Search This Blog

Friday, July 31, 2009

Buku Cookies dan Cupcakes Martha Stewart

Uiiihhh...cita-cita sih mau update kategori buku dan kitchenware di blog secara berkala...boro-boro...hihihihi... tapi kali ini di niatin deh, tiap Jum'at atau Sabtu bakalan posting buku atau peralatan dapur... tapi ini cuma niat lho, bukan janji... ntar dikira membohongi rakyat... eeehh...membohongi diriku sendiri sebagai pemilik blog... (mau bilang penggemar, takut dikira geer dan ditimpukin sama yang baca...hehehehe)

Anyway, sekarang buku deh... walaupun banyak buku lama yang udah aku punya dan perlu di lempar ke publik (whueeekkk!) tapi aku milih dua buku ini dulu, walaupun baru punya sebulanan lah... daku sendiri lebih suka sama buku cookies ketimbang cupcakesnya, (pilih kasih ih!) tapi percaya deh, kedua buku ini lebih baik daripada buku Martha Stewart yang aku punya sebelumnya.

MARTHA STEWART'S CUPCAKES

Buku cupcakes ini keluar setelah buku cookies. Tapi aku beli ini duluan. Isinya bangus banget buat yang suka bikin cupcakes. Tapi bagiku buku cookies jauh lebih menarik. Mungkin karena aku sering bikin cupcakes pake resep biasa aja, gak perlu yang spesifikasi buat cupcakes. Tapi bagaimanapun juga, buku ini jauh lebih baik dibanding beberapa buku cupcakes yang pernah aku lihat. Didalamnya resep "base" cupcakes terbagi atas beberapa kategori, berdasarkan topping, campuran maupun acara-nya, yaitu swirled and sprinkled, dipped and glazed, simple and sweet, filled and layered, piped and topped, holidays, celebration.

Didalamnya ada yang sudah sering di dengar, seperti Red Velvet, Devil's Food ataupun Carrot Cupcakes. Tapi banyak juga yang unik dan "bule" banget seperti Stout cupcakes yang pake bir dan Blackberry Cornmeal Cupcakes (ini mau aku coba buat ngabisin sisa polentaku...mungkin tak ganti strawberry, syukur kalo ketemu blueberry) ataupun Lavender-Iced Brownie Cupcakes. Pokoknya banyak deh. Didalamnya juga ada pola hiasan, packaging dan ide menghias cupcake. Ada contoh spuit, loyang, liner dan bahan-bahan yang dibutuhkan.

Tapi menurutku buku ini jangan dijadikan pegangan buat menghias cupcake, soale, simple (tapi approachable lho) dan sederhana banget (walaupun ada yang unik juga). Tapi kalo dibandingi teman-teman milisku yang jago-jago menghias cupcake, kalah deh. Buuuuut....kalo butuh base cupcake yang unik (gak melulu vanilla dan chocolate) maka buku ini layak banget buat dibeli, apalagi didalamnya banyak resep aneka fillings, frostings dan buttercream.... humm...yummy... (termasuk swiss-meringue buttercream yang terkenal itu lho..)



MARTHA STEWART'S COOKIES


Sebenarnya, buku ini yang pertama kali aku pengen beli gara-gara baca reviewnya...karena buku cupcake keluar setelah ini, adanya malah cupcake. Tapi syukurlah, akhirnya dapat juga. Kalo buku ini....wuiiihh...aku puas banget! sama seperti buku cupcakes, buku cookies ini juga dibagi beberapa kategori : light and delicate, soft and chewy, crubly and sandy, chunky and nutty, cakey and tender, crispy and crunchy, dan rich and dense. Naaah, yang bikin seru, di setiap kategori, ada gambar cookies dan namanya. Jadi aku tinggal pilih-pilih dari beberapa halaman depan aja tanpa membuka halaman per-halaman. Asiiikkk!!!...

Aku udah nyoba salah satu resepnya, Italian Polenta Cookies, hasilnya sangat memuaskan. Humm..aku rasa yang lain juga sama enaknya. Gak sabar pengen nyobain yang lain. Sasaran berikutku Lime Meltaways dan Springerle (kalo ketemu cetakannya...hiiks). Resepnya mulai yang classic seperti old-fashioned sugar cookies atau oatmeal raisin cookies, sampe yang terdengar asing seperti Cigarettes Russes maupun Biscochitos. Lengkap deh. Beberapa resep ada yang bahannya sederhana banget, tapi jadinya cantiiik deh. Eeeehhh ada juga kue Langues-de-chat....ternyata kue lidah kucing boo...whoa ha ha ha

Nilai lebih lainnya, ada juga gambar alat yang dibutuhkan, cara mengaduk dan membentuk kue, juga cara menghias dengan royal icing dan cara mengepak. Dibelakangnya tertulis ada 175 jenis jenis cookies didalamnya. Aku sendiri belum ngitung... yang penting kesimpulannya aku fully satisfied sama buku ini dan highly recommended.... akhirnya, ada buku tante Martha yang aku suka...Yipeeee....


2 comments:

HisaO said...

hai... aku lagi nyari buku mengenai cupcake n ketemu blog dikau hehe...

klo bole tau apa di dlm buku ini ada ingredient-nya?? klo ada apa bisa dibeli di model cerfor gt?? klo ga kan sayang jg beli bukunya...

n beli dmn ya buku ini n kisaran berapa?? maap ya banyak nanya bgt nih ...

btw lam kenal ^^

Camelia said...

Salam kenal juga,
Didalam buku ini ada ingredientsnya dan lumayan banyak juga resep yang menggunakan bahan yg bisa di beli di supermarket biasa.

Aku beli di Peryplus pondok indah. Harganya udah gak ingat, udah lama soalnya...hehehe

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Anniversary

Daisypath Anniversary tickers

Ava

Lilypie Kids Birthday tickers

Eijaz

Lilypie Fourth Birthday tickers