Search This Blog

Tuesday, June 30, 2009

Dea's Birthday Cake and Cupcakes


Kemarin, keponakanku Andrea Rizka Hanifa (Dea) ulang tahun yang ke-6. Karena dia lagi nginap di rumah, pagi-pagi sudah ke kamarku ngasih pengumuman kalo dia ulang tahun. Setelah big hugs dan kiss kiss, dea ngomong minta dibikinin kue ulang tahun. Humm...gimana ya? kalo dibikin hari itu juga gak sempat deh, akhirnya Dea di janjikan kue ulang tahun keesokan harinya (hari ini). Geli juga ngeliat Dea keliling rumah lagi nyebarin berita kalo ulang tahunnya diganti besok..hehehe... Semula, gak ada rencana buat di rayain, soale Dea di Jakarta cuma liburan doank dan temen-temennya di Jambi, tapi seperti biasa, lama-lama ngembang deh. Karena Dea sepertinya ada semangat mau ngerayain, Bunda-nya ada ide buat ngundang teman-teman ngaji Dea (Dea kalo di tempat Eyang dari nyokapnya, suka ikut ngaji) sore tadi. Pesta simple aja, nyanyi-nyanyi dan makan-makan gitu.

Aku oke aja, yang penting tugasku bikin kue. Trus aku jadi ingat pernah beli boneka ala Barbie di pasar Jatinegara. Buatannya bagus banget, wajahnya rapi dari karet, bukan dari plastik seperti boneka murah lainnya. Waktu itu langsung beli 3 aja, siapa tau mau bikin doll cake lagi. Dea disuruh milih mau boneka yang mana untuk cakenya. Duuuh...ternyata rambut blonde itu emang laris ya.. Tapi loyang rok Barbie gak punya (padahal dulu udah hampir beli, bingung buat apaan), rencananya mau beli aja di tbk sambil beli bahan kue lainnya. Kak Ika ngajak ke toko Ani dan disana gak jual loyang rok doll cake seperti yang aku mau. Sampe sore gak ada solusinya, terpaksa deh mikirin ide baru buat birthday cakenya.

Dari Ani (hiks...hiks...kantongku jebol lagi, ngeliat patchwork kupu-kupu buat fondant dan beli cetakan bunga), kita lanjut jalan ke Plaza Senayan (Aku, si Mas, Tona, Dea dan Ortu ). Mampir sebentar di hero buat beli bahan kue sebangsa tepung dan lainnya. Ketemu coklat berbentuk batu koral dan yuppi berbentuk hati. Beli deeeh...walaupun gak tau bakal apaan, dibeli aja.

Nyampe rumah udah hampir tengah malam, mulai bikin adonan cupcake. Karena ngantuk, gak ada waktu berlama-lama, jadi pilih resep Easy Cupcakes aja, tinggal kocok sekalian 2 adonan. Busu Tona bertugas memasukkan adonan ke papercup dan manggang. Sementara aku mulai nyicil figurine. Ampuuunn...susah banget mikir tengah malam. Dipaksa-paksa, akhirnya bisa bikin 5 figurin (keong, kodok, beruang, kelinci dan pinguin) serta beberapa bunga-bungaan. Jam 2-an pagi, kita pilih tidur aja. Apalagi sepupuku Tona itu harus balik ke Bandung jam 6 pagi.

Bangun jam 8, aku gak nyadar kalo Tona udah berangkat, aku langsung ke meja lagi, mulai nyiapin adonan cake. Aku bikin chocolate sponge cakenya pake resep cake Black Forest, disiram syrup caramel dan di tengahnya diberi chocolate ganache. Sambil bikin cake, aku mulai menghias cupcake, ngasal aja, soale udah males mikir dan nyiapin kotak-kotaknya. Karena oven ku kecil, aku memanggang cake 3 kali, sayang yang terakhir bantet karena aku keasikan ngerumpi sama Dina, keluargaku yang lagi nginap di rumah. Terpaksa deh, bikin cake bertingkat batal.

