Search This Blog

Wednesday, July 29, 2009

My Birthday Cupcakes

Setiap ngeliat cake atau cupcake pake edible, selalu pengen nyoba deh. Tapi belum ada kesempatan aja buat ber-edible-ria. Nah, pas kursus tumpeng bareng mba' Ina Larizz, iseng deh pesan edible buat cupcake. Mendadak ada ide buat ditempelin ke cupcake ultahku aja. Padahal rencananya cuma mau ngirim makan siang kotakkan aja ke kantor, demi nyobain edible, tak tambah cupcake juga deeh. Sempat mau minta gambar kupu-kupu, tapi ribet ah, akhirnya cuma ngomong ke mba' Ina maunya gambar bunga simple aja. O ya, gak lupa pake nama...hehehehe..*narsis abis* soale aku suka banget sama sesuatu yang "personalized" mulai dari buku, pulpen, sampe laptop semua abis tak tempelin stiker namaku sendiri..whoa ha ha ha

Anyway, Kursusnya sabtu, hari minggunya janjian sama mba' Ina ketemuan di Titan. Ediblenya langsung dibawa sama mba' yang baik hati itu. Wuuuiiih...mba' Ina canggih banget, seneng deh ngeliat bunga-bunganya, lucuuuuuu, so cartoony, gembul dan warna-warni...gue banget gitu..

Trus ceritanya niih, aku itu ultahnya kemarin...ehem...hihihihi... malu-maluin banget ya, udah tua masih mikirin ultah...(yang penting hepiii)...!!) Sayangnya, kemarin pas hari H, aku masih ikutan program dianter pak Di dan si Mas masih takziah di Solo, gak ada yang ngurusin. Terpaksa ditunda sampe tadi deh nganter lunch nya. Kemarin abis program, sambil nungguin si Mas nyampe sore, aku mampir ke toko Ani, beli dus cupcake sama buttercream (males bikin sendiri), biasa deh kalo ke toko begitu, ada aja yang dibeli, lumayan, dapat loyang kue kecil-kecil bentuk hati dari silikon, walaupun harganya amit-amit, masuk juga deh kedalam keranjang belanjaan. Trus aku juga beli orange peel yang rencananya mau buat campuran bikin roti. Sayang gak ada ukuran kecil. Yo wis, beli deh ukuran setengah kilo sekalian.

Tuuuuh...orange peelnya menyebar ke segala penjuru cupcake...hihihihi

Semalam diajak sushi-an sama si Mas, pulang nya juga malam. Sebelum tidur, aku gunting-gunting deh edible bunga-bunga imutku itu. Sambil nyari resep cupcake yang oke. Karena yang ultah udah 31 tahun (ya ampuuuunnnn!!!) aku perlu resep yang "mature"..duileee...pokoknya gak mau vanilla (biasa banget) dan gak mau coklat (terlalu mudah ditebak). Pas buka joy of baking, ketemu resep vanilla cupcake yang sangat mungkin di modifikasi. Ada ide buat make orange peel yang buanyak banget itu (biar abis sekalian maksute). Setelah dicatet, udah pasang rencana mau bangun jam 7-an, supaya cupcake siap dianter bareng makan siangnya sekalian. Well...no wonder sih, aku juga bangunnya telat, trus ngerumpi dulu sama bibi Jun yang lagi dateng ke Jakarta. Baru mulai bikin cupcake jam 8 lewat....ngebuuut...

Mau sengebut-ngebutnya, tetep aja kelabakan. Lha, ovennya mini gitu, sekali masuk cuma bisa 8 biji. Mana lamaaaa... sambil nunggu, sambil ngelipet box deh. Pas ada yang udah dingin, langsung dihias. Bubar semua desain cupcake, kali ini yang penting jadi aja. Cupcakenya diberi buttercream putih, trus pinggirnya diberi lis pake spuit bintang warna biru teal yang dibeli di Ani kemarin juga (bosen sama sky blue punyaku), trus ditabur sprinkle hati kecil-kecil supaya lebih hidup. Eeehh...separuh jalan, si Mas udah dateng buat jemput nasi kotak yang di delivery ke rumah dan harus dianter sendiri ke kantor (duuh, baik banget deh Mas-ku ini, padahal doi lagi gak enak badan dan sakit gigi lho...). Untung belum dateng, jadi si Mas nyantai aja nungguin aku sibuk dekor cupcake. Sempat nanya-nanya cupcake-ku yang menurutnya bagus *geer banget*.

