Search This Blog

Loading...

Sunday, May 1, 2011

Bolu Kukus Cookies n' Cream


Alhamdulillah...
Akhirnya hari ini aku pulang juga ke Jambi. Minggu-minggu terakhir ini, keluargaku pada sibuk. Kita semua berangkat ke Jogja buat menghadiri pernikahan Abangku, Iqbal, tanggal 29 lalu. Maklum, istrinya, mba' Dwi, memang dari sana. Hum...akhirnya mayoritas mantu Ibu dan Papaku ya wong Jowo...hihihihi..ya kecuali kak Ari (istrinya bang Baraq) yang dari Jambi. Anyway, kebayangkan gimana hebohnya rombongan kita ke Jogja. Udahlah waktunya mepet (maklum, para keponakan harus tetap sekolah) ramenya, bikin geli. Ada yang gak hepi sama tempat duduknya di pesawat, ada yang kelaparan, ada juga yang sempat-sempatnya foto-foto di atas pesawat (ehem..itu gue)...hihihihihi...

Tapi semua lega banget karena acaranya berjalan lancar sesuai rencana dan gak ada gangguan yang berarti. Semua hepi menikmati acara nya. Dengan narsis-nya hampir semua bela-belain foto diri sendiri sampe berkali-kali...hahahaha.... yang bikin hepi, temanku sejak SMP dan tetangga ku di Jambi yang sekarang menetapi di Jogja, si Dian, datang juga. Si Dian ini pinter banget nyanyi. Senang deh dia ikut nyumbang beberapa lagu di acara. Sanak saudara dan Papaku pada muji-muji suaranya Dian. Ya iyalah, emang dari dulu dia jago nyanyi tuuh...prasaan dari SMP sampe sekarang suaranya gak berubah, tetap bagus aja. Beda banget sama suaraku yang cempreng abis, apalagi kalo nyanyi...duuh, tobat dah, gua aja ogah dengar nyanyian gue...whoa ha ha ha...

Aku juga lega banget, soalnya pas berangkat, sempat bete karena seragam ku jelek seekaleee. Gak sesuai konsep dan potongannya kayak aku lahir 90 tahun yang lalu...huhuhu...kalah jauh sama punya kak Ari dan kak Ika yang gamisnya cantik-cantik *hiks!*, ogah deh ke tukang jahit itu lagi, kapoooookkk.... gak mood banget nyobain bajunya. Udahlah potongannya salah, kalo diangkat ornamenya juga pada rontok semua. Untunglah Mama-nya kak Ika nyusul ke Jogja dan bikin seragam juga dan pas sama aku....ehem..langsung deh di pake dan jadi hak milik...hehehehe.... Niiih, fotonya, aku pajang di sini yaaa.....

Kak Ika, Kak Ari, Aku, Tona, Bang Iqbal, Mba' Dwi, Abel, Papaku, Si Mas, Bang Baraq, Bang Riri
Depan : Dea, Arel

Anyway...
Sebelum ke Jogja, aku ikutan bolkus weeknya NCC. Aku bikinnya udah hari deadline, dan setor laporannya juga udah mepet banget, lebih kurang 30 menit sebelum penutupan. Yep, daku orang terakhir yang setor...hahaha.... Sebenarnya aku udah lama mau bikin (lha, acaranya cukup lama koq waktunya), tapi emang dasar aku malas aja. Jadi di tunda-tunda terus, apalagi sempat bolkusku gagal total. Aku sendiri karena pernah bikin bolu kukus dan mekar sempurna *cieee*, jadi kelewat pede ngerombak resep. Akhirnya, ya gagal semua. Dari kegagalan pertama sampe ke 3 berikutnya, jaraknya lamaaa banget saking malasnya. Sampe sehari sebelum deadline, aku mulai coba lagi, karena ideku terlalu ganjil, ya hasilnya ganjil juga. Pas hari H-nya, aku bbm bu Peri bolkusnya, mba' Yanti Saleh, nanyain jam berapa pengumpulan terakhir...hihihihi...kepepet banget ya...

