Search This Blog

Loading...

Monday, July 20, 2009

Nastar Ny. Liem

Nah, postingan kedua hari ini nih. Karena ada kelebihan selai nanas waktu bikin Nastar Keju kemarin, akhirnya aku buka beberapa halaman buku resep yang sama buat bikin Nastar. Adonannya hampir sama, minus keju. Tapi setelah matang, teksturnya beda, nastar lebih renyah aja...

Kue Nastar, identik banget dengan hari raya Idul Fitri kalo di rumahku. Biasanya, almh. Ibuku dulu, akhir puasa bakalan gelar tikar di dapur. Semua bahan kue diturunkan, dan beliau dengan nyantainya bikin kue dilantai sambil nunggu buka. Ibuku gak pernah pake timbangan kalo bikin kue kering, semua pake mangkok aja. Tapi, kue keringnya gak pernah gagal tuh. Enak banget malah. Sayang waktu itu aku gak tertarik sama masak maupun bikin kue, cuma ngerecokin doank. Jadi aku gak begitu tau ukurannya berapa. Dari satu adonan, Ibu bisa bikin nastar, kue keju, kue kacang, kue coklat belang, kue pala (gak ada palanya, cuma bentuknya doang, ditempel pake icing) dan yang paling aku suka, kue kelapa. Beliau cukup minta tolong dikocok telur, gula dan mentega aja, trus nyampur tepung dan variasinya ditangani sendiri karena pake ilmu kira-kira. Makin kangen aja sama beliau...hiks...

Kalo nastar, bentuk yang sering dibikin ya bentuk jambu, abangku Ririe selalu bilang kue jambu. Diatasnya pake cengkeh juga, tapi beda dengan yang ada di gambar buku resep Ny. Liem ini. Ada lagi dibentuk keranjang, biasanya aku bilang "Kue Sangkek" (sangkek = keranjang). Tadi aku coba bikin keranjang juga, lucu siiih...tapi lamaaa...hihihihi... cuma jadi 5 biji doang...hahahaha...

Bikin-bikin kue gini, itung-itung nyiapin persiapan lebaran nantilah. Segala bentuk nastar di coba. Tadi sempat mau nyoba bentuk mawar...malah sobek, kacau pokoknya. Tapi kalo bulat aja, gak seru donk, akhirnya aku buletin aja adonannya, trus di cetak pake cetakan keranjang yang dibalik, tekan, trus dilepas. Lumayan sih, ada motifnya, daripada bulet doank...

Nastarnya enak koq, empuk dan renyah....


NASTAR
By Ny. Liem

Bahan I
150 gr mentega
150 gr margarine
2 kuning telur
1 putih telur
1/2 sdt essence susu
1/2 sdt vanilli bubuk
100 gr gula bubuk

Bahan II (campur dan ayak)
40 gr susu bubuk full cream
475 gr tepung terigu protein sedang

Bahan III
1 kg nenas
400 gr gula pasir
1/2 sdt garam

Bahan IV (campur dan saring)
5 kuning telur
1 sdm air
1/2 sdt minyak sayur
2 tetes pewarna kuning telur (aku ganti 1/2 sdm mirror cookie glaze)

Bahan V
Cengkeh secukupnya untuk hiasan

Cara membuat :

1. Campur dan kocok bahan I menjadi satu hingga mengembang dan putih.
2. Masukkan bahan II sedikit demi sedikit, aduk barlahan dengan spatula hingga tercampur rata.
3. Bahan III : Masak nenas hingga airnya menyusut. Masukkan gula dan garam, masak kembali hingga matang dan mengental. Angkat dan dinginkan.
4. Isi adonan dengan bahan III, bentuk hingga menyerupai jambu, beri bagian atasnya dengan bahan V sebagai hiasan
5. Letakan dan susun ke dalam loyang yang telah diolesi dengna sedikit margarine hingga rata.
6. Olesi permukaannya dengan bahan IV hingga rata. Panggang ke dalam oven dengan suhu 150 C selama 15 menit hingga matang dan kering.
7. Angkat dan dinginkan. Simpan dalam toples kedap udara.

3 comments:

Erlin said...

Mbak Camel, salam kenal. Mau tanya kalo sama Nastarnya NCC enak mana? Bedanya gimana? tq

Camelia said...

Hello Erlin,
Kalo masalah enak itu relatif ya, keduanya sama enankya koq, tapi kalo menututku, nastar NCC lebih empuk :-)

Anonymous said...

​•̃⌣•̃ HªLº˚° ibu camelia, mo tanya neh, klo pake cetakan keranjang cara lepasin dr cetakan keranjangnya gmn? Coz aq coba dgn bahan mentah Чªήğ bĹöм dipanggang tp susah lepasin dr cetakannya, mohon petunjuk, thx

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...