Search This Blog

Loading...

Sunday, December 14, 2008

Bite-Size Fancy Cookies



Untuk memberdayakan cookie cutter yang udah bikin aku hepi banget, kali ini bikin fancy cookies beneran aaahh.... kebetulan aku udah pernah ikutan kursus kukis hias di matraman, dan setelah kursus cuma sempat di praktekan 3X . Pertama gagal total, kedua berhasil, ketiga lebaran Idul Fitri kemarin, gagal lagi. Kali ini harus jadi donk, kan semangat buat nyobain cetakan baru. So, 3 hari yang lalu, mulai deh bikin kukisnya.

Bikinnya pake resep kukis tulang nya Alm. Mba' Ruri, karena si Umi punya sisa 6 kuning telur, bikinnya 1,5 resep dah. Nyetak kukisnya, ampuuuunnn....lama banget! kan kecil-kecil gitu lhooo.... Mana peralatan terbatas (namanya juga lagi liburan), tapi selesai juga di cetak bareng kak Ika. Masalah lain datang, manggangnya pake otang (oven-tangkring), terpaksa dibolak balik biar matangnya rata, tetap aja ada yang semi-gosong...hiks.. karena udah maghrib, rencananya di selesaikan besoknya, tetep aja gak jadi, kecape'an...*alasan*. Besoknya, mau menghias kukis malah kedatangan tamu, ya udahlah, kukis tanpa di hiasnya di jadikan suguhan (kasian lihat tamunya makanin kue sisa lebaran yg udah lama bangeettt...whoa ha ha ha). Trus kemarin juga mau di hias, tapi harus beli telur dulu, eeehh....malah jadi jalan ke mal. Kak Ika udah tak stop ngemil kukisnya, supaya bisa di hias hari ini!! *sadis*


Kukis yang belum dihias... letakkan ditempat yang aman, atau lenyap sebelum dihias...

Akhirnya, hari ini di hias juga. Walaupun kuenya udah mepet banget. Tapi karena kak Ika tetap semangat buat belajar kukis hias, ya udah lah, di bikin aja. Waktu ngocok putih telurnya sempat persimis juga, takut gagal lagi, tapi alhamdulillah, berhasil dan konsistensi nya pas. Sekarang baru mengerti kenapa lebaran kemarin gagal, icingnya seperti tidak bisa diatur. Ternyata kurang lama ngocoknya, dan selama pengocokan, harus diputar-putar supaya udara masuk, pokoknya udah ahli deh sekarang.... *over-confident*


Icing yang sudah diberi warna, dimasukan plastik segitiga, siap untuk digunakan.


Ada sedikit "kebablasan" sih, waktu mau ngeringin icingnya di oven, si Umi udah di wanti-wanti supaya gak nutup pintu oven, trus suhunya juga rendah aja. Eeehhh...aku-nya malah kelupaan gara-gara ikutan bang Iqbal makan durian *doyan sih!*...sekali ingat, langsung lari ke dapur. Sampe dapur malah tambah bengong ngeliat oven koq ditutup.... ternyata sama Icha (keponakan dari sepupu) yang kebetulan lagi main ke rumah malah di tutup. Yaaaahhh... untung yang kekuningan cuma dikit, yang lain warnanya tetap cantiklah.... untuk rasa, udah dicoba sama Sonia (keponakan ku) dan Icha, katanya enak tuh. Syukurlaaahh... agak gak rela juga sih kuenya dimakan mengingat menghiasnya udah makan waktu....hahahaahaha...


Niiihhh...tampang kak Ika lagi serius menghias kukis, yoi...supaya gak rugi kursus with bibi Lia nya....


Sayangnya karena kukisnya dikit, icingnya masih seabrek-abrek, sayang banget. Kayaknya bikin lagi aja deh. Bisa bikin yang gede, tapi cetakan gak ada, kecuali kalo mau curving sendiri...humm.... menarik! tapi liat ntar deh, mana sore ini rencananya mau bikin TCCC buat di bawa kak Ika ke acara organisasinya... so, just wait and see...

Anyway, Alm. mba' Ruri memberi nama kue tulang, karena pada waktu itu, dia menggunakan cetakan berbentuk tulang, ini resepnya :




Kue Tulang

Source : Ruri Hujiansyah


Bahan kue :

300gr mentega
100gr gula halus
4 btr kuning telur
500gr tepung terigu
1 sdm maizena
1 sdm vanilla

Cara membuat :
  • Kocok mentega dan gula halus hingga lembut, masukkan kuning telur, kocok hingga rata.
  • Masukkan terigu, maizena dan vanila, aduk hingga rata.
  • Giling adonan dengan rolling pin, cetak sesuka hati.
  • panggang hingga matang.

Bahan Icing :

4 btr putih telur
500 gr gula halus
1 sdm jeruk nipis

Cara membuat :

  • Kocok putih telur hingga berbusa, masukkan gula halus dan air jeruk. terus di kocok hingga mengental dan berbentuk krim.
  • Bagi adonan sesuai dengan jumlah warna yang di inginkan, beri warna, aduk rata. Masukkan kedalam plastik segi tiga, siap digunakan.




1 comment:

tina said...

Salam kenal mbak Camelia :). Cookiesnya lucu, pewarnaan bagus,lembut warnanya. Aku juga lagi belajar sendiri hias kukis kadang mati kutu di deainnya. suksess mbak

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...