Search This Blog

Loading...

Wednesday, December 9, 2009

Kroket Kentang Keju Daging Asap


Kemarin rumahku kedatangan tamu para Imam masjid di kampung yang di ajak Papa-ku jalan-jalan ke Jakarta. Wuiiih...rumah langsung rame dan serasa berada di kampung...hihihihi... suka deh kalo rame begini. Tapi pagi tadi langsung sepi soale mereka pada jalan-jalan bareng Papa dan Om Azmi. Karena mobil gak muat, pak Di pun juga disuruh bawa mobil. Bubar deh rencanaku yang mau keluar hari ini. Sebenarnya, bisa aja sih nyetir sendiri seperti biasa. Tapi lagi malas gak ketulungan...hehehehe... yo wis lah, hari ini mangkal di rumah aja.

Anyway, pas lagi nyusun-nyusun buku resep, ketemu buku "Kroket Gurih dan Lezat"-nya Zulkaryarni Lala Komala yang aku beli waktu di Jambi lalu. Hum...langsung kepengen bikin, kebetulan emang lagi mau nyobain bikin aneka snack asin. Biasaaaa...sejak di diagnosa gejala diabetic, aku mesti nyari alternatif lain nih buat nyalurin hobby cemal-cemil ku (padahal, solusinya gampang banget, stop aja ngemil...hihihihi). Buka kulkas, ternyata ada stok smoke d beef dan keju yang never end, pas banget buat nyobain resep pertama di buku itu, si kroket kentang keju daging asap. Kentangnya?? waduuuh...yu Yati barusan balik dari pasar tradisional dekat rumah... syukur deh, semangat belanjanya masih tinggi, dia hepi aja balik lagi ke pasar beli kentang.

Sebenarnya, gak ada yang istimewa sama kroket, apalagi kroket kentang. Sering banget ketemu kroket kentang di snack box. Tapi gak selalu enak, kalo kering banget dan kentangnya tawar, rasanya ngebosenin. Lebih mending makan perkedel aja...*lho??*...hihihi... Kalo aku sendiri lebih suka kroket Belanda yang dibuat dari tepung instead of kentang. Tapi kali ini kepengen nyobain bikin kroket kentang sendiri. Apalagi kroket di buku resep ini, rada beda. Kentangnya di bumbui sama mustard. Hampir semua resepnya memakai adonan kentang yang sama. Cuma isinya aja yang lain-lain, ada isi tuna, beef bolognaise dan rasa pizza dan lainnya.

Ternyata bikinnya menyenangkan juga. Lebih cepat dari pada bikin risol, soale gak perlu ngedadar telur dan melipat segala jadi gak capek amat waktu bikin. Kentangnya aku lumatkan pake alat penghancur kentang biasa supaya gak terlalu halus. Sempat khawatir bakalan hancur soale di buku di sarankan pake kentang tes, sementara aku pake kentang kiloan. Syukurlah, sampai di goreng, hasilnya cantik-cantik aja tuh. Waktu ngebentuk pertama ribet banget, adonannya lengket. Untung aku pernah liat keluargaku yang suka masak rame-rame kalo di rumahku ada acara. Mereka suka bikin perkedel salah satu menunya. Pake plastik yang diolesi minyak. Hasilnya, kroket yang mulus dan rapi.

Kali ini aku bikinnya 2 kali resep, soale yu Yati beli kentangnya banyak. Untuk kejunya, di resep memang keju mozzarella. Tapi aku gak pernah nyetok soft cheese begitu, so..pake keju cheddar biasa aja. Ladanya pun aku ganti dengan lada hitam halus. Trus smoked beef yang mestinya dipotong panjang, aku potong kotak-kotak supaya gampang digigit waktu dimakan. Rasanya?? nyam-nyam sekaleee... mustard yang semula aku kira buat basa-basi aja, ternyata emang terasa. Bikin kentangnya gak ngebosenin. Kroketnya juga lembut, gak keras. Pas banget sama kriuk tepung panir kasar dibagian luarnya.

Buat yang iseng pengen nyobain, ini aku posting-in resep-nya yaaa...


KROKET KENTANG KEJU DAGING ASAP
by. Zulkayarni Lala Komala (Kroket Gurih dan Lezat)

Bahan :

250 gr kentang
25 gr susu bubuk
1/2 sdt garam
1/2 sdt lada putih bubuk (aku pake lada hitam halus)
1 kuning telur
1/2 sdt mustard
minyak untuk menggoreng

Isi :

2 lbr daging sapi asap, potong 1 x 4 cm (aku potong kotak-kotak kecil)
50 gr keju mozzarella, potong 1 x 4 cm (aku pake keju cheddar biasa)

Pelapis :

2 btr telur
25 ml air
1/2 sdt garam
150 gr tepung roti (aku pake yang kasar)

Caranya :

  • Kupas kentang, kukus sampai matang, haluskan selagi panas. Campur kentang dengan susu bubuk, garam, lada, mustard dan kuning telur, aduk hingga rata. Sisihkan.
  • Ambil sedikit adonan kentan, isi dengan sepotong keju dan sepotong daging asap. Bentuk segitiga (kalo aku bulat panjang biasa aja). Lakukan hal yang sama hingga semua adonan habis.
  • Kocok telur, air, dan garam sampai rata. Celupkan kroket ke adonan telur, gulingkan ke dalam tepung roti, masukkan kembali ke adonan telur dan gulingkan kembali ke tepung roti (karena aku pake tepung kasar, aku manir-nya cuma sekali).
  • Panaskan minyak, goreng kroket hingga berwarna kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan.

Tip : Sebaiknya setelah kroket di panir, simpan dalam lemari es selama 20 menit. Baru di goreng.






5 comments:

Tanya said...

salam kenal mbak :)

thank you for sharing the recipe, dan trima kasih juga tips ngebentuk kroketnya :)

Camelia said...

Makasih juga udah mampir di blog-ku ya mba... :-)

Anonymous said...

aku udah coba resepnya mbak , enak bgttt. suami sama anakku suka bgt ketagihan malah.. hihihi

Ovi Herwanda said...

Mba Lia...
Aku "nyontek" resepnya ya...
Trus ijin post hasil praktek di blogku juga ya...
Makasih mba...

Camelia said...

silahkan mba Ovi. met nyobain yaaaa

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...