Search This Blog

Loading...

Tuesday, December 23, 2008

Lapis Legit




Baru : Untuk resep lapis legit yang lebih enak dan lembab dari pada yang ini, klik disini aja yaaa...

Kemarin udah janjian sama yu Yenni buat belajar bikin lapis legit. Gak tanggung-tanggung, janjiannya jam 8 pagi. Niaaaat banget... Walaupun janjiannya jam 8, tetap aja mulainya jam 10an, maklum, pake pemanasan dulu, membahas gossip mutakhir...whoa ha ha ha

Kenapa lapis legit? sebenarnya penasaran aja, secara aku doyan, apa lagi yang lembab dan rasanya "kenceng", yummmmy banget.... Sempat mau kursus, tapi sayang deh, soalnya aku cuma mau belajar bikin lapis legit biasa aja, sememntara kalo kursus, bikin lapis legitnya macam-macam, ada yang motif tikar, anyaman..etc.. Iiiiii, ribet! Nah, beberapa hari lalu, yu Yenni datang kerumah, langsung deh ditodong ngajarin bikin lapis legit. Alhamdulillah dia mau.... gratis lagi! *doyan gratisan* cuma beli bahan doang....sip lah!

Jadilah kita pagi ini belaja bikin, Yu Yen bawa anaknya, Maila yang masih 1,4 tahun dan ada Rani (adiknya yu' Yenni). Kak Ika, ikut melihat dan menghibur kita... hihihihihi. O ya, yu Yen datang bawa oven listrik yang bentuknya bulat, kalo gak salah namanya oven Bima. Asik kan kursusnya? yang ngajar bersedia repot....

Ternyata bikin lapis legit ribet, apalagi caranya yu Yen ini terbilang unik, mentega, putih telur, dan kuning telur di mikser diwadah terpisah, nanti baru disatukan. Yang nyebelin lagi ya ngelapisnya. Ampuuuuuuunnn.... Lama buanget.... Mana sedikit-sedikit dan harus ditungguin supaya gak gosong. Jadi ngerti deh kenapa harganya selangit. Selain bahannya yang seabrek-abrek, waktu yang tersita itu lho.... bener-bener gak bisa ngerjain yang lain.

Jadinya sih oke aja. lapisan bawah rapi dan tipis, itu yu Yen yang bikin, selanjutnya aku lanjutin, tebel dan gak rapi....hiks... hiks... Bagian atasnya, instead of sukade, aku pake keju (soalnya kak Ika gak suka sukade), rasanya enak. Cuma belum rapi aja. Yang terpenting dari belajar bikin lapis legit ini, aku gak penasaran lagi. Karena kue tipe ini gak bisa sekedar dibikin ngikutin resep, banyak tekniknya. Thanks to yu Yen, I finally got it!

Nah... Ini resep lapis legit yang di kasih yu Yen. Mungkin next time, tepungnya akan aku kurangi supaya lebih lembab. Cara pembuatan, aku gak ikut resep, tapi pake cara yu' Yen aja yang aku taruh di sini...



LAPIS LEGIT

Bahan :

30 btr kuning telur
4 btr putih telur
400 gr gula halus
175 gr terigu
550 gr mentega (butter + mentega 2:3)
4 sdm susu kental manis
1 sdm bumbu spekoek

Cara Pembuatan :

  • Kocok mentega sampai putih, sisihkan. Bersihkan whisk mikser, lap kering.
  • Kocok putih telur hingga benar-benar kaku, sisihkan.
  • Lalu kocok kuning telur dan gula halus, kocok hingga putih dan mengembang.
  • Masukkan kocokan putih telur ke adonan mentega, mikser dengan speed ter-rendah, masukkan tepung dan bumbu spekoek, terus dikocok sambil ditambahkan adonan mentega, masukkan susu, aduk terus hingga rata, sisihkan.
  • Masukkan adonan dalam gelas kira-kira 6 sdm (sebagai takaran).
  • Siap dipanggang di loyang yang telah dilapisi kertas roti dan dilapisi mentega.

2 comments:

Julia said...

Mbak Camelia, tanya dong,

Aku juga mau manggang pake oven bima aja, gak ribet.

Nah yang mau aku tanyain adalah, aku harus mulai dari api atas atau api bawah dulu ?

Thanks yah.

Camelia said...

Hello mbak Julia,
Aku pake oven bima cuma sekali ini aja, waktu belajar pertama kali, memang lebih asik pake oven ini buat bikin lapis legit ya!

Waktu itu, yu' Yen (yang punya oven) make api atas terus, dari awal sampai akhir. Katanya, nanti selama pelapisan, toh bagian bawah akan terus terpanggang, jadi akan tetap matang juga. Tapi banyak teman2ku yang pake api bawah dulu, baru ganti atas kalo udah setengahnya....hummm...bingung ya...hihihihi...

Pake yang mana aja mba', gak masalah. Asal di tungguin dan gak gosok, tetap enaaaak...yang penting gak ribet! ;-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...