Search This Blog

Loading...

Wednesday, December 16, 2009

Brownies Kukus Gulung


Aku suka deh ikutan milis yang anggotanya udah kayak keluarga buesaaaarrr.... bisa dapat resep asik-asik tanpa secret dibelakangnya. What you see is what you get laaah... mulai dari tarcis, asinan, dan aneka brownies. Termasuk brownies kukus gulung ini. Padahal ini termasuk andalan jualan yang punya resep, mba' Nenis. Resepnya di posting di milis udah lumayan lama, dan udah masuk tabloid segala lho. Ntah kenapa udah beberapa terakhir ngiler banget sama si item ini. Sempat ciut mikirin gulung-gulung segala. Dulu banget udah pernah bikin bolu kukus gulung dari buku resep. Hasilnya gatot, kuenya menipis, mengkerut pula!! lumayan kapok selama beberapa waktu. Tapi, kali ini gak tahan deh pengen nyoba bikin juga... apalagi banyak isi kulkas yang mau expire bisa diabisi dengan resep ini...hihihihi... ternyata, gak rugiiii....

Padahal waktu ngocok telurnya, udah mulai persimis aja. Maklum, mikserku cuma mikser phillips biasa aja. Bukannya dibikin separuh dulu, langsung aja bikin satu resep. Mana telornya buanyaaakk...so, aku langsung kocok di baskom gede aja sekalian. Wuiiih...lumayan lama dan pegel juga megangin sambil muter-muter tu mikser keliling baskom. Kalo udah begini, nyesel banget gak beli mikser gede, si Kitchen Aid yang jadi idaman lama. Cuma jadi idaman doang, gak berusaha buat beli...maklum, selalu ada aja yang lain yang dibeli. Hp barulah, ipod baru, kamera sampe parfum baru...whoa ha ha ha ha...giliran beli mixer mikirnya lamaaaa... susah kalo hobi-nya serba gak fokus kayak aku...

Anyway...
Setelah lumayan lama, akhirnya berhasil juga adonannya kental berjejak. Waktu di tambah tepung dan di aduk balik sama spatula...rasanya asoy banget pegelnya...hehehe... pas ngaduk minyaknya, rasanya udah mau nyerah aja... untung daku tetap bertahan. Karena proses berikutnya menyenangkan sekaleeee.... cepat banget ngukusnya. Padahal loyangku cuma ada 2 biji. Setiap kue selesai dikeluarkan, loyangnya langsung dibersihkan dan dioles lagi untuk adonan berikutnya. Total gak nyampe 1 jam ngukus, semua udah beres. Untung mba' Nenis ngasih tips n' tricks di resepnya, jadi gak ada tuh istilah mengkerut...Asik banget kan?

Yang agak susah, ngegulungnya. Karena mesti digulung panas-panas, ujung-ujung jariku jadi korban...hiiiks!! panaaaassss!! aku gulungya langsung diatas kertas roti. Setelah hampir selesai, ditanya mom Elly di YM, kenapa gak pake serbet? ya ampuuuun...iya ya!!!! saking semangatnya mau gulung, jadi gak mikir gimana biar gak panas. Padahal, kalo gak salah mba' Nenis aja pake sarung tangan buat ngegulung... kalo tadi digulung pake serbet, gak bakalan deh aku ngerendam jari di air es....whoa ha ha ha ha

Tapi, pengorbanan jari ndutku gak sia-sia lho brownisnya enaaaaaakkkkkk banget!! lembuuuttt!!!! rasanya gak bikin eneg karena ada selai blueberry di tengahnya. Aku nyobainnya sampe terkagum-kagum sama diri sendiri *whueeeelkk* koq bisa ya aku bikin brownies gulung seenak ini...hihihihihi... trus karena ada coklat putih yang mesti diabisin juga, aku coret-coret aja supaya mirip sama ala mba' Nenis...ehem...cantik kaaan?? Sayang waktu di foto masih hangat, soale aku buru-buru karena si Mas mau datang. Padahal setelah dingin, bentuknya lebih rapi lhooo....

Ini bakalan aku jadikan resep andalan deh kalo mau bikin browkus. Kalo gak di gulung, di loyang biasa aja kayaknya gak kalah enak. Fillingnya juga bisa diganti-ganti biar gak bosen... Lembutnya itu lho yang bikin doyan, trus rasanya, gak kalah sama browkus terkenal yang di Bandung...si Mas aja suka, mungkin karena gak mengandung krim jadinya gak eneg. Si Nizam yang dateng bareng si Mas, malah ngira aku beli...hihihihi...pokoknya enyak enyak enyaaaaakkk!!

