Search This Blog

Wednesday, November 11, 2009

Pudding Almond Gelas

Mungkin karena terlalu sederhana, aku sering banget batal bikin puding gara-gara mau nyoba resep baru, malah jadi suka kelupaan beneran buat bikin pudding. Padahal, yang namanya puding itu gampang banget bikinnya, variasinya gak terbatas, dan bisa jadi solusi dessert express yang murah meriah..*cieee...* pokoknya bisa dibikin beraneka warna, aneka rasa, sampe kombinasinya. Kayaknya akhir-akhir ini walaupun posisi puding digantikan sama banyak dessert baru yang lain, seperti crepes, yoghurt dan lainnya, tetap ada aja yang suka sama puding. Jadi kangen banget sama keponakan ku yang selalu rame si Hilmy sama Nadia. Mereka itu bisa dikatakan jagonya makan pudding. Tinggal taruh dimeja, disela-sela mereka kejar-kejaran trus berantem, si pudding akan habis dengan sendirinya...hihihihi...

Anyway...
Kalo kali ini aku milih bikin puding almond ini, ya gara-gara ikutan TdT, itu lho...tour de toko-nya milis NCC. Para member ngumpul, keliling-keliling toko bahan dan alat kue rame-rame sambil HaHa HiHi...gituu.... pas makan siang, selain nasi kotak, ada pudingnya. Segaaaar banget... apalagi waktu acara itu aku emang lesu banget n' ngantuk beraaat (sampe dikira bu Fat, ketuanya NCC, kalo aku dehidrasi.... hihihi.. kerjaannya mom Elly tuh!), gak tidur semalaman euy! gak tau kenapa tidur jam 11 trus jam 1-an malam kebangun dan gak bisa tidur lagi... alhasil selama acara aku ngantuk berat dan gak begitu meratiin whats goin' on.

Hampir setiap acara NCC aku selalu begitu *heran*...sama waktu acara HMFF, aku gak tidur karena sehari sebelumnya aku sibuk sama urusan organisasi dan pulang kerumah juga sudah terlalu malam, sementara acaranya pagi, kalo tidur takut kebablasan. Juga pas acara makan soto bareng di markas, malamnya juga gak bisa tidur, jadinya selama acara aku lesu aja, disamping emang kondisiku lagi gak oke ... Jangan-jangan teman-teman milis ngira aku orangnya emang lesu dan ngantukan kali ya, abisnya tiap ketemu aku ngantuk melulu...hahahahaha... *kacian deh gue!*

Back to puding, aku emang suka puding almond, biasanya pesen kalo lagi makan di restoran chinese gitu. Kalo mau bikin sendiri, biasanya aku beli agar-agar buatan Thailand, lupa namanya, tapi ada huruf Thai gitu, selain almond, merk itu juga jual rasa melati. Sama enaknya siiih. Tapi yang namanya beli premix, pasti gak selalu siap sedia, mana harganya naik terus. Gak worth it deh kalo beli. Anyway, sekarang aku jadi pengeeeeeennnn lagi! so, senangnya hatiku ketemu resep ini di milis NCC. Bikinnya gampang, yu' Yati cuma perlu beli susu sama agar-agarnya aja diwarung belakang.... ( kalo di total jauuuuh lebih murah dari yang bungkusan itu) trus tinggal di tambah essence almond yang selalu stand by dirumah, jadi deeeehhh.... By the way, buat yang mau bikin, masukkin essence almond-nya setelah api dimatikan dan uapnya berkurang ya. Supaya rasanya lebih nendang, ketimbang dimasukin saat masih mendidih.

Kali ini puddingnya almond-nya pake potongan-potongan buah leci dan jeruk kalengan. Bukan apa-apa, soale yang ada cuma itu di rumah...hehehehe... udah beli beberapa waktu lalu, ceritanya mau dipake buat latihan menghias cake buah ala Widya Hidayat (cake buahnya bikin sirik! cuanteeeek!) tapi apa daya, daku terlalu malas bikin cake yang pada akhirnya aku makan sendiri. So, sebelum expire, mending diabisin adza. Leci dan jeruknya aku pindahkan ke wadah kaca (jangan pernah menyimpan buah kaleng di kulkas bersama kalengnya yaaa...pindahin dulu ke wadah kaca). Naaah... hari ini, puding lembut yang udah semalaman dikulkas aku potong-potong dan ditambah leci dan jeruk manis yang udah dingin juga... suegeeerrr....

Karena buat dimakan sendiri puddingnya aku cetak dalam loyang kotak. Trus dipotong-potong. Pas mau dimakan, tinggal dimasukkan ke gelas, trus diberi buahnya. Lumayan buat jaga-jaga kalo ada temen yang mampir.

Naaah...ini resepnya!


PUDDING ALMOND GELAS
by. Fatmah Bahalwan


Bahan:
1 ltr susu segar
1 bks agar-agar bubuk putih
250 gr gula pasir
1 sdt essence almond
1 klg fruit cocktail, siap beli.

Cara membuatnya:
  1. Masak sambil diaduk-aduk: susu, agar-agar dan gula pasir hingga mendidih. Matikan api, masukkan essence almond, aduk rata. biarkan uapnya hilang.
  2. Tuang agar-agar kedalam cetakan kecil-kecil, biarkan setengah beku. (kalo aku tuang ke dalam cetakan kotak, dinginkan, potong-potong, sajikan dalam mangkuk atau pun gelas saji baru diberi potongan buah kaleng dengan airnya sedikit)
  3. Beri 1 sdt fruit cocktail disetiap cetakan. Bekukan dalam kulkas hingga saat disajikan

2 comments:

dee said...

hai mbak,
salam kenal ya, member ncc jg heheheheh..
dah lama banget pengen coba resepnya bu fat ini, tapi koq di milis bilang essens almon tuh rasanya aneh, klo bole tau mbak pake merk apaan?
thx ya mbak

=dee=

Camelia said...

Hello mba' dee,
Aroma almond itu memang terasa aneh bagi yang gak familiar sama baunya (seperti bau kacang yg di panggang sampe sangit, menurutku...hehehehe). Jadi makenya dikiiit aja. Kalo gak suka, gak masalah koq di hilangkan, toh saat disajikan dengan buah2an, rasanya tetap spesial. Kalo aku pake merk toffieco, tapi pake merk apapun sama saja, yang penting suka atau tidak dengan aromanya ;-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Anniversary

Daisypath Anniversary tickers

Ava

Lilypie Kids Birthday tickers

Eijaz

Lilypie Fourth Birthday tickers