Search This Blog

Loading...

Tuesday, November 25, 2008

Es Serut Mangga


Karena harga mangga lagi murah dan buanyak, temen-temen milis NCC, ngadain Mango Week. Seperti biasa, aku semula semangat buanget buat ikutan, semua resep yang bisa di modif pake mangga udah di siapkan, tapi akhirnya, sampe Manggo Week udah mau abis, masih belum di bikin juga. Ada aja masalahnya, gak sempatlah, mendadak mesti ketemu oranglah sampe mangganya keburu abis dimakan keponakan...hehehhe

Akhirnya, kali ini aku bikin juga dengan bahan mangga (emang mesti nunggu kepepet dulu..). Bedanya, bukan mangga matang yang selalu menggairahkan, tapi mangga mengkal dari pohon mangga di depan rumah.


Pohon mangga ini ditanam almarhum abangku, bang Sadat dulu. Beliau menanam 2 jenis mangga. Yang satu ini baru berbuah kali ini dan gak tau jenis mangga apa. Pohonnya pendek, tapi buahnya besar-besar banget, malah ada yang sebesar pir singo korea. Bentuknya bulat, ada yang bilang mangga apel, karena bentuknya bulat kayak apel. Wanginya unik, kayak mangga gedong, tapi ukurannya jauh lebih gede dan warnanya hijau. Dagingnya putih, kering dan padat. Gak tau ya, kalo mateng manis apa gak. Kali ini aku petik aja sama Tona, karena pohonnya pendek, buahnya lumayan mengganggu kalo mau parkir mobil. Lagian gemes ngeliatnya, pengen metik aja.



Semula aku mau bikin manisan mangga. Tapi akupun juga gak doyan amat sama manisan buah, cuma dari pada kebuang ya udahlah, di kupas dan diiris aja. Pas udah diiris semua, buka blackberry browser, berubah pikiran deh, bikin es mangga aja. Kayaknya lebih seru dan pasti segar. Mangganya langsung diparut lagi, pake parutan keju dan parutan microplane. Ternyata serutan microplane hasilnya lebih menarik dan lebih cepat. Akhirnya, berguna juga tuh parutan, padahal belinya impulsive aja, gara-gara nonton Rachel Ray marutin keju buat Oprah...whoa ha ha ha

Ide resep ini aku bikin setelah ngeliat beberapa resep online, tapi ada yang aku rubah dan aku tambah sesuai dengan taste ku sendiri. Ini resepnya :



ES SERUT MANGGA

Bahan:

650 gr serutan mangga muda
300 - 400 gr gula (sesuaikan dengan keasaman mangga)
1/2 sdm Vanilli
1 sdm garam halus

Caranya:

Campur mangga dengan garam, aduk rata, diamkan selama 15 menit. Lalu bilas dengan air matang, tiriskan. Masukan kedalam mangkok.

Campurkan gula dan vanilli kedalam mangkok mangga , aduk rata, hingga benar-benar tercampur. Simpan dalam kulkas semalaman.

Penyajian:

Ambil sekitar 2 atau 3 sdm manisan mangga ke dalam gelas. Beri air dingin, aduk rata, beri es batu. Tambahkan buah leci kalengan bila suka.

Minum deehh...

Sssttt...Ini udah dicoba si mas sebagai customer pertama... (karena Tona dah balik pagi tadi, cuma dia yang bisa dijadiin objek penderita...hihihi), dan kata si mas, enak tuuuhh... (Padahal aku juga baru nyicip bareng dia itu, dan aku juga suka!!) Siiiip laaaaaah!

1 comment:

XDua Rempong said...

keren mba, ikut nyoba resepnya yaa

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...