Search This Blog

Loading...

Wednesday, October 13, 2010

Moroccan Almond Macaroon



Ini salah satu proyek "bangkotan" yang pengen aku bikin. Video-nya aja, udah setahun mangkal di laptopku, teteuuupp aja gak di bikin-bikin. Semula, aku nyimpen resep ini gara-gara patah hati sama French macaroon. Udah berkali-kali bikin, dengan aneka resep, hasilnya selalu flat, yeup, lebih mirip keripik telur ketimbang cookis gembul yang chewy....hiiks! Sampe sekarang, aku masih ogah berurusan sama macaroon ala Perancis yang memang kesukaanku itu. Naaah, pas aku nyari resep macaroon lain, ketemulah dengan resep Moroccan almond macaroon. Semula, aku tertarik abis ngeliat video pembuatannya. Gak tau karena yang bawanya terkesan charming *hehe* atau memang sepertinya gak sulit bikinnya. Tinggal cemplung semua bahan ke dalam baskom, buletin, panggang, jadi deh. Apalagi bahannya cuma sedikit, gak ribet. Sebenarnya, bahan buat bikin French macaroon itu juga gak ribet, tapiiiiiiiii...aku aja yang gak bisa....whoaaaaaa....*nangis kenceng*

Sudah berkali-kali aku ke toko bahan kue beli almond untuk bikin kue ini. Karena di Indonesia susah nyari almond yang ada kulitnya (kalau adapun di supermarket barang import yang harganya, masya Allah...) sempat aku kepikiran mau pake almond bubuk aja, trus aku juga ketemu almond utuh yang udah di kupas, bisa di pake buat toppingnya. Tapi tetep aja rada ogah-ogahan karena yakin bentuknya pasti beda. So, pas umroh lalu, kita berkunjung ke kebun korma. Di sana aku ngeliat ada almond utuh sekalian kulitnya, aku main ambil aja 2 kilo... walaupun udah diingatkan si Mas takut kebanyakan, biarin aja, kadang aku kalo semangat suka gak tanggung-tanggung...hihihihi...

Aku suka banget sama almond. Dulu, aku gak suka karena rasanya aneh. Ternyata yang aneh itu essence almond. Kalo almondnya beneran sih enak. Apalagi buat di tabur-tabur diatas cake atau brownies. Selain tambah cantik, crunchy-nya bikin beda. FYI, almond itu mengandung lemak yang baik buat tubuh lho, bagi yang diet tapi suka nyemil, boleh deh pertimbangkan nyemil almond dibandingkan kacang lainnya. Of course, almondnya cukup di panggang (toast), kalo di goreng, minyaknya bikin almond gak sehat lagi (apalagi setelah itu di taburi msg...ampuuuun deh!). Mudah-mudahan suatu saat nanti, almond bisa di berdayakan di Indonesia dan harganya jadi jauh lebih murah supaya orang Indonesia sehat-sehat...amiiiinnn..ehem...

So, tadi aku mulai praktek bikin kue almond ini, ternyata beneran gak sulit. Kacangnya aku tumbuk pake chopper hand blender yang aku punya. Aku suka banget pake hand blender, soalnya praktis. Penah juga aku pake buat ngegiling ikan waktu bikin pempek, hasilnya cukup halus. Pas lah buat aku yang belum punya usaha kuliner dan belum punya keluarga gede, itung-itung nunggu tabungan penuh buat beli food processor segede gaban yang lebih canggih..hehehehe... fotonya seperti di bawah ini, selain chopper, dapat whisk sama kocokan milk shake yang sepertinya juga bisa di pake buat bikin mashed potatoes. Tipe yang aku punya ini Kenwood wizzard pro. Waktu aku beli, merk ini yang watt-nya paling rendah (400 watt).

Setelah almond di giling, bahan lainnya tinggal di campur aja, termasuk kulit jeruk lemon (yang ternyata memang sangat berpengaruh sama rasa cookies, terasa lho, jangan sampe lupa ya). Untuk putih telurnya, di kocok hingga kaku, tinggal di aduk ke adonan berlahan dengan sendok kayu. Nyetaknya juga lumayan menyenangkan, sebentar udah selesai. Awalnya aku malas banget ngolesin tangan dengan minyak sayur sebelum membulatkan adonan. Ternyata membantu sekali, adonan jadi gak lengket lagi di tangan. Pemanggangannya di sarankan 15 menit, tapi itu tergantung oven masing-masing. Oven ku butuh waktu 25 menit.

Pas matang, cookies harus di biarkan dulu di atas loyang sebelum diangkat, kalo gak, di jamin ancur (sudah terjadi sama aku tadi soalnya..hehehe). Pemakaian silpat atau baking sheet sangat di sarankan, biar gak sulit ngelepasnya dari loyang. Seperti yang udah aku duga sebelumnya, macaroon ala Marocco ini manis seperti dessert dari negara-negara timur tengah lainnya (buatku sih biasa aja, tapi buat yang gak suka manis, bisa kemanisan).Tekstur cookiesnya, rada kering di bagian luar, tapi sangat chewy di bagian dalam. Rasanya mirip nougat almond. Tadi sempat juga aku manggangnya lebih lama (hingga ke coklatan) eeeh...ternyata enak juga tuh, lebih krispy! dan ini juga salah satu cara meminimalisir rasa manisnya.

Di bawah ini resepnya setelah aku terjemahkan dengan bahasa ku sendiri. Untuk ukuran, aku memang tidak mengkonversi ke gram. Di timbangan digital kan ada opsi Oz, jadi aku tinggal ganti aja, ribet euy kalo mesti pindah ke gram dulu.



MOROCCAN ALMOND MACAROON
www.cookingwithalia.com

Bahan :
12 oz almond utuh
6 oz gula bubuk
2 btr telur
1 lemon ukuran kecil
1 sdt baking powder
1 tbsp cooking oil for rolling
beberapa almond utuh untuk hiasan

Caranya :
1. Giling almond di dalam mesin penggiling hingga menjadi bubuk almond yang halus (kalo aku sengaja rada kasar, supaya terasa tekstur almondnya).

2. Parut kulit jeruk lemon

3. Pisahkan kuning telur dan putih telur

4. Campur kuning telur dengan bubuk almond, gula bubuk dan kulit jeruk lemon parut serta baking powder.

5. Kocok putih telur hingga kaku .

6. Campurkan putih telur kedalam adonan kuning telur. Gunakan tangan untuk mencampur adonan untuk memastikan semua bahan tercampur rata.

7. Olesi tangan dengan minyak goreng, lalu bulatkan adonan, gempengkan sedikit dan letakkan di atas loyang yang telah dialasi kertas loyang. Lalu beri almond utuh diatasnya untuk dekorasi.

8. Panaskan oven pada suhu 350F dan panggan selama 15 menit.

P.S : Ketika panas, macaroon memang terasa sangat lembut, teksturnya akan berubah mengeras setelah dingin.



No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...