Memang susye bangets bikin cake tanpa ada gambaran, soale aku sudah terlalu semangat mau bikin doll cake, kalo mesti ganti, waaah....gak siap, kacau banget deh. Figurin yang aku bikin udah gak jelas konsepnya apaan. Asalkan aku bisa bikin, aku buat aja. Nanti mau diapain, urusan belakangan. Aku masih mikir, apa yang bisa dibikin lagi supaya ada bonekanya. Iseng-iseng, aku nyoba bikin anak cewek yang sedang duduk, rambutnya dibikin kayak Dea aja. Mata dan mulutnya pake edible marker. Alhamdulillah...jadi!! ini figurin manusia pertama yang aku bikin. Sayang aku ngewarnai kulitnya kelewat gelap, mestinya dikiiiiit aja. Well, mentang-mentang si Dea item manis...whoa ha ha ha

Aku juga sempat bikin nemo ala kadarnya. Susye ternyata, tapi asalkan berbentuk ikan, ya lumayanlah. Supaya ada dimensi, cake bantat tadi aku potong kotak kecil, buat jadi alas duduk boneka Dea yang lagi megang bunga. Dibawahnya aku buatkan kolam, yang dipinggirnya ditaburi coklat berbentuk batu-batu koral (suka deh ngeliat coklatnya!). Disitu aku letakkan keong, kepiting dan dua nemo yang lagi berenang. Kelinci yang gak mau berdiri, sandaran bersama sang kodok. Yang kasian, pinguinnya bengong aja sendirian....hihihihi

Bentuk kuenya kacau banget deh, apalagi aku nyusun bunganya asal, trus aku kasih rumput disana sini supaya lebih hidup. Hummm....mestinya rumputnya dulu yaaa.... supaya gak sepi, dipinggirnya juga aku kasih bunga dan rumput... Selesai deh, cake perjuangan cinta keponakan.. cake sudah jadi, cupcakes sudah didalam kotak... sorenya sudah di jemput sama Bunda dan Ayah Dea. Akhirnya aku bisa mandi pagi plus siang sekalian...*shush shush*...hehehe

Sore tadi aku sama si Mas, mampir ke rumah Eyang-nya Dea nganter kado. Sayang, pesta kecilnya udah bubar. Hasilnya, Dea katanya suka banget sama cake-nya dan cupcakes bikin teman-temannya Dea rebutan nyanyi. Syukurlah.... Walapun senang baik birthday cake maupun cupcakesnya selesai, tetap saja aku kurang puas. I wish I have a longer time dan better plan... yup, next time-lah.

"Happy Birthday *again* Dea, all the best and only the best for you... "
Lots of love and kisses... Bibi Lia




5 comments:

laksmi said...

duh itu kotak cuppiesnya lucu banget, boleh tau gak mesen di mana?

Camelia said...

Hello mbal Laksmi, aku beli kotak cuppiesnya di toko Ani, Senen mba'... makasih ya udah mampir :-)

renia said...

mba lia, cerita2nya seru deh.. seneng bacanya hihi... kayak lagi ngobrol sama temen.. *sok kenal yak! hihi*
salam kenal ya dari bandung..

bundanya MaliQha said...

Dear mba lia,

boleh ga aq minta resep n tips cara membuat hiasan cakenya??
cos sebentar lg keponakan aq bday n aq ingin kasih suprise cake bday seperti yg mba bikin abis sumpah lucu banget....
please banget yah mba di share ilmunya..thanks b4.

anizahmahardika@gmail.com said...

mbak boleh tau...beli coklat bentuk batunya dmn ya??? butuh bgt nihhhh.....tolong infonya ya....please.....add my pin 7CE98038

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Anniversary

Daisypath Anniversary tickers

Ava

Lilypie Kids Birthday tickers

Eijaz

Lilypie Fourth Birthday tickers