Search This Blog

Loading...

Friday, October 22, 2010

Cookie n' Cream Cheesecake

Kemarin, pagi-pagi one of my best friend sejak kuliah, si Muna datang ke rumah...duileee... tumben banget mpok Muna bangun pagi, lumayan, akhirnya bikin aku ngebut mandi juga...hehehehe... Kirain waktu dia bilang mau main ke rumah, cuma basa-basi aja. Apalagi doi udah 2x ganti hari, so, senang sekalee akhirnya datang juga. Dia langsung dapat hadiah. Abisnya waktu pulang dari Malang lalu, aku kan nginap di rumahnya, si Muna aku ajarin bikin cupcake, dan dia enjoy banget menghias cupcake pake buttercream dan fondant. Beberapa hari lalu, pas ke toko buku, aku belikan buku " 3 jam mahir membuat dan menghias cupcake & mini cake" nya mba' Peni buat si Muna. Menurutku, ini pilihan buku yang pas banget buat dia. Supaya bisa tambah rajin bakingnya gituuuu. Syukurlah kemaren dia hepi banget sama bukunya. Sampe gak mau di buka plastiknya, dia cukup baca punyaku aja...hahahaha....Ya iyalaahh... Peni Respati gitu lho....

Anyway...
Karena Muna datang dan kayaknya dia lagi semangat belajar baking, mulai deh kita mikir mau bikin apa. Pilihanku jatuh sama cheesecake...ehem... soale masih ada creamcheese Anchor sekilo di kulkas sisa lebaran lalu. Apalagi aku janji sama si Mas mau ngabisin bahan-bahan kue yang aku punya, pas kaaan??? ogah rugi banget deh gue...hihihihihi...Kali ini aku pake resep Blueberry Cheesecake dari buku resep keluaran milis NCC ku tercinta "60 Resep Cake & Cookies Antigagal". Lega banget akhirnya resep-resep NCC yang biasanya di website akhirnya di bukukan. Mudah dibawa ke dapur. Biasanya ke dapur bawa blackberry buat ngeliat resep, saking malasnya ngeprint...hihihihi... Setelah berhaha hihi, dilanjutkan sarapan a la mba' Nur (my new assistant tuh...hehehe) sambil ngebahas gosip mutakhir, kita minta di antar pak Di ke supermarket gede dekat rumah buat beli sour cream dan selai.

Waktu di supermarket, kita muterin tempat aneka selai, ceritanya mau beli selai blueberry. Trus pengen selai raspberry juga...pokoknya banyak deh... trus aku ingat di salah satu cafe, mereka jual cookie cheesecake dan aku suka deh. Apalagi, base cheesecake ini pake cookies juga, jadi tambah mantap. Ternyata si Muna setuju, selai langsung batal, di ganti dengan tambahan Oreo buat cheesecake-nya.. Sampe rumah, leyeh leyeh bentar, baru deh mulai bikin. Bikin cheesecake asik juga lho. Apalagi pas ngancurin cookiesnya...hehehe... seru! Si Mas pun sesekali ngeliatin kita bikin-bikin. Si Muna rajin deh ngoles-ngoles loyang, sampe rataaaaaaa banget...hahahaha... Setelah adonan cheesecake jadi, aku mau cheesecake ku bener bener nge-kukis *apa cobaaaaa*.... maksudnya, biar kelihatan jelas kalo ini cookie cheesecake. Pas masukan adonannya, aku pake centong besar, satu centong adonan, trus aku taburi dengan biskuit Oreo yang sudah di hancurkan, lalu adonan lagi... Oreo lagi...adonan lagi...gituuuuu terus sampe habis. Aku pastikan bagian paling atas itu adonan, supaya cheesecake tetap kelihatan cantik nantinya.

Setelah di oven dengan cara au bain marie, sukaaaaaa banget ngeliat cheesecakenya gak turun ataupun retak. Perfect! tapiiiiii...ooops, belum bisa di makan. Harus didiamkan dulu sampe dingin dan harus di masukkan ke kulkas selama 3 jam....si Mas yang "terkompor" Muna buat nyicipin kue dan berkali-kali nanya udah matang belum, terpaksa kecewa dulu...hehehehe... Selesai urusan cheesecake, si Mas nawarin kita jalan n' nonton, kebetulan mas Bambang, kakaknya si Mas sedang ada di rumah juga...cihuuuy....!! langsung kita siap-siap ke plaza senayan. Sampe sana, eeeehhhh... si Mas malah ogah nonton dan milih nongkrong di starbuck sama mas Bambang, jadinya yang nonton cuma aku dan si Muna aja....Uuugh....tapi hepi juga, ternyata film yang kita pilih lumayan bagus dan sangat girly, si Mas gak bakalan suka...hehehehe... o ya, sambil nungguin waktu 30 menit sebelum film di mulai, aku sama Muna jalan ke Sogo food hall nyari Oreo mini (ukurannya seperti koin) yang duluuuu banget pernah aku lihat ada di sana. Alhamdulillah, ternyata ada, hampiiiir aja meleset kalo gak ngeliat di dekat kasir, maklum, belanja ngebut...hehehehehe...

