Search This Blog

Loading...

Thursday, July 2, 2009

Pao de Queijo

Tadinya sih mau nyoba bikin macaron, tapi, seperti yang udah diperkirakan, gagal totaaaaaalll.... sebel deh, berarti udah 2 kali...hiks...hiks... kapok, gak mau mikirin macaron lagi. Langsung deh nyobain yang lain buat nyemil (ceritanya lagi program detox...gak tahaaaann...hihihihi). Kebetulan mau ngabisin bahan-bahan sebelum diet beneran...ehem... ada sebungkus tepung tapioka dan ada keju parmesan yang juga nunggu diabisin... jadi ingat sama Pao De Queijo.

Aku udah dari tahun lalu mau nyobain (ck..ck..ck..), gak jadi juga. Padahal websitenya udah di bookmarks segala. Ceritanya ini cemilan favoritenya Brazil, biasa disajikan buat acara kumpul-kumpul dan biasanya dihidangkan dengan minuman dingin yang segar. Menariknya, ya karena bikinnya mudah dan bahan-bahannya sederhana banget...disamping itu, as always, I love cheesy stuff!


Bikinnya ternyata emang mudah, tinggal dicampur dan aduk aja. Semula sempat ragu, jangan-janagn gagal, ternyata gak. Malah sepertinya anti gagal deh. Resepnya aku modifikasi, karena bingung antara minyak sayur dan butter, jadi tak pake keduanya aja, itung-itung ngabisin butter juga. kejunya juga dibanyakin, selain mau ngabisin juga supaya lebih cheesy. Nguleninnya juga sebentar banget karena adonannya lembut dan gak berat. Loyangnya aku alasi dengan silpat, asyik banget, gak lengket sama sekali.


Rasanya...??? gimana ya...uenaaaak!!! aku suka deh! apalagi buat nemenin nonton tv, bikin ketagihaaan... kejunya juga gak eneg tuh, malah rasanya jadi unik. Teksturnya, renyah dibagian luar dan kenyal dibagian dalam...pokoknya siiippp!!!! setelah dingin, akan mengeras, tapi tetap renyaaah. Seperti makan kaastengel versi lain...hihihihi.

Ini resep yang aku bikin, kalo mau resep aslinya, langsung aja ke websitenya yaaa...


Pao de Queijo
Modified by Camelia


Bahan :
500 gr tepung tapioka
150 gr keju cheddar parut
50 gr keju parmesan parut
150 ml susu segar
150 ml minyak sayur
15 gr butter
2 butir telur
keju cheddar dan parmesan parut untuk taburan

Caranya :
  • Dalam wadah besar, campur rata tepung tapioka dan keju parut. Sisihkan.
  • Panaskan susu, minyak dan butter dalam panci, aduk-aduk hingga mendidih.
  • Tuang campuran susu hangat kedalam campuran tepung dan keju. Aduk hingga berbutir, diamkan selama 5 menit menit.
  • Masukan telur satu persatu sambil diaduk dengan tangan, lalu uleni hingga adonan dapat dipulung dan tidak lengket. Tutup wadah dengan kain, diamkan selama 30 menit.
  • Bulat-bulatkan adonan hingga licin, ukurannya sedikit lebih kecil dari bola pingpong. Beri keju diatasnya lalu letakan diatas loyang yang telah diolesi mentega atau minyak.
  • Masukkan ke oven, panggang sekitar 20-30 menit-an saja (jangan terlalu lama ntar keras, patokannya, asal keju taburannya udah kecoklatan sememtara adonannya tetap putih, artinya udah oke)
  • Sajikan hangat.
Jadinya buayaaak...sekitar 50 biji lah... kenyang bangeeetss...

8 comments:

sherry said...

aku contek ya camelia...thx ya..:)

Devina said...

ini dalamnya ga dikasih keju ya? jadi langsung di masukan ke oven, dan kejunya hanya ditaburi aja? plss mau buat tapi masih bingung he..he..he..:) thanks

Devina said...

ini dalamnya ga diisi keju ya? jadi hanya luarnya aja yg ditaburi keju? plss mau bkin tapi masih bingung nih...thanks

Camelia said...

@ mba' sherry : Silahkan mba'...

@ mba' Devina : Iya mba, kejunya dicampur bersama adonan. Kalo di resep aslinya, makah gak pake keju diatasnya. Itu aku tambahkan supaya keliatan aja kapan matang-nya... Manggangnya jangan lama ya. Kue ini enaknya pas masih hangat. Kalo udah dingin, keraaasss...

meinekueche said...

waduh....trus kl keras ga bs d makan dong mba? bisa gag di angetin lg di oven? pasti gara2 tepung tapioka nya ya?

Anonymous said...

Thank ya udah sharing resepnya, gara2 makan kue ini yg ala rotiboy, jadi penasaran pengen nyobain bikin sendiri.

Miss A said...

kalo pake tepung terigu aja gpp?

Camelia said...

Kalo pake tepung terigu saja, rasanya gak akan ada kenyalnya. Nah, rasa kenyalnya itu yang bikin unik :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...