Search This Blog

Loading...

Friday, September 25, 2009

JAMED (Jagung Mede Cookies)

Pagi ini aku mau posting kue kering lebaran kemarin adza. Ngantuk banget deh semalam abis BBQ-an sama Riri dan kak Ika di rumah bang Iqbal. Seru, pada kelaperan nungguin apinya yang gak jadi-jadi. Sementara aku yang kebagian ngegoreng kentang, tiap kali ada yang selesai, mulai dingin dikit, langsung deh masuk mulutku dan little Dea. Jadinya mangkok kentangnya gak penuh-penuh.... hehehehe... maklum, baru dikenalin sama sambel Dua Belibis buat cocolannya. Enak banget tuh sambel. Sebenarnya aku sudah lama ngeliat ataupun dengar sambel ini, tapi males aja nyobain. Maklum, aku termasuk tipe konsumen yang setia dengan satu merk. Sampe kak Ika maksa buat nyobain...hummm....yummy! lho... posting kue kering malah ngomongin sambel...piyeee sih!

Anyhow, resep ini kak Ika yang dapat dari kakaknya almarhum temannya kak Ika, Rida. Nama kakaknya, Widha. Tapi aku sendiri kenal juga sama Rida ini, soale dia pernah bantu aku bikin gambar buat tugas akhir S1-ku dulu. Anaknya baik banget, sabar orangnya. Sepertinya sekeluarga mereka baik-baik semua deh. Waktu ke rumahnya pernah dikenalin sama semuanya, Ibunya, Kakaknya dan Adiknya (Adiknya cuakep banget deh... tampangnya kayak anggota boyband Westlife... walaupun kelihatan udah gede, sayangnya waktu itu masih SMP, daun muda sekaleee...hihihihi..). Waktu Ridanya sakit, kita sempat jenguk di rumah sakit. Senang banget waktu Rida masih ingat sama aku dan gambarku. Padahal dia sakitnya ada gangguan di otak, tumor atau apa gitu, aku lupa. Waktu dia akhirnya pulang ke rumahnya, kita semua senang. Ternyata Allah berkehendak lain. Alfatihah buat Rida yaaaa...

Waktu bikin kue ini, kita nyoba dua macam resep yang menggunakan corn flakes. Yang satunya enak juga. Nanti deh tak posting juga. Kalo yang satunya, rasanya lebih milky. Kalo yang ini, karena ada mede-nya rasanya lebih creamy. Bikinnya juga termasuk mudah banget. Setelah adonan jadi, gak ada proses cetak mencetak. Cuma dibentuk pake tangan aja, suka-suka. Yang lama mencincang mede-nya. Mungkin lebih cepat kalo pake chopper (jangan blender ya, soale kita maunya medenya berasa) so, aku sama kak Ika giliran motongin mede (atau mete siiiih..???) kecil-kecil. Capek memang, tapi hasilnya sooooo...worth it!

Rasanya gimana ya...pokoknya ada tekstur renyah dari corn flakes-nya, empuk dari medenya dan wangi adonannya kemana-mana. O ya, di resepnya, setelah selesai boleh di dekor suka-suka dengan coklat cair yang dicoret-coret. Tapi karena waktu bikin itu kita terlalu males buat nyairin coklat, ya gak pake. Ada beberapa yang aku iseng, tak taburi trimits warna warni diatasnya. Eeeh..ujung-ujungnya malesnya kumat juga. Mau dimasukkan ke papercup mungil satu-satu, lebih males lagi. Pokoknya males, males dan males.

Kayaknya ramadhan lalu ntah kenapa jadi ogah-ogahan bikin kuker lebih cantik. Padahal jauh sebelum puasa, udah punya cita-cita setinggi langit mau bikin kuker yang kelihatan profesional gitu. Mungkin karena kebanyakan yang mau dikerjain, jadinya kue keringnya ala kadarnya aja. Ntah karena itu, karena lapar puasa atau emang akunya yang gak bakat bikin kue imut-imut. *hihihi*... Ya udah deh, langsung disusun ditoples begitu aja. Yang penting rasanya enaaaaakkk....*alesan*...whoa ha ha ha...

Sooo....ini resepnya...


JAMED (Jagung Mede Cookies)
by. Widha

Bahan :
150 gr butter
50 gr gula halus
1 btr kuning telur
50 gr kacang mede, cincang kasar
150 gr terigu
1 sdm tepung maizena
50 gr corn flakes, hancurkan kasar

Caranya :
  • Kocok gula dan butter hingga pucat, lalu masukkan kuning telur, kocok dengan speed rendah hingga rata.
  • Masukkan sisa bahan, aduk rata dengan sendok kayu atau spatula.
  • Bentuk sesuai selera.
  • Panggang di oven hingga matang, dinginkan.
  • Hias dengan cooking chocolate yang dicairkan.


No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...