Search This Blog

Loading...

Wednesday, October 15, 2008

Kue Mete

Aku punya temen yg masih sodara, aku suka main ke rumahnya, apa lagi kalo lebaran, kue mete ini selalu jadi inceran ku… aku pernah diajarin mama-nya bikin di rumahnya, tapi resepnya hilang (ya iyalah, waktu itu aku masih SMP boo….aku sekarang 30 !! *sok tua* Sekarang mamanya sudah wafat, dan aku pun jarang ketemu sama temenku itu.

Sempat lama juga nyari-nyari resepnya, beli macem-macem buku resep, malah kepikiran juga mau nyoba bikin sendiri *sok tau*, tapi gak ada yang berhasil. Masih keinget aja rasanya. Akhirnya, dapet juga resepnya, dari sepupu temen ku itu…setelah bertahun-tahun penasaran aja, duh, seneng banget!!

Lebaran kemarin, langsung bikin dan sekali di coba… wah langsung muncul kenangan di masa lalu…cieeee….heran, kenapa gak nanya dari dulu-dulu aja ya…..duuhh… *biasa...telmi*
Gak tau juga kenapa namanya Kue Mete, padahal tidak di dominasi mete lho, metenya cuma buat taburan aja. Cuma, kuenya emang enak, walaupun udah ketinggalan zaman. Cobain deh, lebaran kemari, laris manis lhooo….

Kue Mete

Bahan A :
150 gr margarine
100 gr butter
125 gr gula halus
2 btr kuning telur
½ sdt vanili
1 sdt soda kue

Bahan B :
300 gr terigu
2 sdm susu bubuk

Taburan :
100 gr kacang mete mentah, cincang kasar
50 gr gula pasir kasar
Cherry/sukade, potong kecil

Caranya :
1. Kocok semua bahan A hingga creamy dan tercampur rata (jangan terlalu lama), masukan bahan B, aduk rata.
2. Bulat-bulatkan adonan sebesar kelereng (akan membesar setelah di panggang), tekan tengahnya dengan cherry/sukade hingga sedikit gepeng.
3. Guling kan bagian atasnya ke campuran mete+gula.
4. Panggang hingga matang.

Enjoy!

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...