Search This Blog

Loading...

Thursday, December 25, 2008

Animal Kingdom Cupcakes


Seneng deh menghias cupcake yang lucu-lucu. Kali ini bikin cupcake buat senang-senang aja. Selain pengen nyoba bikin figurine fondant, sekalian mau ngasih bonus buat pemesan pertama di Andrea Cakes nya kak Ika. Cupcakenya udah dibikin sama kak Ika sehari sebelumnya, sekalian bikin cake buat orderan. Jadi tinggal dihias aja. Sempat nyoba macem-macem papercup juga...yang gede...papercup solo... akhirnya yang dipakai yang pake papercup gold yang aku beli dulu... (semua dikirim sama pak Di dari Jakarta, sekalian sama cookie cutter dll... maklum, kali ini pulang kampungnya agak lama, ntar dibawa balik lagi...hihihihi *ogah rugi*)

Sebelum ke Jambi, sempat nyoba bikin figurin fondant di Jakarta. Awalnya susah banget, aku belajar pake buku clay (sama aja, cuma clay diganti fondant), petunjuknya gak jelas-jelas amat. Trus beli buku impor buatan Jepang di Kinokuniya plaza Senayan (sempet bikin si mas bete nungguin aku milih-milih buku), baru deh ngerti, soalnya ada gambar step by stepnya.



Setelah di Jambi, dicoba lagi, ternyata gak susah-susah amat bikinnya. Yang terpenting ngerti basicnya, namanya juga figurine lucu, jadi bentuk hewannya gak perlu mirip, yang penting gembul *ehem* dan bisa dimengerti jenis hewannya. Sayang, gak sempat bikin gajah, dan monyetnya lebih mirip beruang madu...hehehe.. Karena ini cuma buat bonus doang, menghias buttercream nya juga ngasal, soalnya keuber waktu (hampir gak jadi lho...). Well...I'll do better next time lah...

Kali ini resepnya pake buttercake 2 telur (cinnamon cake) nya NCC, buat buttercreamnya, aku pake mentega putih Australia dan susu kental manis (perbandingan 1 : 1), cepat dan enaaaakkk...



Nih resep cake nya :

BUTTERCAKE DASAR 2 TELUR

Bahan :
120gr mentega
½ sdt vanili
250 g gula pasir
2 butir telur
200 g tepung terigu
1 sdt baking powder
150ml susu segar



Cara membuat:
  1. Panaskan oven 180 derajat celcius.
  2. Kocok mentega, gula, vanili hingga mengembang dan pucat. Masukkan telur, kocok lagi hingga tercampur rata dan mengembang.
  3. Masukkan tepung dan susu secara bergantian, sambil diaduk hingga rata.
  4. Oven hingga matang (lebih kurang 30 menit untuk loyang kotak 22 cm, tinggi 3-4 cm).
  5. Angkat, dinginkan.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...