Search This Blog

Loading...

Thursday, November 27, 2008

Thai Mango Squid Salad


Masih dalam suasana "ngabisin mangga muda", Siang tadi bikin salad mangga dan cumi a la Thai. Semula cuma mau masak cumi saus mentega aja. Masih ke inget nyomot cumi menteganya si mas waktu makan di Solaria *hehehe*. Tapi di tengah-tengah jadi bikin salad ala Thai aja deh, kebetulan mangga muda di depan masih buanyak....

Waktu kuliah di Inggris, aku tinggal di asrama kampus Williams hall, nah, kalo makan malam, penghuninya (yang mayoritas mahasiswi Asia), kita pada ngumpul di dapur yang gede, masing-masing bikin makan malam dan nanti di makan sama-sama di meja makan panjang dan saling icip-icip...(duuuuhh, jadi pengen kuliah lagi!). Nah, aku punya temen deket dari Thailand, Jan. Anaknya suka masak masakan Thai yang enak-enak dan gampang di "terima" sama orang Indonesia. Pernah dia bangunin aku tidur buat makan karena dia masak sayur, kirain sayur apa, gak taunya sayur asem, cuma namanya aja yang beda...tau gitu gak bangun dehh...hehehehe... (maklum, lidah Sumatra)


Anyway, biasanya aku masak yang praktis aja, goreng ayam pake tepung bumbu yang di kirimin almarhumah ibuku dari Indonesia....walaupun kesannya aku gak bertanggung jawab banget di banding masakan temen-temenku yang canggih-canggih, mereka pada suka tuh ayam goreng tepungku....*ngeles*... Setelah selesai masak, aku keliling2 dapur (kompornya ada 4) liatin anak lain masak, ada yang dari China, Hong Kong, Taiwan, Philipina, Korea, dan Thailand. Dari merekalah aku diajarin bikin telur pindang pake air teh, kimchi pake sprite (gak nyangkaaa...) dan dari temen Thai-ku, aku belajar banyak bikin masakan Thailand. Thai salad adalah salah satu yang aku suka. Pada dasarnya, dia ngajarin aku bikin kuah salad, campuran saladnya bisa apa aja. Bisa ayam rebus, soun, jamur, ikan, udang, sapi...begitu juga sayurnya, direbus aja.....buanyak deehh variasinya....

Kali ini aku bikin mangga sama cumi, kebetulan aku juga beli agar-agar strip di supermarket, penasaran pengen nyoba siapa tau bisa jadi menu buat diet (yang sejauh ini belum berhasil aku lakukan, selalu jebol....beraaaatt boooossss... *suara si mas*), ternyata enak juga lho, gak ada rasanya, kayak soun, tapi texturenya asik, kenyal-kenyal.

Ini resepnya, waktu mau mengaduk sausnya, masukkan sedikit-sedikit. Karena ada yang suka saladnya asal lembab aja, ada juga suka yang basah (kayak punyaku ini). Kalo mau ada variasi rasa, bisa di tambah kacang goreng yang di hancurkan.



Thai Mango Squid Salad

Bahan :
200 gr serutan mangga muda
1 cumi-cumi besar, bersihkan, potong dan rebus sebentar tiriskan.
1/2 cup agar-agar strips, rendam dalam air 20 menit, tiriskan.

Saus :
4 sdm kecap ikan Thai (aku pake merk squid)
2-3 sdm air jeruk nipis
2 sdm gula
2 sdm air
5 btr cabe rawit (bisa ditambah dan dikurangi sesuai pedas yang di inginkan), cincang kasar.
2 siung bawang merah, iris tips

Caranya :
Campur semua bahan saus dalam mangkuk, aduk rata. Diamkan selama beberapa menit agar menyatu. Siram dan aduk ke dalam bahan salad sebelum di sajikan.

Rasanya asem-asem seger gitu, dan ini cukup untuk 3-4 orang...

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...