Search This Blog

Loading...

Monday, December 15, 2008

Triple Caramel Chocolate Cake

Ini TCCC yang di ceritain kemarin. Sebenarnya udah lama banget mau bikin TCCC ciptaan teh Uceu Orange Kitchen ini, penasaran aja, soalnya cerita soal cake yang katanya super-nyoklat ini udah kemana-mana. Nah, cuma aku yang belum nyobain. Malah duluan ketemu teh Uceunya waktu kursus chocolate decorating, resepnya malah belom nyoba. Masalahnya...ya, kalo bikin mau dikasihkan sopo ya, gak ada yang ulang taun nih, kalo temen di dpp mah malah banyak yang gak pernah ulang tahun seumur-umur...hehehehe... ntar bingung lagi kalo di sodorin kue buat tiup lilin....*kacian deeehh...* baru saat pulang kampung ini dimanfaatkan sebaik-baiknya buat nyobain resep baru. Walaupun dengan peralatan seadanya, yang penting, yang bertugas ngabisinnya di rumah selalu ada aja...namanya juga rumah singgah semua orang, bisa dijadiin tester gratisan tuh...whoa ha ha ha ha

Anyway, kemarin udah ok sama kak Ika, mau bikin TCCC buat dibawa ke penutupan arisan organisasi ibu-ibu "sibuk" yang diikutinya *hehe*. Ehh... ujung-ujungnya malah nambah jadi 2 cake. Satu full dan yang satu lagi di jadiin mini cake buat temannya. Pede banget yak! belum pernah bikin, udah berambisi bikin 2 loyang...buat dikasihkan orang lagi! Kemarin dari sore sampe malam sibuk deh bikin cake. Aduk sana sini dan sempet-sempetnya nyuruh supir, si Muji buat nyari coklat bubuk *kelupaan bo!!*.... setelah selesai sama cake nya, mulai nyiapin bahan-bahan ganache. Langsung aja dipanaskan dan dibiarin aja dingin dulu sebelum masik kulkas. Trus lanjut lagi bikin dekor coklatnya. Pokoknya semua ilmu kursus diterapin deh... sayang nya, mau bikin cigar gak bisa karena gak ada kape, dan mau bikin coklat gulung juga gak bagus banget, karena gak ada pipa paralon, pake botol aqua kecil, jadinya mepet dan gulungannya gak begitu bagus.





Tapi bikin mangkoknya berhasil dan bagus deh *narsis*... semua hasilnya dikumpulin aja, termasuk yang patah dan yang gagal, ntar di kreasikan sendiri. Abisnya, ngantuk buangeeet, capek nya gak ketulungan. Selesai aja udah hampir jam 11 malam.... niat amat yah! Trus telpon si mas, eh, malah bete. Gak tepat banget deh kayaknya waktunya dan akunya juga lagi mengurangi pembahasan, malah dibahas abis-abisan, ya udah lah...whatever will be, will be.

Jam 7 pagi di telpon kak Ika dari luar kamar...*busyet dah*... abisnya doi ngetok pintu, gak mempan, di sms tetap gak mempan....ternyata di telpon baru nyadar...hehehehe... langsung deh bangun n' join di ruang makan. Taunya kak Ika udah siap sama caramel syrup-nya dan aku bingung juga liat ganache yang keras dari kulkas, tapi setelah di kerok dan di diamin sebentar, teksture nya cukup deh buat di mikser. Semula semua berjalan lancar, walaupun terasa berat, dan mulai keliatan seperti ganache yang yummy banget, setelah semua di mixer, tiba-tiba miksernya mati. Aduuuuuhhh.... tapi setelah dilihat, kayaknya udah cukup dan isa buat dioles, ya sudahlah, langsung pake aja.

Menghiasnya sih asik, yang "makan ati" jari-jari tangan nih, rasanya mau patah menspuit ganachenya keluar. Hiasannya simple aja, pake spuit daun. Kak Ika menghias 1 mini cake, motif keranjang dan mini cake yg satu lagi juga aku decor gak begitu jauh beda sama kak Ika, maksudnya biar seragam gitu lho. Ditambah hiasan strawberry disana-sini, jadinya cantik juga. Komentar bang Iqbal juga bikin sakit jari hilang...hehehehe...


