Search This Blog

Loading...

Tuesday, August 25, 2009

Chocolate Oatmeal Chips Cookies


Kemarin sambil nemenin kak Ika bikin doll cake buat anaknya yu Islah yang udah 2 tahun, aku bikin oatmeal cookies. Abis keliling nyari butter (puasa pada rame siiih, nyari toko yang sepi!) Nyampe rumah....ehhh...malah mati lampu! Adaaaaa aja. Sejak pulang ke Jambi awal puasa, lampu mati terus. Sehari bisa 3 kali! sebel banget gak siiih?? prasaan dulu emang suka mati juga, tapi gak tiap hari, lha ini, udahlah tiap hari, berkali-kali pula!! mestinya yang namanya perusahaan, harusnya pelayanannya makin lama makin baik, eeeh...ini makin lama makin buruk. Mungkin karena cuma satu-satunya, PLN-nya jadi geer, bisa seenaknya aja. Hummm....mungkin perusahaan listrik dibikin kayak perusahaan seluler aja, ada beberapa gitu, supaya ada kompetisi, jangan memble ajee.... *sebel!* Karena udah mepet sama waktu, terpaksa genset di idupin, tapi cuma buat ngocok telur buat browkusnya kak Ika trus dimatiin lagi (masih siang siiih), sementara aku, ya nunggu aja sampe lampu idup, toh gak ada yang dikejar ini, cuma iseng doang. Alhamdulillah, pas buka puasa, cookiesku sudah hampir selesai

Anyway, back ke cookies. Sebenarnya udah lama pengen nyobain bikin cookies yang pake oatmeal sambil nyari-nyari resep yang pas. Bela-belain bawa brown sugar dari Jakarta. Trus aku ketemu sama resep nya di sini, sempet bingung mau pilih yang mana, ada choc-oat-chip cookies atau milk chocolate oatmeal cookies. Akhirnya aku pilih chocolate oatmeal cookies adza. Yang satu lagi ntar deh dicoba buat perbandingan. Toh resepnya hampir sama, cuma ada perbedaan dalam jumlah pemakaian brown sugar thok. Hum...ngomongin brown sugar, koq mahal amat ya. Aku beli di Titan Rp. 30.000 setengah kilo. Katanya mesti import. Waaah... perlu deh dipertimbangkan oleh perusahaan gula lokal buat produksi brown sugar, aku udah bantu nih menggalakkan makan cookies buat bantu penjualan..hehehehe

Aku senang deh, bisa ketemu website tadi, soale waktu di Minnesota, host Dad ku sering ngajak aku bikin cookies. Dia mah resepnya simple, ambil di belakang bungkusan chocolate chipsnya (Nestle Tollhouse). Kalo mau dijadiin oatmeal cookies, ya tinggal ditambah oatmeal aja. Tapi rasanya selalu enak dan familiar banget. Kemarin sempat mau bikin resep yang itu aja trus ditambah oatmeal. Tapi gak berani deh, Dad kan selalu pake ilmu kira-kira masukin oatmealnya, sementara aku orangnya suka lebay, apa-apa suka dilebihin, ntar malah kebanyakan dan rasanya gak karuan...hahahaha... Jadi mending cari resep yang udah ada takarannya deh...

Dulu pertama kali disodori cookies sama host Dad ku itu, aku sempet mikir, koq bisa ya kue "Good Times" yang sering aku beli dibikin sendiri (hihihi..ndeso banget ya!). Eeeh...ternyata lebih enak. Sejak makan choco chips cookies bikinannya, aku jadi ogah beli lagi, rasanya gak sama. Paling waktu kuliah di Atlanta, beli "Chips Ahoy!" aja sesekali (males baking). O ya, Dad selalu nyiapin susu dingin juga buat nemenin makan cookies. Biasanya kita makannya di meja makan dirumahnya yang unik dan cozy banget sambil ngerumpi. Humm.... kangen banget sama masa-masa indah begitu, rasanya bener-bener gak ada masalah, paling yang dipikirin cuma pelajaran speech yang suka bikin aku grogi aja kalo pidato didepan kelas....hiiiks...

Gak tau juga aku lebih suka chocolate chips cookies biasa atau yang pake oatmeal. Menurutku sama enaknya, bedanya, yang oatmeal terasa lebih padat dan chewy. Bentuknya gembul-gembul. Pokoknya either way is great la yaaawww!!! aku udah beberapa kali bikin chocolate chips cookies-nya Nestle Tollhouse dan hasilnya selalu memuaskan. Kuncinya, jangan dipanggang terlalu lama seperti kue kering biasa. Hasilnya bisa keras bangeeeet! panggang dioven sekitar 10 menit, paling tidak sampai pinggirnya agak kecoklatan. Walaupun tengahnya masih lembut banget, biarin aja, nanti akan mengeras sendiri. Keluarkan dari oven, diamkan di loyangnya sekitar 2 menitan, trus dipindah ke rak kawat, supaya bawahnya kena angin juga. Kalo gak punya rak kawat, cookiesnya dibalik aja, supaya bawahnya gak lembab. Kalo mau lebih crispy, boleh deh dipanggang sampe 12 menitan. Pokoknya jangan terlalu lama aja.

