Search This Blog

Loading...

Monday, November 24, 2008

Beef Steak With Mushroom Cream Sauce

Tona sepupuku yang kuliah di Bandung datang for the weekend, sesuai dengan pesananku, dia datang bawa Gurilem. Aku sendiri gak tau gurilem itu apaan, tapi sempat dibahas sebentar di milis. Kaget juga waktu ngeliat bentuknya, ternyata biasa aja, mirip snack yang lain. Cuma pedasnya aja yang bener-bener menyengat. Rasanya, ya lumayanlah, tapi bukan sesuatu yang akan ku kejar deh kayaknya.

Anyway, kemarin Tona pengen makan steak. Kebetulan di kulkas aku ingat ada daging steak yang aku beli di Kemchic waktu ke Pacific Place sama si mas. Semula mau kembali ke Atkins diet, tapi ya udahlah, makan steak lebih enak...hehehehe




Anyway, kalo bikin steak buatku gak sulit. Host Dad ku waktu masih sekolah di Minnesota, Michael Jacobson, pernah ngajarin aku bikin. Menurut beliau, pada dasarnya, bikin steak sangat bergantung pada kualitas daging dan proses pemanggangan. Kalo keduanya pas, steak udah sempurna. Basic steak, cukup daging di beri bumbu black pepper dan garam aja, udah enak banget kalo dipanggang dengan baik.

Kemarin, kita nyoba manggang daging steaknya pake oven listrik mungilku. Susah deh, nentuin panas dan waktu pemanggangan supaya daging gak kering. Mending pake cara yang biasa aja deh, di panggang di atas wajan datar, lebih terkontrol. Sewaktu daging sudah mengeluarkan kaldu, biasanya Host Dad ku nambah sayuran supaya matang dengan saus lezat dari kaldunya. Tapi karena gak ada sayur, yang ada cuma jamur enoki doang. Ya sud lah, masukin aja. Sausnya juga pilih saus krim, kebetulan masih ada whipped cream di kulkas, tapi hasilnya gak eneg koq. Di tambah jamur champignon, yuuuummm...




Beef Steak With Mushroom Cream Sauce

Bahan:
2 potong daging steak sapi
1 sdm merica hitam dihancurkan
1 sdt garam
3 sdm wachestershire sauce/kecap Inggris
1-2 sdm mentega
Sayuran (optional)

Saus:
1/2 bawang bombay, iris tipis
1-2 sdm mentega
4 sdm whipped cream
100 gr jamur champignon kalengan, iris
1 sdm tepung maizena
Kecap inggris secukupnya
Merica hitam secukupnya
Garam secukupnya

Cara membuat :

Steak :
Tusuk-tusuk daging steak dengan garpu bolak-balik. Beri garam dan merica, lalu tambahkan kecap inggris, ratakan. Diamkan minimal 1 jam.

Panaskan wajan, masukan mentega. Panggang steak di atas wajan, balik apa bila sisinya susah matang. Sesuaikan kematangan dengan keinginan. Ketika air kaldu daging keluar, masukan sayuran yang di potong kecil (bila ada) panggang daging hingga matang. Letakkan daging di piring, sisihkan kaldunya.

Saus:
Panaskan mentega, tumis bawang hingga layu. Masukan air kaldu daging dan whipped cream, aduk rata. Setelah agak panas, masukkan jamur. Tambahkan kecap inggris, merica hitam dan garam secukup rasa. Setelah mendidih pertama, masukan larutan maizena, aduk rata hingga mengental.

Susun sayuran dan daging di piring, tuang saus jamur diatasnya.



Untuk merica hitam, aku selalu pake yang utuh dan digiling pake pepper mill. Rasanya beda banget sama yang sudah digiling/bubuk yang dijual di dalam botol. Kalo merica bulat yang digiling ini, rasa mericanya lebih kuat. Kalo gak ada pepper mill, ditumbuk aja sampai hancur. Sama fresh nya.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...