuatu, maunya ituuuu aja. Seperti hari ini pokoknya mau pudiiiiing aja. Walaupun diluar hujan deras, tetap gak menghalangi niatku buat bikin puddng, Sekali puding, tetap pudiiiiiiing....*apaaa cobaaa*. Kali ini aku bikin puding sutera mangga yang ada di blog-nya mba' Widya Hidayat. Kebayang deh lembut dan segernya puding yang satu ini. Kalo gak salah waktu itu puding ini beliau sertakan juga buat ikutan pudding week di milis.

Bahannya simple banget, pas buat aku yang suka kebingungan ngabisin susu segar abis bikin-bikin ataupun nyetok susu sampe expired soale lupa kalo punya. Aku kan kalo bikin kue suka gak pasti kapan. Belum lagi aku kadang berubah pikiran, Awalnya mau bikin apaaa, eeh..yang dibikin malah apaaa...gitu. Kalo resep puding yang ini, cukup pake susu kental manis aja. Kan gampang tuh nyimpannya, gak perlu panik kalo dapat giliran lampu mati yang melanda Jakarta akhir-akhir ini...hehehehe... Disamping itu, di warung dekat rumah juga selalu stand by. Kalo syrup-nya, naaahh...baru deh mesti diniatin nyari. Kata mba' Widya, syrupnya pake syrup ABC squash delight rasa mangga supaya kuningnya bisa cantik.

Beberapa waktu lalu aku ingat sama puding ini, jadi aku mulai nyari syrupnya. Kayaknya supermarket mungil franchise yang ada dimana-mana itu jarang yang jual syrup. Malah ada yang gak jual syrup sama sekali. Mungkin kalo di supermarket atau hypermarket besar, ada lah yaaa... Yang pasti, aku hepi sekali waktu dapet syrupnya. Ketemunya malah di supermarket biasa aja di Tebet (Hidup pengusaha lokal!!! *hehe*). Waktu itu, walaupun udah malam, si Mas bela-belain berhenti dibeberapa supermarket, sampe dapat. Padahal setelah itu, syrupnya cuma disimpan aja dilemari dan baru dipake tadi...hehehehe... *bikin susah orang aja ya!*

Semula aku sempat ragu, koq syrup dijadikan kuah-nya. Takut kemanisan. Tapi pas aku lihat, ternyata syrup jenis ini gak kental, malah cenderung encer. Pudingnya aku cetak di loyang kotak dan ada juga yang aku masukin ke gelas. Setelah mengeras, puding yang di loyang aku potong-potong dan disiram syrup diatasnya. Aku pake sendok buat nekan pinggiran dan di sela-sela potongan puding supaya bisa terkena syrup semua. Begitu juga puding yang digelas. Trus aku masukkin kulkas dan ditinggal keluar. Waktu aku balik, syrupnya berkurang seperti "diserap" sama pudingnya. Warnanya pun jadi kekuningan dengan cantiknya. Kebetulan aku baru beli mangga harum manis super, jadi pas si pudding di sajikan dengan irisan mangga.

Rasanya suegeeer banget!!! manisnya pas. Pantes banget dikasih nama puding sutera, soale pudingnya lembuuuuut sekaleeee. Si Mas aja waktu aku kasih segelas puding, langsung ludes dalam waktu sekejap...hehehehe... katanya dia suka banget, malah lebih suka sama pudding mangga ini dibandingkan sama puding almond. Maklum, si Mas seleranya masih orisinil banget, belum bisa nerima rasa almond, tapi kalo rasa mangga...doyaan..hehehe...

Nah, ini resepnya yaaa.... enjoy!


Puding Sutera Mangga
By. Temannya mba' Widya Hidayat *hihhihi*

Bahan:

1 kaleng susu kental manis (SKM) putih
6 kaleng air (pakai ukuran kaleng SKM nya yaaa)
1 bungkus agar-agar Swallow (tidak berwarna)
1/2botol syrup ABC squash delight rasa mangga (kata yang punya resep, syrup ini ngga bisa diganti dengan segala macem syrup yang lain, akan merubah rasa dan penampilan nya kurang indah...)

Cara:
  • Campur SKM + air + agar-agar dalam panci , masak sampai mendidih (angkat lalu diamkan sebentar hingga uapnya hilang)
  • Tuang di cetakan/loyang (tanpa sambungan) berbentuk kotak - dinginkan
  • Masih di dalam cetakan tadi, puding yang sudah beku di potong2 kotak
  • Tuangi dengan 1/2 botol syrup mangga (pastikan syrup nya meresap sampai ke sela2 potongan puding)
  • Simpan dalam kulkas/lemari es (minimal 3 jam)
  • Sajikan

7 comments:

Mimi Hitam said...

mb camelia.. mau tanya kalo dicetak langsung di gelas plastik khusus puding gitu, takeran syrup untuk 1 gelas puding berapa banyak ya (yg di potonya itu pake gelas puding kan :D)
makasiiiiiiiiiiih

Camelia said...

Wahhh...aku pernah bikin tuh pake gelas pudding plastik kecil-kecil yang ada tutupnya. Aiiih...lupa di posting, ntar tak ubek-ubek lagi fotonya..

kalo pake gelas pudding plastik, dapat 22 - 23 cup. Tiap cup waktu itu aku isi sekitar 1,5 sdm syrup aja. Tapi sebelum di tuang syrup, pinggirannya aku tekan pake sendok, supaya gak nempel di cup (dan supaya syrup mangga bisa masuk ke sela-selanya). baru deh di letakkan buah kaleng diatasnya...

Foto yg sekarang di posting, di gelas beneran mba...hihiihi

hawin said...

mb camelia,tanya ya, kemarin sudah nyobain puding sutra. rasanya seger banget.tapi, bentuknya kok nggak cantik ya (nggak mulus).ada gelembung-gelembungnya di permukaan puding.itu kira-kira kenapa ya mbak?
thanks ya...

put said...

om ali uenak tenan. Puding sutera enaknya di siram sirup mangga. Dan ditambah buah segar, anggur di potong cincin dan buah leci.

devi said...

Mbak Camelia aku baru nyobain puding fenomenal ini kemaren dan saya bawa ke acara RT, Alhamdulillah laris manis. Tapi mau tanya, kenapa yg punyaku warnanya kurang cantik ya Mbak, masih banyak yg warna putihnya (apalagi dipermukaan puding) padahal aku sudah tuang sirup cukup banyak. Gimana caranya ya mbak biar semuanya kuning?

Camelia said...

Mbak Devi, kalo permukaannya berwarna putih, memang akan selalu begitu, berapapun jumlah syrup yang di tuang, karena akan diserap sama agarnya. Kalo aku, biasanya setelah di tuang syrup, beberapa saat sebelum di sajikan, aku tambahkan syrup lagi sebelum di beri buahnya. Keliatan lebih segar ;-)

yuni cinta said...

asyyiik" siap nyoba akhh... :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...