Search This Blog

Loading...

Saturday, November 15, 2008

Mini Fruit Pies

Sebenarnya, bikin pie buah ini gak ada rencana. Siang tadi (kemarin ding, sekarang udah jam 4 subuh..), ke toko Ani buat beli peralatan pengganti, maklum, peralatanku ada beberapa aku kasihkan ke kak Ika. Sayangnya, banyak yang gak ada. Trus bete juga di toko ani itu udahlah aku nemu barang-barang yang harganya lebih murah di tempat lain, servicenya makin lama-makin payah. Mba'2 yang jaga, pada ketus kalo di tanyain. Apa karena siang ya? tapi udahlah, emang gua pikiriiiinn.... yang bikin tambah bete, waktu nanya cetakan fondant alteco, mba' nya ngasih satu set, terdiri dari 3, trus aku tanya, bukannya biasanya 4? aku ingat, aku punya yang bunga beli waktu kursus fondant di matraman (trus kasihkan ke kak Ika) isinya 4....eeehh, mba' nya malah tambah jutek. Belum lagi nanya spuit 1M, dan spuit buat bikin tulisan, langsung aja bilang gak ada. Ternyata, yang buat tulisan ada tuuuhh.... niat jualan gak siiiih....

Trus aku liat cetakan pie mini, jadi ingat blognya mba' Efi Andra yang bikin pie buah. Cuma koq mahal bener, Rp. 40.000-an/lusin!!! kaget dan mikir juga, kalo bikin pie gak mungkin cuma punya 1 lusin toh... langsung deh japri mba' Efi buat perbandingan, ternyata memang gak worth-it bayar segitu buat cetakan pie, langsung deh nyimpen email nya mba' Efi, tempat, nomer dan harga nya, pokoknya lengkap. Next time, bakalan ke sana deh. Keluar dari toko Ani, beli asinan dan langsung ajak supir ke proyek Senen. Itu juga iseng aja, secara udah di senen ini, sekalian mau beli cup kecil buat bikin cupcakes, juga buat pengganti.

Sampe Toko ACC senen, wuiiihh... kalap deh. Yang jaga baik2 dan edukatif banget. Nanya cetakan pie, langsung deh di kasih cetakan yang pas (yang paling sering di beli) buat bikin mini pie. Harganya??? Rp. 8000.-/20 pcs!!!! selain itu, aku juga beli cetakan putu mayang, secara Bokap suka banget, ntar kalo ke Jambi, bisa di bawa sekalian. O ya, aku juga beli spuit lokal, satu paknya cuma 20 rb, asik kan?? Mampir juga beli plastik dan stik kukis hias (ntah kapan bakalan bikin). Selesai belanja, mampir bungkus sate padang, dan langsung ke rumah!

Sampe rumah, dah kenyang abis makan sate, mikir mau bikin apa yaa.... liat-liat resep, tiba2 aja pengen fruit pie! (bisa jadi karena too happy sama cetakan *hehe*) langsung ingat resep fruit pie-nya bu Fatmah di websitenya NCC. Keliatannya gampang dan udah beberapa kali di bahas di milis, apalagi di rumah masih ada rambutan dan jeruk mandarin kalengan. Langsung deh praktek. Yu Yati di suruh ke warung, beli susu, telur dan mentega. Sementara aku udah menimbang bahan. Bikin crust-nya, sebenarnya gak sulit, tapi gak bisa rapi dan seragam aja...*gimana ya?* akhirnya aku timbang aja 25gr/pie, lumayan seragam sih, tapi tetap gak rapi.



Anyway, pada dasarnya gak ada kesulitan yang berarti, kecuali bikin kulit pie supaya seragam aja. Bikin vlanya gampang banget lagi! setelah pie crust dan vla matang dan dingin, langsung deh assembly. Karena di tengah rambutan ada nanas, jadi pake tambahan nanas deh. Semula toppingnya cuma, rambutan, nanas dan orange. Sudah cukup cantik sih, tapi kayaknya butuh sesuatu yang merah untuk membuatnya lebih bersinar. Untung masih ada persediaan cherry di kulkas, setelah di potong2, pie ku jadi cantik dan "berseri". Tapi aku gak sempat lagi pake agar-agar, kalo pake, pasti lebih cantik lagi, lebih shinny gitu...selain gak ada agarnya, waktu juga gak cukup, aku juga harus rapat di kantor (Nyeseeeelll datang rapat! tau gitu gua gak datang! dasar penjilat! *marah ke siapa yaaa*). Ya udah lah, apa adanya, lagian di cicip udah enakkk... aku bawa sekitar 9 biji buat di bagiin.

Rasanya, puaaaaasss banget, akhirnya bisa bikin pie buah sendiri. Resepnya NCC ini emang sip, crustnya buttery dan vla-nya, yummy! untuk satu resep, aku cuma dapat 17 biji. Di milis ada yang bilang bisa dapat 20 biji. Yaaahhh...mungkin nanti kalau skills ku bikin pie udah baik, mudah2an bisa dapat 20 biji, dengan ukuran dan ketebalan yang sama. Amin!




Fruit Pie
Source : Fatmah Bahalwan (NCC)

Bahan kulit Pie:
250 gr tepung terigu, serba guna
1/2 sdt garam
125 gr mentega
5 sdm air es

Bahan Vla :
500 cc susu
100 gr gula kaster
5 btr kuning telur
30 gr tepung maizena
1 sdm mentega
1 sdt vanilli extract

Bahan Topping :

  • Aneka buah, spt strawberi segar iris tipis, kiwi, anggur hijau, anggur merah, jeruk mandarin kaleng, atau buah lain spt semangka, melon yg dibentuk bulat, dan lain-lain.

Bahan Siraman:
1 sdt agar-agar putih
100 cc air
1 sdt gula
(didihkan ketiga bahan ini, sisihkan)

Cara membuat :

  • Uleni bahan kulit hingga menjadi adonan liat, gilas tipis, cetak pada cetakan pie kecil, tusuk-tusuk bagian bawahnya dengan garpu agar pie tidak menggelembung, oven hingga matang. Lebih kurang 20 menit.

Vla :

  • Cairkan tepung maizena dengan sebagian susu, campur kuning telur, aduk rata, sisihkan.
  • Rebus susu dan gula hingga mendidih, masukkan campuran maizena dan kuning telur, aduk cepat, biarkan mendidih sekali lagi. Angkat. Sisihkan.

Penyelesaian:

  • Isi mangkuk pie dengan vla, hias dengan potongan buah, siram 1 sdt agar-agar bening.

3 comments:

yudia said...

Hello Mbak Camelia,

Salam kenal dari abg NCC.. tertarik dengan kisahmu ttg belanja di toko ACC Senen :)

Anyway, mau tanya berapa ya diameter cetakan fruit pie yg mbak Camelia beli tsbt?

Terima kasih-yudia

yossy said...

haha nasib kita sama, dijudesin.jutekin sm pegawai tbk ani.. aku kesana aja taunya dari milis, terkenal,lengkap,murah.. tp bnyk juga yg mreka gak ada, kek timbangan digital cuma ada tanita, krg variatif klo aku blg, cetakan cookies cuma merk wilton aja, yo wes.. akhirnya beli gak yg niat dibeli.. mana pas nanya2.. udah lelet, trus ninggalin kita mulu, udah ditungguin, taunya dia nglayanin cust lain.. gondok deh..

kapan2 mo ke acc aja aaahh..

btw, salam kenal ya

liza octavia said...

salam kenal beli di mira aja atau dunia rasa cm 12rb kok isi 20

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...