Search This Blog

Loading...

Tuesday, July 7, 2009

Soes Jepang Pak Sahak

Kalo di bandara mau pulang ke Jambi, suka deh beli soes yang katanya dari Jepang disana buat nemenin nungguin pesawat (yang kadang-kadang kalo delay gak tanggung-tanggung) daripada nunggu di lounge yang makanannya pas-pasan. Walaupun tiap kali beli, yang jual selalu nanya "ada 500-an gak bu?" atau "ada seribu gak bu?"...pokoknya ada aja yang di tanya!! belum lagi kadang mereka suka ngobrol dengan sesamanya, lha kitanya yang mau beli malah dicuekin, padahal kan di bandara ya...pada buru-buru semua ya...

Soes Jepang Pak Sahak ini, gak mirip sama di bandara, tapi lumayan banget, mengingat bisa dibikin dengan peralatan yang ada dirumah, simple dan gak ada campuran bahan kimia yang aneh-aneh. Aku sendiri termasuk ngefans sama resep-resepnya Pak Sahak, aku udah bikin ayam bakarnya dan brokus kejunya (yang ini aku bikin di Jambi, diabisin keponakanku Sonny dengan teman-temannya, gak sempat foto buat di blog, ntar aku bikin lagi deh..). Enak-enak pokoknya. Makanya aku gak ragu juga buat nyobain resep soes Jepangnya.


Ini kali ketiga aku bikin soes Jepang pake resep Pak Sahak. Pertama bikin, waktu lagi bosen di kampung bokap, ngandalin otang aja, walaupun adonannya terpaksa antri dan dibolak balik atas bawah. Ribet pokoknya, tapi jadi juga. Adonan pertama matang langsung nyoba.....hummm..enaaak!! giliran manggang sisa adonan, mulai kacau balau. Otang kepanasan dan panasnya gak rata. Ada yang jadinya buesaaaaar dan guosooooong...hihihihi... tapi karena itulah aku jadi tau, ternyata, olesan toppingnya, jangan tipis-tipis, gak berasa crunchy, tapi rada tebelan...baru deh terasa...

Kedua, waktu bikin bareng si Umi, asisten rumah Jambi. Gak gosong, tapi bantet. Mungkin karena panas otangnya gak rata. Kali ini, aku bikin lagi...mau ngabisin bahan-bahan yang ada di rumah niih, ceritanya ntar mau diet abis-abisan, jadi gak baking n'cookin' lagi... soale, aku kalo bikin kue atau masak, suka dimakan sendiri, dietnya bisa bubar..hehehe


Bikinnya gak susah koq. Sepertinya pake resep soes biasa buat "base"-nya juga bisa. Yang bikin beda, ya toppingnya...soes yang biasanya lembut, kali ini ada kriuknya. Pokoknya, jangan pelit ngasih topping, karena disitulah enaknya...


Kali ini aku sampe 2 kali bikin adonan soes-nya. Kemarin, si Mas tak sodori soes yang gagal, adonannya agak encer, jadinya malah kayak roti kering...tapi doi suka aja tuuh..hihihihi... hari ini bikin yang beneran, ternyata, ada tricksnya. Aku masukin telurnya satu persatu, yang ke-3, aku kocok lepas, lalu masukinnya sedikit demi sedikit, gak nyampe 1 butir (sisa dikit) adonannya udah pas, ya udah. Mungkin tergantung besar kecilnya telur juga kali yaaa...

O ya, setelah di panggang (manggangnya jangan dibuka-buka, apalagi kalo masih "keringatan"... dan udah kecoklatan, soesnya aku tusuk bawahnya pake pisau, dan dibalik hingga dingin. Gak tau sih ada pengaruhnya apa gak, tapi aku baca di buku Just Dessert, katanya supaya uapnya keluar dan kulit soes tetap renyah....dan nyatanya kulit soesku tetap renyah seharian...dan soes yang dipanggang hingga toppingnya kecoklatan, jauh lebih enak dan kriuuuknya lama...so, next time tak panggang hingga kecoklatan adza!


SOES JEPANG PAK SAHAK

Bahan Soes :
Bahan A (panaskan hingga mendidih)
100 gr butter
110 gr air
1 sdt garam

Bahan B
120 gr tepung terigu
3 butir telur ayam

Caranya :
  • Setelah bahan A mendidih. masukkan tepung terigu, aduk-aduk hingga kalis. Matikan api.
  • Tunggu hingga adonan agak dingin, pindahkan ke wadah mixer. Masukkan telur satu persatu sambil terus di kocok hingga rata. Semprotkan ke atas loyang (aku pake spuit 1M) yang telah diberi bahan oles (aku loyangnya dilapis silpat aja, simple dan gak lengket).

Topping :

Bahan
50 gr butter
50 gr gula halus
50 gr tepung terigu
1 sdm air

  • Masukkan semua bahan dalam wadah, kocok hingga lembut. Masukkan kedalam plastik segitiga, gunting bagian bawahnya, semprotkan diatas adonan soes yang telah disemprot tadi kira-kira 3/4 bagian.
  • Panggang dengan api 180C selama 35-45 menit atau sampai matang.

Bahan Isi :

250 gram coklat blok
100 gram susu cair
200 gram whipcream ( kocok sampai mengental )

Caranya :

  • Masak coklat dengan susu cair sampai larut, aduk rata, lalu dinginkan. Kemudian masukan ke dalam whipcream kocok, lalu aduk sampai rata.
  • Suntikan bahan isi kedalam sus yang sudah dipanggang (kalo aku dibelah aja).
YUMMY!!


3 comments:

Keluarga Cinta said...

Lia,

Ngintip blognya ya. Tips bikin sus tetap renyahnya bagus banget...next time aku tiru ya..TFS.

salam,

tina said...

mba lia ...ijin copas resepnya ...setelah berhasil bikin soes klasik,pengen juga bereksperimen dengan si soes jepang ini...tks a bunch for the recipe

ellen said...

Salut dech sama Mbak,ƍä pelit ilmu.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...