Untung di kasih waktu sampe tengah malam. Semula aku udah nyerah aja buat ikutan, tapi karena kompor Bu perinya turbo, ya aku coba lagi. Mana sore itu Papaku mau rapat di rumah dan minta di siapkan segala sesuatunya, daku semakin khawatir sama nasib bolkusku. Untung ada si Tona yang bantu-bantu nyiapin keperluan rapat sementara aku terus berjuang dengan bolkus ku. Alhamdulillah, jadi dan bermekaran dengan cantiknya. Trus bang Baraq n' the gank datang. Kak Ari dan si Abel nyoba bolu kukus yang aku bikin. Setelah dapat sambutan sangat positif dari mereka, langsung aku foto-foto. Ternyata Papaku rapatnya sampe malam banget dan aku hampir lupa ngirim laporannya. Sambil kebut-kebutan dengan waktu, akhirnya terkirim juga...jadi juru kunci peserta event ini....hahahahaha....

Karena malam itu aku capek banget, dan beberapa hari setelah itu aku mulai fokus nyiapin persiapan ke Jogja, jadi aku baru posting sekarang. Bolu kukus yang aku bikin cukup simple. Aku pake resep bolu kukus mekarnya bu Fatmah Bahalwan (ketua NCC yang baik hati tuh *love her!*). Aku kayaknya lebih cocok sama resep ini karena kemungkinan gagalnya dikit. Untuk rasanya, aku bikin bolu kukus dengan rasa es krim favorite ku... cookies n' cream... supaya rasanya benar-benar nge-cookies, biskuit Oreonya gak cuma aku campurkan ke adonan, tapi bagian bawahnya juga aku selipkan sekeping Oreo juga sebagai alas. Lalu bagian atasnya aku beri taburan Oreo yang di hancurkan kasar. O ya, resepnya juga aku tambahkan susu bubuk supaya terasa lebih creamy...So hepi akhirnya di kirimin badge bolkus week sama para peri Bolkus yang baik hati...cihuuuy, nambah deh badge di blog gue...hehehe...


Ini resepnya...



BOLKUS COOKIES n' CREAM

by Camelia

Modifikasi dari BOLU KUKUS MEKAR By. Fatmah Bahalwan
Bahan :

225 gr gula pasir
2 btr telur
1 sdt cake emulsifier (aku pake TBM)
250 gr tepung terigu
1 sdt baking powder
1 sdm susu bubuk
150 ml air soda (sprite)
50 gr Biskuit Oreo (hancurkan kasar)
20 keping Oreo utuh
Oreo yang di hancurkan untuk taburan.

Cara membuat :

Siapkan cetakan bolu kukus, alasi dengan cup casesnya. Letakkan sekeping Oreo di dasar cetakan yang telah di beri kertas. Sisihkan. Panaskan kukusan, biarkan uapnya banyak.

Campur semua bahan menjadi satu, kocok selama 10 menit hingga kental (tergantung miksernya juga ya, pokoknya sampe benar-benar kental deh).

Tambahkan Oreo yang telah di hancurkan, mikser sebentar hingga rata.

Tuangi cetakan dengan adonan 3/4 penuh, beri taburan bagian atasnya dengan biskuit Oreo yang di hancurkan.

Kukus selama 20 menit.

2 comments:

cik cek said...

Emmmm...salam kenal2 dari kak cek...dtg jauh berjalan ke sini...
Bolu kukus cookies n cream...
seakan2 Oreo Cupcake...gebunya...:)

Tari said...

mba lia, ty boleh ya...aku udah 3 kali coba bikin bolkus..2 kali bikin hasilnya gagal total :(.. yg terakhir kemaren hasilnya agak aneh. bolu-nya mekar, tp bagian bawahnya kaya bantat ga mateng gitu...hiks hiks...mba lia tau penyebabnya ga ya? trims mba..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...