Makasih mba' Nenis buat resepnyaaa.... ada di bawah yaa....


BOWNIES KUKUS GULUNG

by : Nenis Yasmine Cakes

Bahan A :
12 btr telur segar
500 gr gula pasir
1 sdm emulsifier
1/2 sdt vanili bubuk
1/4 sdt garam halus

Bahan B : (di campur rata dalam 1 wadah)
250 gr terigu segitiga biru
75 gr coklat bubuk dark (aku pake elmer african black)
1/4 sdt baking powder

Bahan C :
(DCC di tim dulu, angkat, masukan minyak, aduk..lalu masukan butternya. Dinginkan disuhu ruang)
200 gr dark cooking chocolate
350 ml minyak sayur
40 gr unsalted butter

Filling :
250 gr selai blueberry (aku pake paletta)

Hiasan (cairkan) :
100 gr dark cooking chocolate (aku gak pake)
100 gr white cooking chocolate

CARA MEMBUAT :

  • Bahan A di mixer hingga kental dan berjambul tidak menetes, pindahkan ke baskom besar
  • Masukan sedikit demi sedikit bahan B ke bahan A, sambil diayak, aduk balik dengan spatula besar
  • Masukan bahan C, aduk hingga coklat cair tercampur rata ke adonan
  • Siapkan loyang uk 22 x 22 yg telah diolesi mentega + dilapis kertas roti
  • Tuang adonan sebanyak 2 spatula besar ke dalam loyang…ratakan, kukus selama 9 menit saja…
  • Balikan brokus yg telah matang ke atas kertas roti diatas meja
  • Olesi segera dengan selai tipis2…ratakan
  • Gulung perlahan….kunci dulu pada gulungan pertama, baru deh digulung habis..diamkan hingga dingin
  • Potong 1 gulungan menjadi 10 potong….hias dengan DCC dan WCC cair motif pagar2an acak…

Perhatikan :

  • Saat menggulung harus pas keluar dari kukusan, akan patah kalo digulung setelah dingin.
  • Kukusan harus banyak airnya, agar uapnya banyak dan panas, jadi browkus juga gak bergelombang.
  • Ingat mengkukusnya hanya 9 menit per 1 loyang. Brownis mengkerut karena dikukus kelamaan.

Hasilnya brokusnya akan beremah dan lembut.
Resep untuk 6-7 loyang ukuran 22×22 atau 6-7 gulung brokus.

(Kalo aku, loyangnya dioles mentega dan ditaburi tepung tipis, cukup dibagian bawahnya aja. Pinggirnya gak usah. Pas mau dilepas dari loyang, sebelumnya aku jalankan dulu spatula/palet tipis disekelilingnya, lalu dibalik diatas kertas roti. Baru deh digulung)


7 comments:

Anonymous said...

Hallo mbak lia, slm knl y... aku nel dri Pekanbaru. boleh ijin nyoba resep2nya mbak... biz ga ku2.. klo cma liat gmbr ja... thx mbak lia.

Camelia said...

Makasih udah mampir mba', silahkan di coba resepnya. Good luck yaa...

Camelia

reka said...

Mba Lia, saya senang deh muter-muter disini....resep-resepnya gampil (sstttt aku sekalian ijin ya sering copy resepnya)...untuk yg brownies ini saya dah nyatet resepnya dari milis tapi belum berani nyoba....tapi pas baca blog mba ini jadi tertantang pengen nyoba juga....mudah2an berhasil....doakan saya ***takeshi castle mode on***

lies pupu said...

mbak, tinggi loyang-nya berapa ya? makasih

Camelia said...

Pake loyang bolu gulung aja mba' Lies, kalo gak salah tingginya 3 atau 4 cm.

Athamiri said...

wah mbak.. blog yang penuh semangat dan optimisme, setiap kali baca setiap kali itu jg langsung ngiler, kyaknya lebih enak baca ama liat foto resepnya dari pada bikinnya hehehe.. salam kenal..

Anonymous said...

assalamualaikum..
mbak aq minta izin buat copy resepnya boleh ?aq mau nyobain bikin kue2nya mbak biz penampilannya makknyyuuusss bgt ^.^..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...