Search This Blog

Loading...

Friday, December 25, 2009

Asinan Buah

Sejak ikutan milis kuliner dan ketemu teman-teman asik yang punya hobby sama. Aku jadi sering ketimpa makanan gratis yang enak-enak. Aku pun jadi milih-milih soal makan. Pokoknya, semua yang aku makan harus sesuai dengan "standar" makanan yang pernah aku cicipi. Baik itu berupa masakan maupun cemilan. Bahkan akhir-akhir ini, untuk asinan aja, aku punya standar sendiri. Kalo gak seenak sebelumnya, aku jadi males nerusin makannya. Sebenarnya sih bagus buat program "ngecilin body"-ku, tapi gak efektif juga, soale setelah itu aku langsung ganti makanan lain yang jauh lebih enak dan pasti enak, seperti cokelat dan es krim...hehehehe...

Aku sendiri sebenarnya gak begitu peduli sama asinan. Bisa diitung dengan jari berapa kali aku nyobain asinan. Biasa banget lah. Paling kalo lagi iseng, ya aku beli. Itu pun dalam jumlah paling minimum. Apalagi, aku emang ada masalah lambung, jadi harus hati-hati sama makanan yang asem-asem. Tapi setelah nyobain asinan Gelora-nya mba' Mika....Oh my God! I am hooked! ...doyaaaan!!! Kuahnya asik banget dimakan dingin-dingin... suegeeeerrr!! Asinan yang dibikin tanpa pewarna, pengawet dan cuka ini, bener-bener pas sama selera ku. Makanya waktu acara nonton bareng kemaren, aku langsung "booking" 2 bungkus sama juragan asinan Gelora itu. Masih kebayang nonton tv tengah malam ditemani asinan dingin...whuiiiih...langsung merem melek!

Sayangnya, aku gak pernah bisa beli banyak. Maklum, single living artinya semua makanan harus diabisin sendiri. Padahal, pas bungkusan kedua berakhir, aku masih pengen ngemil asinan malam-malam (hihihihi...lumayan, gak bikin ndutku parah). Tapi apa boleh buat, cuma bisa ngebayangin doang. Naaaah...kebetulan si Dea datang ke Jakarta, dan kita main ke Dufan hari Rabu lalu. Pas disana ngeliat ada yang jual manisan buah, aku langsung main borong aja, beli manisan kedondong petit, salak sama mangga. Jumlahnya pun gak tanggung-tanggung, biasaaaaa.....keburu ngiler sih! Eeeh....pas nyampe rumah, aku cicipin..langsung lemes. Duuuh...gak enak banget deh! Kerasa ada yang ganjil dan kentara betul gulanya gak asli. Tak tawarin ke yu' Yati dan pak Di, malah gak ada yang suka manisan buah. Akhirnya manisan itu mangkal aja di kulkas, mau dibuang, mahal maaaannnn.... hiiiksss!!

Mulai deh aku ubek-ubek file milis. Prasaan mba' Mika pernah posting resepnya.... setelah ketemu, kemarin aku bikin. Paginya nitip cabe yang buayaaaakkkk...bengkoang dan nenas sama yu' Yati yang udah mau jalan ke pasar dekat rumah. Buah yang dibeli itu dipotong-potong, trus manisan buah aku keluarkan dan aku bilas dengan air matang. Karena di kulkas ada manisan jambu bangkok yang aku beli di supermarket, aku cemplungin aja sekalian. Bikinnya sebenarnya simple, persiapannya aja rada lama. Soale cabe yang dipake lumayan banyak dan bijinya harus dibuang, untunglah yu' Yati menawarkan diri buat ngebuang bijinya. Padahal aku udah mondar-mandir nyari sarung tangan plastik takut tanganku panas...hehehe...

Senaaang banget ngeliat cabenya jadi merah banget waktu dipanasin sama gula. Keliatan "menantang" sekali warnanya...hihihiihi. Proses berikutnya yang agak-agak gak pede, yaitu menentukan asemnya. Disini yang bikin asinan Gelora itu cocok sama seleraku, mba' Mika bikinnya pas. Sementara aku harus dicicipi berulang-ulang, waktu selesaipun, aku masih gak yakin...whoa ha ha ha ha. Tapi pas meres jeruk nipisnya kita pake tim kompak. Jeruknya dipukul-pukul yu Yati pake batu gilingan cabe (biar airnya banyak). Aku tukang motong dan meres dibantu si Dea yang kerjaannya nanya melulu. Maklum, baru kali ini dia dapat tugas meresin jeruk...heran dia...hehehehe...

Aku bikin kuahnya separuh dari resepnya mba' Mika. Semula aku sempat ragu ngeliat jumlah airnya yang dikit banget. Tapi katanya air dari buah akan keluar nanti. Ternyata benar, tadi pagi kuahnya jadi banyak sendiri....huuummm... buru-buru aku ambil mangkuk buat nyobain. Waaaahhh....enaaaakkk...segeeerrr.... sayang, aku lupa nyiapin kacang goreng buat taburan, pasti jadi super-duper-yummy!!

Anyway, dibawah ini resepnya (aku cuma bikin 1/2 resep). Makasih mba' Mika yang udah sharing resepnya...


ASINAN BUAH
by. Mika

Bahan:

500gr cabe merah (buang biji) ---> untuk hasil rasa ga terlalu pedas ya (kalo aku sisakan 4 bh cabe dengan bijinya, supaya agak pedes)
500gr gula pasir
500 gr jeruk nipis (sesuaikan dengan keasaman yang diinginkan)
garam secukupnya (aku kasih 2,5 sdm)
buah-buah sesuai selera (aku pake bengkoang dan nenas)
sayuran sesuai selera (contohnya zucchini, aku lupa beli)
(aku tambah manisan buah kedondong imut, salak, mangga dan jambu, bilas airnya)
2oo ml air (aku tambahkan buat ngeblender cabe)
Lebih makyuss kalo tambah kacang kering yang di tabur secara dadakan (jangan lupa yaaaa!)
Cara membuat :
  • Cabe di blender hingga halus, lalu di rebus bersama gula. Kemudian disaring.
  • Masukan perasan air jeruk nipis dan garam ke dalam perasan cabe tadi, sesuaikan dengan selera.
  • Masukkan kedalam buah-buahan yang telah disiapkan sesuai selera.
Note dari mba' Mika :

Perasan jeruk nipisnya lebih enak kalo memeras langsung dari jeruk pada saat nyampur dengan air cabe jadi masih seger, maksudne ga diperes trus di simpen dulu di mangkok.

Udah gitu baru deh masukkan buah2an. Kenapa ga di tambah air.. karena bila didiamkan biarkan aja air dari buah2an keluar.Paling kalo terasa keasinan atau kepedasan, baru deh dikasih air. Tapi hasil jadi gak kentel.

5 comments:

ika said...

salam kenal, camelia.. (you have a beautiful name:))
udah aku cobain resep asinan buahnya. enaaaak... makasih buat sharing resepnya yaaa....

Camelia said...

Salam kenal juga Ika (namanya sama dengan my best friend dan nama iparku..hihihi) makasih ya, I'm so glad if you like it :-)

fany said...

haloo camelia salam kenal
nyontek yaa... :D maklum bloon masak, tapi pingin ahahaha

meinekueche said...

makasih mba atas share resepnya...daku jg udah coba...uenakkkk....:D

Mama Aisyah said...

mba camelia, aku udah bikin resepnya berkali2. enaaak mb, makasih for sharing resepnya yah ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...