Aku yang mulai panik takut gak keuber, sempet dekor cupcake yang dikira udah dingin, ternyata belom...langsung deh buttercreamnya mencair (kayak roti bakar dioles mentega...hiiiks). Akhrinya semua cupcakes yang masih hangat, mangkal dulu di kulkas, biar cepat dingin. Gak taunya, staf kantor juga datang buat jemput, ya udah, ikutan nunggu deh mereka. Gak lama koq, tinggal 4 lagi...setelah semua selesai (30 biji!) dan dimasukkan ke kardus, berangkatlah cupcakes kepepetku ke kantor bareng makan siangnya. Naaahh...aku bisa siap-siap jalan sama si Mas yang bebas tugas nganter makan siang ke kantor...hihihihi...

Back to cupcake buatanku...ternyata rasanya enak lhooo....*geer*. Lembut dan orange peelnya bikin rasanya unik. Seger dan gak eneg karena rasa orange. Manisnya gak berlebihan karena jumlah gulanya aku kurangi. Tetap harum walaupun butter aku ganti semuanya dengan margarine. Bukan apa-apa, aku males nyetok butter, soale mesti dimasukin kulkas, dan kalo mau make mesti defrost dulu diluar ruangan. Ngabisin waktu dan mood baking ku keburu ilang. Kalo margarine, selalu standby di warung langganan...hahahaha... Eh, kalo mau resep yang asli, buka aja ke websitenya ya...


Orange Peel Cupcakes
modified by Camelia

Bahan :

225 gr margarine
6 btr telur
225 gr gula pasir
400 gr tepung terigu protein sedang
2 sdt baking powder double acting
12o ml susu cair
1 sdm orange essence
1 cup orange peel (manisan kulit jeruk), taburi dengan 1 sdm tepung terigu

Caranya :

  • Campur tepung teigu dan baking soda dalam wadah, aduk rata, sisihkan.
  • Dalam wadah lain, campur susu dengan orange essence, aduk dan sisihkan.
  • Kocok mentega dan gula dengan mikser hingga pucat dan ringan, masukkan telur satu persatu, kocok hingga mengembang dan tercampur rata.
  • Masukan campuran tepung sedikit-sedikit bergantian dengan campuran susu, gunakan mikser kecepatan rendah hingga rata. Matikan mikser.
  • Tambahkan orange peel kedalam adonan, aduk berlahan dengan spatula.
  • Tuang adonan kedalam loyang muffin yang telah diberi kertas cupcake.
  • Panggang dioven sekitar 20 - 25 menit, setengah jalan, putar loyang agar matangnya rata.
  • Cupcake siap untuk dihias.

7 comments:

Hanna said...

Dear Lia,

Kuenya cantik !

Selamat ulang tahun ya, semoga Tuhan melancarakan semua jalanmu, meluluskan semua keinginanmu dan memberikan bahagia dalam hari harimu.

best regards,
hanna

Camelia said...

Amiiiin....makasih doa-nya mba' Hanna... *hug*

Anom Wigati said...

Dear mbak Lia,

Saya mau tanya, untuk dos cupcake dan cupcake paper yang mbak Lia pakai di postingan ini harganya berapa ya? Saya pengin bikin juga untuk goodie bag ultah anak saya minggu depan. Susah sekali cari yang seperti ini di Semarang. Would you mind to help me? Can I send some question via email to you?

Thank you very much in advance.

Best regards,
Anom

Camelia said...

Hello mba' Anom,
Kalo untuk cupcake paper, aku biasanya pesan sama teman-teman via online, coba lihat di www.tyucake.multiply.com/market atau di www.kuerumahan.multiply.com/market . Mereka dengan senang hati mengirimkannya ke seluruh Indonesia koq mba'.

Kalo untuk dos, itu aku beli di toko Ani-Jakarta.Kalo mba' di luar Jakarta, bisa beli di www.arkenzybox.blogspot.com, agar bisa minta dikirimkan ke Semarang. Disana dos nya berbeda, tapi pilihan jenisnya banyak.

*hug*
Camelia

Anom Wigati said...

Mbak Lia,

Thank you... (speechless**)

BR,
Anom

Nesya Lestari said...

Mba Lia yang jago banget masak saya suka deh resep-resep nya :*
Oiya saya pendatang di Jakarta jadi gak tau tempat-tempat beli alat-alat buat masak dan bikin kue kue lucu di sini.
Nah, Toko Any itu di mana ya??

Camelia said...

Hello,
Alamat toko ANI ada di Jl. Gunung Sahari I No.5 Jakarta Pusat
Telp. 021-4211286, 021-4253109, satu lagi toko yang wajib di kunjungi adalah toko TITAN Fatmawati, alamatnya Jl. RS Fatmawati no 22A
Cilandak Barat, Jakarta Selatan 12430
Telp. 021-7692329 Fax 021-7668137

Happy baking :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Anniversary

Daisypath Anniversary tickers

Ava

Lilypie Kids Birthday tickers

Eijaz

Lilypie Fourth Birthday tickers