Ini mini cake yang di dekor sama kak Ika, simple tapi cukup yummy kan keliatannya?


Sayangnya, mini cakenya gak sempat ke foto pake kamera gara-gara setelah foto cake buat arisan, kamera nya "kesurupan" lagi, bergetar hebat *sebel banget deh*, terpaksa mini cakenya difoto pake hp, jadi fotonya seadanya aja ... hiks..hiks... masa sih, taun baru kali ini resolusinya kamera digital lagi...gak mutu banget dehh... gak maju-maju...whoaaaaa...

Anyway, karena udah gak kuat, potongan cake yang buat dirumah gak sempat di hias dan gak pengen juga *capek ooiiii...*, ada ide ntar orang rumah makan kue nya, self service aja... ambil cakenya, sirem caramelnya, dan sendokin aja ganachenya....HAHAHAHAHA....*ratu tega*


Kalo mini cake ini aku yang dekor, gak begitu beda sama kak ika yang selesai duluan, maksudnya biar keliatan hiasannya pake "standard" duilaaaaahhh....


Hasilnya? pulang arisan, kata kak Ika ibu-ibu itu pada bilang enak dan memang nyoklat banget, sampe ada yang nanya bahannya segala. Nah, kayaknya bakalan bikin lagi deh buat dicobain sendiri...supaya tau rasanya gimana sih...hehehehe...

O ya, makasih ya buat teh Uceu, buat resep TCCC nya. Teh Uceu ini sang mastermind di belakang terciptanya resep TCC ini, doi juga istrinya chef KW yang ngajarin kita kursus chocolate decorating. Teteh satu ini ramaaahhh oooiii!




TRIPLE CARAMEL CHOCOLATE CAKE (TCCC)
By : Uceu

Cake

Bahan : 10 btr Telur
150 gr Gula
1 sdm Emulsifier
140 gr Tepung terigu
60 gr Cocoa Powder
75 gr Dark Cooking Chocolate (DCC)
100 gr Margarine cair

1. panaskan margarine sampai mencair, masukan DCC, aduk rata, dinginkan
dan sisihkan.
2. kocok telur dan gula hingga putih mengembang.
3. Tambahkan emulsifier.
4. Masukkan tepung terigu kedalam adonan.
5. Tambahkan kedalam adonan campuran margarine dan DCC, aduk rata.
6. Masukkan adonan kedalam loyang yang telah dialasi kertas roti.
7. Oven dengan suhu + 170oC, hingga matang.
8. Keluarkan dari loyang, dinginkan.


Chocolate Ganache

Bahan :
500 ml Fresh Cream
500 gr Dark Chocolate
75 gr Butter

Cara membuat :
1. panaskan fresh cream dengan api kecil, matikan api.
2. Masukan dark chocolate (iris kasar), butter aduk rata.
3. Dinginkan dan siap untuk dipergunakan.


Caramel syrup

Bahan :
100 gr Gula
50 ml air 1
100 ml air 2

Cara membuat :
1. Panaskan gula dengan air 1 diatas api (masak sampai menjadi caramel)
2. tambahkan air 2 kedalam campuran caramel tersebut, masak dan aduk
sampai caramel mencair dan tercampur rata.
matikan api, dinginkan

Penyelesaian :

1. Cake di belah menjadi dua bagian.
2. Siram kedua bagian dengan simple syrup (aku gak pake) lalu caramel syrup.
3. Beri lapisan ganache di tengahnya setebal 1 cm, tutup kue dan lapisi dan hias dengan ganache lagi.

PS : Karena masih gak bisa bikin ganache pake whipped cream cair, untuk ganache aku pake whipped cream bubuk. Campur dengan air sesuai petunjuk didalam panci, masukkan mentega dan potongan coklat. Panaskan hingga cair dan rata (kalo aku di steam aja, supaya gampang ngaturnya). Diamkan dalam suhu ruang, lalu masukan kedalam kulkas semalaman supaya coklatnya "nendang". Besoknya di keluarkan, tekan-tekan dengan sendok, baru di mikse hingga lembut dan bisa di spuit.


1 comment:

Jeanny's Kitchen said...
This comment has been removed by the author.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...