Search This Blog

Monday, July 20, 2009

Nastar Keju Ny. Liem

Ini kerjaan kemarin, ceritanya sepupuku Tona seperti biasa nongol di Jakarta kalo weekend. Dia cerita kalo temennya bikin nastar keju enak banget. Wuiiiih....jadi kepengen, padahal lagi diet ketat *hiks hiks*... langsung ingat sama buku resep Andalan Ny. Liem yang judulnya "Kue Kering Coklat, Kaasstengels & Nastar" nah, kebetulan juga di kulkas masih ada keju parmesan yang harus diabisin segera, langsung deh bikin rencana buat ber-nastar-keju-an. Udah janji abis-abisan dalam hati, kalo nyicip cukup 2 biji aja...huuu...seperti udah diduga, ketika mateng, langsung tancap gas ngabisin sekitar 1o biji-an...whoaaaa...

Anyway, kemarin pagi udah nitip nenas sama yu Yati yang belanja ke pasar. Trus langsung bikin selai nenasnya. Awalnya aku sama Tona semangat banget mau marut nenas, baru sebentar dimulai, kita udah bosen *biasa*, akhirnya di masukkan ke food processor aja. Ceepat dan praktis. Hasil akhirnya, selai yang diparut manual lebih berserabut dan yang pake food processor, lebih padat, tapi not bad laahh...Selama ini aku selalu ngeliat selai nenas untuk nastar yang di bikin ibuku selalu warnannya gelap kehitaman. Karena beliau selalu masukin gulanya bareng dengan nenasnya, mungkin gulanya jadi keburu gosong duluan, makanya jadi kehitaman. Setelah nyoba teorinya Ny. Liem, aku baru tau kalo gula dimasukin setelah air di nenas berkurang, jadinya selai nanas coklat keemasan....cantik deh!

Setelah bikin selai, kita langsung ke gajah mada plaza, jalanan sepi, gak kerasa pak Di udah ngomong nyampe. Selain weekend, hari ini juga libur Isra' Mi'raj, jadi long weekend. Tapi kelihatan juga masih bersedih gara-gara bomb Marriot sama Ritz Carlton Jum'at lalu. Sebel banget sama yang nge-bomb, bener-bener gak ber-prikemanusiaan tu orang. Mudah-mudahan cepet ketauan yaaa...dihukum seberat-beratnya dan setimpal sama perbuatannya, AMIIIN!!!.

Di gajah mada mau beli pemanas kopi dan teh untuk rumah jambi (Papaku suka rapat sampe malam banget, trus temennya rame, kasian kalo asisten rumah tangganya, si Umi dibangunin terus bikin minum), sayang ukuran yang kita mau belum datang, tapi dalam minggu ini sih katanya, yo wis, tak tinggalin nomer telpon aja. Tapi syukur juga kita dapat ganti tutup pemanas sup yang udah patah. Dari gajah mada, malah langsung ke mayestik, borong brokat kebaya murmer...(15rb - 35rb/meter, gimana gak kalap boo...!) gak papa deh malam baru bikin nastar keju, yang penting dapat bahan baju baru...hehehehe

Bikinnya gak susah koq, selai nanas yang udah dingin di bulat-bulatin dulu supaya tiap nastar dapat selai dalam jumlah yang sama. Semula sempat ragu juga soale adonannya lembuuut banget. Tapi ternyata gak masalah, adonan tetap mudah di bentuk. Saking malesnya, adonannya dibulet-buletin aja. Ntah karena selainya yang kebanyakan, atau emang kita ngebuletinnya kelewat ndut, sisa selainya lumayan banyak. Sisa selai dimasukkan ke kulkas dan pagi ini kita bikin nastar biasa aja, masih dari buku resep yang sama.

Rasanya....??? TOP! keju banget deh. Tapi rasa parmesannya lumayan dominan juga. Mungkin bagi yang gak suka aroma parmesan, bisa diganti dengan keju cheddar biasa atau perbandingan 50 : 50. Tapi kalo aku suka banget sih sama parmesan. Tapi kalo mau buat lebaran nanti ya aku campur cheddar aja, supaya semua suka gitchuuu....

Ini resep nastar kejunya, kalo resep nastarnya di postingin satu lagi nanti, maksudnya supaya gampang dicari di directory, hari ini double posting deh...hehehehe..


NASTAR KEJU
By. Ny. Liem



Bahan I
100 gr mentega
50 gr margarine
60 gr gula bubuk
2 kuning telur
1 putih telur
1/2 sdt esens susu

Bahan II

150 gr keju parmesan

Bahan III (campur dan ayak)

25 gr susu bubuk full cream
300 gr tepung terigu protein sedang

Bahan IV (Isi)

1 kg nenas, parut (aku pake food processor adza *males*)
400 gr gula pasir
1/2 sdt garam

Bahan V (campur dan saring)
5 kuning telur
1 sdm air
1/2 sdt minyak sayur
2 tetes pewarna kuning (aku ganti dengan 1/2 sdm mirror cookie glaze)

Bahan VI

100 gr keju cheddar/parmesan, parut (aku cheddar aja)


Cara membuat :
  • Campur dan kocok bahan I menjadi satu hingga mengembang dan putih.
  • Masukkan bahan II, kocok sebentar hingga rata. Tambahkan bahan III sedikit demi sedikit, aduk berlahan dengan spatula hingga tercampur rata.
  • Bahan IV : Masak nenas hingga airnya menyusut, masukkan gula dan garam, masak kembali hingga matang dan mengental. Angkat dan dinginkan (aku selama dimasak diaduk-aduk dengan sendok kayu hingga kering).
  • Isi adonan dengan bahan IV, bentuk bulat lonjong. Letakkan dan susun di dalam loyang yang telah diolesi dengan sedikit margarine hingga rata (lebih baik invest beli silpat deh, gak ribet ngoles-ngoles loyang, dijamin gak lengket).
  • Olesi seluruh permukaan adonan dengan bahan V hingga rata. Taburi dengan bahan VI.
  • Panggang ke dalam oven dengan suhu 150 C selama 15 menit hingga matang dan kering.
  • Angkat dan dinginkan. Simpan dalam toples kedap udara.

4 comments:

reni jujun said...

Mba, ijin copas resepnya ya.. makasih

vera said...

Mba, looks yummy sekali. minta ijin copas resep yaa, terima kasih.

Unknown said...

Mau coba ah! Resepnya mba laen dari y lain lho! :)

TRIVA said...

Mba Camelia mau tanya blognya Pak Sahak yang di NCC,dimana yah ?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Anniversary

Daisypath Anniversary tickers

Ava

Lilypie Kids Birthday tickers

Eijaz

Lilypie Fourth Birthday tickers