Search This Blog

Loading...

Saturday, July 11, 2009

Putu Mayang


Ini niiiih... salah satu jajanan pasar kesukaanku. Waktu SD, kalo lagi liburan ke Jakarta, aku selalu bela-belain ikutan ibuku yang doyan banget belanja di pasar tradisional di dekat rumah. Senang deh, ngeliat ikan mas yang dijual hidup (padahal aku gak doyan ikan mas) dan ngeliat ibuku nawar belanjaan. Naaah... yang bikin semangat, pulangnya aku boleh beli aneka jajan pasar yang aku suka, mulai dari cenil, getuk yang diberi saus kinca kental, sampe lemper dan putu mayang ini.

Sayangnya, kalo beli dipasar, kecil-kecil banget, rasanya sebungkus pasti gak akan cukup, sooo...selalu beli beberapa bungkus sekalian. Aku lebih suka putu mayang dari pada serabi, gak tau ya, mungkin karena putu mayang rasanya lebih "ringan" jadi gak eneg kalo makan banyak. Aku udah beberapa kali bikin putu mayang, dulu gak punya cetakannya, jadi aku tekan aja pake garpu...iiihh, gak mirip. Trus bikin di rumah Jambi, adonannya dimasukan ke plastik lalu digunting ujungnya dan ditekan keluar. Bagus sih bentuknya, tapi lama (soale cuma satu lubang) dan cuapeeekk...keras booo...

Kali ini aku bikin pake resep di buku-nya ibu Sisca Susanto yang aku punya. Sekalian nyoba cetakan yang aku beli di pasar senen untuk pertama kali. Padahal belinya udah lamaaaaaaaa banget. Waktu itu aku nanya cetakan putu mayang, dikasih yang tradisional banget, seperti kaleng yang di lubangi. Trus abang yang jual nawarin yang bagus dari plastik. Didalamnya ada 6 lempengan yang bisa diganti-ganti, salah satunya ya buat bikin putu mayang. Ada 3 macam yang bisa dibikin putu mayang dengan besar yang beda-beda. Sebenarnya aku lebih suka yang kecil karena bentuknya lebih imut. Tapi...luamaaaa...akhirnya aku pake yang ukuran standard aja.

Nyetaknya emang butuh energi buat nekan cetakan. Yang ribet ngebentuknya supaya rapi setelah adonan ditekan keluar. Buatanku ini jadinya ukurannya gak sama dan malah ada yang mirip getuk lindri...hehehehe.. o ya, bikin adonanya simple koq, saat mau di bentuk panjang untuk dimasukkan ke cetakan, adonan suka lengket di tangan. Nah buat ngatasinnya, tangannya diberi tepung sagu aja. Langsung mudah urusan cetak-mencetaknya.

Waktu pertama dikukus, sempat terjadi kecelakaan juga. Gara-gara gak merhatiin resep, ngukusnya kelamaan. Aku keasyikan nyetak, yu Yati malah ngira mesti dikukus lama. Hasilnya, adonan nempel sesamanya dan gak berbentuk "mie" lagi, jelek banget deh. Ternyata ngukusnya emang jangan lama-lama. Kalau sudah mengkilat dan transparan, artinya udah jadi. Angkat dan susun di wadah yang diolesi minyak. Baru deh keliatan kayak putu mayang.

Buat kincanya, aku pake gula palm, mau ngabisin stok. Jumlah gulanya masing-masing aku lebihkan karena aku gak pake durian. Enak juga rasanya, kayak pake saus moccha...hehehehe

Ini resepnya ya...


PUTU MAYANG

by Sisca Susanto

Bahan :

250 gr tepung beras
1 sdm gula pasir ----> (aku 3 sdm)
700 cc air pandan ---> (aku air biasa aja)
175 gr tepung sagu
5 sdm minyak sayur
Pewarna makanan hijau dan merah ---> (aku pake pasta pandan aja)
Daun pisang untuk alas dasar kue


Cara membuat :

  • Campurkan tepung beras, gula pasir dan air daun pandan. Masak dengan api kecil hingga mengental. Dinginkan.
  • Campur tepung sagu dengan adonan tepung beras sambil diuleni, tambahkan minyak sayur, uleni lagi hingga rata. Bagi menjadi 3 bagian, masing-masing diberi pewarna merah dan hijau, aduk rata. 1 bagian lagi biarkan putih.
  • Siapkan cetakan khusus untuk membuat kue putu mayang. Masukkan adonan putu mayang kedalamnya. Cetak dan alasi dengan daun pisang yang telah diolesi minyak.
  • Panaskan kukusan, kukus selama 5 menit hingga matang (jangan kelamaan ya, kalau udah agak transparan, ya udah, kalo gak nanti hancur ). Angkat. Dinginkan.
  • Hidangkan dengan saus kinca.

Saus Kinca :

500 cc santan kental dari 1 buah kelapa---> (kalo aku 1 kotak santan diberi air hingga 500cc)
100 gr gula jawa---> (aku pake 150 gr gula palm)
50 gr gula pasir---> (aku 100 gr)
3 lbr daun pandan ---> (aku gak punya)
1 sdt tepung maizena, larutkan dengan air ---> (aku 1 sdm)
10 biji durian ---> (aku gak pake)

Caranya :

Masak semua bahan dengan api kecil hingga mengental. Angkat, sisihkan.

Sajikan putu mayang denga saus kinca...enjoy!


1 comment:

S Rahma said...

Beli alatnya domana mbak?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...