Dari senayan, kita pulang. Si Muna aku ajak nginap di rumah. Si Mas tidur sendiri dulu (yang di sambut dengan kata *horee!* dari si Mas...hehehehe...). Waaaah, seru deh, semalaman ngobrol!satu hal yang udah lama banget gak kita lakukan dan aku juga di ajarin main bakinglife sama mpok Muna...asiiiik! (jangan sampe ketagihan kaya' fase cafeworld dulu..*hihi*) Nah, pagi tadi mulai heboh. Suara yang kedengaran cuma "Woiii, tolongin dooong.." atau "Waduuuh krimnya jatuuuh" atau "iih...panaaassss"....kacau banget dah...hahahaha... Mulai dari bikin meringue yang kurang kaku, sampe pas nyemprot pinggirnya pake blow torch. Aku udah pernah nyoba pake blowtorch waktu bikin JCC di Jambi buat hantaran lebaran lalu. Tapi, selalu ada masalah api-nya ngerusak alas cake. Ternyata, harus di tahan dengan spatula lebar (aku pake kape) supaya api gak bersentuhan dengan alas. Jadinya, cantik deh. Agak gosong, soale setelah aku, mpok Muna juga di paksa nyoba (dia awalnya ogah, takuuuuutttt...) jadinya 2x blowtorch...tapi tetep cantik, item manis...hihihihi... *alesan*

Nah, pas di dekor, namanya berganti, gak sekedar cookies cheesecake, tapi jadi Cookies n' Cream Cheesecake. Soalnya, cream di tengah biskuit Oreo, aku olesi ke bagian atas cheesecake tipis-tipis, supaya aku bisa menaburkan Oreo yang di hancurkan diatasnya....maksa banget ya...biar sama dengan rasa es krim favoritku hahahaha... di tambah hiasan dengan whipcream dan Oreo kecil-kecil yang imut-imut...so cool!!! rasanya enaaaaakkk banget! super cheesy!! lebih enak lagi waktu aku sama Muna menikmatinya sambil nge-teh tawar hangat..waaah, bener-bener afternoon yang menyenangkan bersama sahabat tercinta. Tadi kita juga sempat ngebayangin kalo cheesecakenya akan lebih keren kalo di sajikan pake fruit coulis yang dibuat dari buah beneran... apalagi waktu di food hall kita ngelihat plum, peach dan aneka berries...waaah, pasti enak banget ya. Terutama buat yang gak begitu suka cheesecake yang kejunya "medok"...yummy!




COOKIE N' CREAM CHEESECAKE
Camelia (modified from NCC Blueberry Cheesecake)


Bahan :

250 gr biskuit Oreo, hancurkan (sisihkan creamnya)
100 gr biskuit Oreo, hancurkan
100 gr margarine, lelehkan
200 gr gula pasir
4 btr telur
1 kg cream cheese
250 gr sour cream
250 ml whipping cream (optional)
1 sdm gula halus
1/2 sdt vanilla extract

Cara membuat :

1. Siapkan loyang bongkar pasang diameter 24 cm, olesi mentega, sisihkan.

2. Tuangi margarine leleh dan vanilla extract, ke dalam 250 gr biskuit yang telah di hancurkan. Aduk rata.

3. Masukkan adonan biskuit pada loyang, ratakan dan tekan berlahan hingga padat. Bekukan dalam freezer selama 10 menit.

4. Kocok gula dan telur dengan mikser kecepatan tinggi hingga kental. Masukkan cream cheese dan sour cream bergantian sambil di kocok terus.

5. Tuangkan sebagian adonan kedalam loyang yang dilapisi biskuit, taburi dengan 100 gr Oreo yang telah di hancurkan, tuangkan adonan lagi, lakukan bergantian dan di tutup dengan adonan. kedalam loyang yang beralas biskuit, lalu panggang dengan cara au bain marie selama 90 menit hingga matang.

6. Angkat, dinginkan di suhu kamar hingga dingin betul. Lalu dinginkan kembali ke lemari pendingin selama 3 jam.

7. Olesi bagian atas cheesecake dengan krim tengah biskuit. Taburi dengan sisa biskuit yang telah di hancurkan. Hias dengan meringue, whipped cream dan mini Oreo.


4 comments:

catty wulandari said...

dear mbak,

saya sering kesulitan mencari sour cream, sebenarnya sour cream itu apa dan merknya apa ya?
trims sebelumnya

Camelia said...

Hello, sour cream adalah cream yang di-asam-kan. Bentuknya sepeti yoghurt yang kental. Bisa di dapat di supermarket besar di bagian pendingin produk olahan susu. Salah satunya, merk Yummy, produk lokal *horee!* yang menjualnya dalam kemasan mangkok plastik.

Anonymous said...

hallo mba salam kenal... akau seneng bgt baca semua cerita dan resep ihhhh hebattt.btw mba ada FB gak mau dong aku mau berteman sma mba :) btw mba klo 100g oreonya itu disisikan juga gak krim putihnya? makasih mba

Nadya said...

Mbak Camelia, cara bikin meringuenya bagaimana? Pengen bikin buat dekor pinggirannya. Thanks Mbak

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...