Hasilnya?? hum... keponakanku si Abel, baru datang langsung ngelirik cookies yang aromanya emang kemana-mana. Trus si Dea, makan cookies rame-rame sorenya rasanya belum cukup, sampe sempat-sempatnya ambil tissue buat bungkus cookies yang mau dimakan dikamar sebelum tidur. Si kecil Arel yang lagi lucu-lucunya, selama buka puasa ngoceh sambil nyemil cookies bergantian dengan pempek (lho??..hehehe) pokoknya sukses deeh..horeeee... eiiits, ada yang gak sukses, satu loyang terakhir bablas gosong, soale aku malah asyik ngeliatin kak Ika menghias doll cake... jadi lupa... hehehehe....

Ini resepnya. Aku pake bahasaku aja, kalo mau lihat resep aslinya, langsung ke websitenya ajaa...

Choc-Oat-Chip Cookies
by Nestle


Bahan

1 3/4 cups tepung serba guna
1 sdt soda kue
1/2 sdt garam (optional)
1 1/4 cups brown sugar
1 cup butter atau margarine, suhu ruang
1/2 cup gula pasir
2 butir telur ukuran besar
2 sdm susu cair
2 sdt vanilla extract
2 1/2 cup oatmeal atau instan oatmeal
2 cup coklat chips
1 cup kacang-kacangan cincang (optional) ---> aku gak pake

Caranya :

  • Panaskan oven hingga 375 F
  • Dalam wadah, aduk tepung, soda kue dan garam. Sisihkan.
  • Dalam wadah terpisah, masukkan brown sugar, butter/mentega dan gula, kocok dengan mixer hingga creamy. Masukkan telur, susu dan vanilla extract. Kocok kembali. Lalu masukkan campuran tepung beberapa tahap. Tambahkan oatmeal, coklat chips dan kacang-kacangan. Aduk rata.
  • Dengan sendok, buat bulatan, susun dalam loyang, beri jarak.
  • Panggang selama 9 - 10 menit untuk kue yang lembut dan chewy atau 12 hingga 13 menit untuk kue yang lebih crispy. Dinginkan di loyang selama 1 menit, pindahkan ke rak kawat hingga benar-benar dingin.

PS : Kenapa fotonya cuma satu?? soale abis sahur aku langsung tidur, pas bangun lagi hujan lebat. Langsung mau foto cookies, ternyata batre digicam pink ku belum di charge, eeeeh...baru di charge 10 menit-an, lampu matiiiii... untung cukup buat sekali jepret, setelah itu, langsung nyerah kameranya ...hahahahaha

8 comments:

Debbie said...

konversi cup ke gram gimana ya mbak utk resep ini. krn kalo search di google kok beda2 ya hasil konversiannya. thx

Camelia said...

Mba' Debbie,
Biasanya aku ke convert-me.com, tapi saranku, segera deh beli measuring cup. Sekarang udah banyak di supermarket2 besar. Soalnya, pengukuran online pasti ada aja kurangnya. Misalnya 1 cup gula, beratnya pasti beda dengan 1 cup air. Kalo aku sendiri, selalu pakai cup ukur. Kecuali untuk butter yang sulit untuk diukur dengan cup saja yang aku timbang, yaitu 1 cup = 227 gr

-Ow- said...

Mbak Lia...
Aku coba resepnya...Enaaak deh, tapi sedikit kemanisan buat seleraku. Next time kalo bikin lagi coba dikurangin ah gulanya.
seneng deh kalo baca resep2 disini, jelas dan banyak tips2nya.
Btw, aku ga bisa tuh mbak dapet kue yg crunchy, yg ada kalo kelamaan malahan gosong. Pengaruh ovenku juga kali yah yg ga ada api bawah aja.. adanya lsg api atas bawah.
Keep sharing mbak, nanti saya mau contek resep yg lain yaa..


Salam,

W

irma said...

mbak izin print resep yaaa...
beberapa bulan lalu sebelum hamil, aku sukaaaa banget ma bubur oat, tapi sejak hamil jadi males liat oat. padahal masih punya persediaan 1 bungkus gede, utuh blom dibuka. naaah baca2 tulisan mbak, aku jadi pengen nyoba, sapa tau kalo di bikin cookies, suami jadi mau ikutan makan, soale suamiku gak suka oat.

debi-ebong-bongky said...

mbak lagi blogwalking..nyoba resep yhaa..dikulkas ada gula palem, sama ngga sih ama brown sugar *males googling xixixixi

Camelia said...

@ Irma : Mudah-mudahan suka ya, sayang oatnya...

Camelia said...

@ Debi : Brown sugar dan palm sugar jelas beda. Brown sugar adalah gula tebu (seperti gula pasir yg belum di proses) sementara palm sugar adalah gula palem (kelapa). Keduanya bisa digunakan untuk membuat cookies ini, dengan rasa yang sedikit berbeda tentunya.

Unknown said...

Ibu kalau mau beli brown sugar saya punya yg lokal, bukan dari palm sugar kalau beli banyak 40.000/kg, telp aja ke 0812 1993 7517

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...